[Jawaban] Sasando Berasal Dari Pulau Rote NTT, Ini Sejarah Sasando


Sasando Berasal Dari – Sasando merupakan alat musik. Alat musik sasando ini memiliki ciri khas tersendiri dan menjadi salah satu alat musik yang terkenal di Indonesia.

Beberapa diantara kita tentunya ada yang mempertanyakan bahwa “Sasando Berasal Dari?”. Sebenarnya asal Sasando adalah alat musik yang berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Jenis tersendiri alat musik sasando ini bisa dipakai atau dimanikan dengan cara dipetik. Sebagai alat musik dawai yang telah menjadi ikon yang berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur,

Sasando berhasil menjadi alat musik Tradisional Indonesia. Bahkan alat musik ini selalu menghiasi poster-poster yang biasa dipajang di bangku SD, SMP, SMP.



Bahkan penghargaan besar kepada alat musik sasando ini yang suaranya mirip dengan alat musik dawai lainnya contohnya gitar, biola, kecapi, dan harpa terdapat dalam buku-buku pelajaran seni.



Sebagai alat musik yang berasal dari Pulau Rote di NTT, maka pengambilan nama atau asal nama dari Sasando juga berasal dari Bahasa Rote yakni “Sasandu”.



Perlu diketahui istilah Sasandu ini yang merupakan asal dari nama Sasando merupakan gabungan dari dua kata yaitu “Sandu” atau “Sanu”.

Arti dari asal kata dari Sasando ini adalah “Bergetar atau Meronta”. Selain itu, keunikan tersendiri yang membedakan alat musik lainnya dimana sasando dalam pembuatannya berasal dari bambu dan daun lontar.

Asal pembuatan inilah yang menjadi ciri khas dari Sasando. Apabila dikaji lebih dalam tentang sejarah Sasando yang sebenarnya berasal dari abad ke 17.

Sasando berasal dari dua orang penggembala domba sebagai pembuat dan pemain sasando pertama kali. Hal unik ditemukannya sasando tidak berhenti disitu saja.

Sejarah unik yang menjadi asal mula ditemukannya alat musik Sasando ini berasal dari penggembala domba yang menggunakannya untuk dipakai menimba air.

Apasih yang unik dari asal sejarah ini. Ternyata, dua penggembala itu menyadari bahwa wadah air yang sederhana itu bisa menghasilkan suara.

Berasal dari hal itulah, kemudian sasando berkembang yang kemudian senar pertama kali Sasando berasal dari lidi daun lontar hingga pada akhirnya menggunakan senar yang sering dipakai untuk memainkan biola.

Alasan mengapa Sasando yang sebelumnya berasal dari lidi daun lontar kemudian berganti ke senar besi lantaran karena faktor daya tahan. Sebab lidi daun lontar cepat rusak.

Tidak berhenti disitu saja tentang sejarah senar Sasando sendiri. Apabila kembali bertanya bahwa Senar Besi Sasando berasal dari mana?. Menjawab pertanyaan ini, tidak lepas dari masuknya Portugis ke NTT.

Saat masuknya Portugis, merupakan asal dari Sasando menggunakan senar besi yang pertama kali adalah dengan memakai kawat yang dilakukan dengan sistem Barter.

Perkembangan alat musik Sasando terus berlanjut yang sebelumnya dari asalnya dimana menggunakan jumlah senar 7 hingga 10 senar dari notasi blok.

Kemudian senar Sasando berkembang menjadi 10 senar dan berkembang lagi menjadi 24 dan 28 senar. Sampai akhirnya menjadi 32 sampai 48 senar sasando.

Selain itu terdapat keunikan dari senar Sasando sebab memakai senar yang berbeda dalam ketebalannya sehingga memiliki bunyi yang lebih bulat dan khas bassnya lebih terasa.

Dengan jumlah senar itu, sehingga dalam memainkan Sasando bisa menggunakan teknik 10 jari yang membuat sasando ini akan lebih kaya untuk dipelajari.

[Jawaban] Sasando Berasal Dari Pulau Rote NTT, Ini Sejarah Sasando
[Jawaban] Sasando Berasal Dari Pulau Rote NTT, Ini Sejarah Sasando

Sasando Berasal Dari?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, apabila pembaca hadirin menyimak dan memahami penjelasan penulis, maka dalam menjawab soal atau pembahasan kali ini tentang “Sasando Berasal Dari?” 

Jawabannya sudah pasti adalah berasal dari “Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur pada abad ke 17”

Demikianlah informasi mengenai [Jawaban] Sasando Berasal Dari Pulau Rote NTT, Ini Sejarah Sasando. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *