[Jawaban] Selat Dardanella Merupakan Batas Pemisah Antara?


Selat Dardanella – Berbicara soal Selat Dardanela. Selat Dardanela merupakan selat yang bersejarah. Memang selat Dardanela ini sangatlah terlihat sederhana yang terletak di Turki, dekat kota Istanbul.

Selain selat Dardanela punya banyak sejarah juga selat ini menghubungkan antara laut Aigea dengan Laut Marmara.

Selat Dardanela tidak sendiri, sebab terdapat selat Bosporus, yang juga menguhubngkan laut Marmara dan Laut Hitam. Sebelum berbicara panjang lebar soal Selat Dardanella, tahukah anda apasih yang dimaksud dengan Pengertian Selat itu?

Pada dasarnya arti Selat adalah sebuah wilayah perairan yang relatif sempit yang menghubungkan 2 bagian perairan yang lebih besar,



Hal itu juga maka selat terletak di antara dua permukaan daratan. Atau secara sederhana terkadang selat disebut laut sempit di antara dua daratan.



Peran penting Selat Dardanela, tercatat dalam setiap buku pelajaran sejarah, sebab selat dardanela berfungsi sebagai jalur pelayaran penting dalam sejarah eropa.



Lantaran fungsi selat ini bisa menghubungkan dengan banyak wilayah dan negara, karena menghubungkan laut hitam. Dengan menghubungkan laut hitam yang diketahui laut hitam dengan denga negara besar

Contohnya saja Bulgaria, Ukraina, Russia dan Georgia dengan Laut Mediterania. Posisi dan lokasi dari Laut Selat Dardanela yang bangsa Yunani,

Menyebutnya selat Hellespontos ini menjadi pemisah antara Benua Asia dan Eropa atau dikenal Semenanjung Anatolia dan Semenanjung Galipoli.

Dengan posisi itu, membuat Selat Dardanela saat ini selain sebagai jalur pelayaran juga menjadi selat yang indah sebab saat di selat dardanela, orang-orang bisa menikmati senja yang bisa membuat hati menjadi tenang.

Hal ini jugalah sehingga membuat Selat Dardanella bersama dengan Selat Bosporus menjadikan Konstatinople yang saat ini disebut dengan Istanbul menjadi kota terbesar saat Abad Pertengahan.

Karena Selat menjadi kota terbesar abad itu sehingga menjadikan selat dardanela sebagai ibu kota kekasairan Romawi Timur dan setelah tahun 1453 membuat Selat Dardanela ini menjadikan ibukota kekaisaran turki Usmani yang juga menjadi kekaisaran yang besar dan menjadi ancaman seluruh dunia.

Selat Dardanela mempunyai panjang sekitar 61 Kilometer atau 38 mi dengan lebar 1.2 hingga 6 kilometer, yang menjadi tempat penyeberangan utama antara Asia dan Eropa bersama dengan selat Bosporus.

Tercatat dalam sejarah terlebih lagi dalam Perang Dunia I, Lokasi Selat Dardanela ini menjadi lokasi strategis militer,

Karena terdapat pertempuran besar diantaranya pertempuran Galipoli antara pasukan sekutu diantaranya Inggris, Australia dll, yang menyerang Turki Usmani pada tahun 1915.

Selat Dardanella Merupakan Batas Pemisah Antara?

Melalui penjelasan diatas tentang fungsi, keunikan dan lokasi Selat Dardanela, tahukah anda atau bisakah anda menjawab mengenai pembahasan kali ini tentang Selat Dardanella Merupakan Batas Pemisah Antara?

[Jawaban] Selat Dardanella Merupakan Batas Pemisah Antara? (Foto: Artikelsiana.com)
[Jawaban] Selat Dardanella Merupakan Batas Pemisah Antara? (Foto: Artikelsiana.com)

Apabila pembaca hadirin masih belum atau menganggap apa yang ada dipikiran anda itu tidaklah benar, maka penulis akan mencapaikan jawabannya yang dapat dilihat dibawah ini:

“Selat Dardanela merupakan salah satu batas pemisah antara Benua Eropa dan Benua Asia”

Demikianlah jawaban mengenai Selat Dardanella Merupakan Batas Pemisah Antara?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *