[Jawaban] Salah Satu Alasan Utama Dalam Melakukan Pengemasan Adalah?


Diketahui bahwa kemasan berasal dari kata ‘‘Kemas” adalah teratur atau terbungkus rapih dan bersih. Atau sebagai hasil mengemas atau bungkus pelindung dagang (niaga) atau juga sebagai wadah atau pembungkus, bagi produk pangan.

Saat ini banyak produk menggunakan kemasan. Ini dilakukan karena salah satu alasan utama dalam melakukan pengemasan adalah mampu mempertahankan mutu dan keamanan pangan serta meningkatkan daya tarik produk.

Selain itu, produk itu bisa sampai kepada konsumen, maka dibutuhkan pengemasan yang tepat agar terlindung dari kerusakan baik itu fisik, kimia dan mekanis. Istilah lain dari pengemasan adalah pembungkusan, pewadahan atau pengepakan. Walaupun punya banyak istilah, tetapi tujuan utama dari penamaan itu tetaplah sama.

salah satu alasan lainnya sehingga melakukan pengemasan adalah dapat dapat memperpanjang umur simpanan produk atau bahan serta mampu membuat suatu produk agar terlihat menarik. Peran kemasan sangat besar sebab mampu membuat produk laku di pasaran.



Bayangkan jika kemasannya jelek, maka tentu hanya sedikit orang yang menarik atau tertarik pada produk itu. Begitu pula dengan manusia apabila berpakaian compang camping dengan sikap dan perilaku yang buruk, pasti tidak akan menarik perhatian seseorang dan bahkan sekalipun ingin melihat, hanya untuk melepas rasa penasaran dan mencap buruk orang tersebut.



Begitupula dengan buah-buahan lainnya, yang punya kemasan berupa kulit, jagung dengan kelopotnya, buah kelapa dengan kemasan sabut dan tempurung dan polong-polongan yang dikemas dengan kulit polong serta masih banyak lagi.



Dewasa ini, persoalan kemasan sudah menjadi persoalan yang sangat penting dan menjadi faktor utama dalam menjuarai pasaran. Hal itu membuat membahas kemasan begitu luas karena mulai dari bahan yang bermacam-macam sampai kepada model atau bentuk pengemasan semakin canggih dan menarik. Bahkan kemasan yang dipakai bervariasi ada yang berasal dari bahan kertas, plastik, logam, gelas, fiber sampai dengan bahan dilaminasi.

Akan tetapi, pemakaian bahan contohnya papan kayu, kulit kayu, karung goni, kain, daun-daunan dan pelepah sampai kepada barang-barang bekas seperti koran dan plastik bekas yang tidak etis dan hiegenis juga digunakan sebagai bahan pengemas produk pangan.

Bentuk dan teknologi kemasan juga bervariasi dari kemasan botol, kaleng, tetrapak, corrugated box, kemasan vakum, kemasan aseptik, kaleng bertekanan, kemasan tabung hingga kemasan aktif dan pintar (active and intelligent packaging) yang dapat menyesuaikan kondisi lingkungan di dalam kemasan dengan kebutuhan produk yang dikemas.

Salah Satu Alasan Utama Dalam Melakukan Pengemasan Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa adapun jawaban dari pada topik utama pada kali ini yakni salah satu alasan utama dalam melakukan pengemasan adalah:

Salah satu alasan utama dalam melakukan pengemasan adalah karena kemasan memenuhi syarat keamanan dan kemanfaatan.

Kenapa Kemasan Harus Memenuhi Syarat Keamanan dan Kemanfaatan?

Adapun penjelasan dari pada jawaban ini adalah karena kemasan tidak boleh mengakibatkan kerusakan bahan baik secara fisik, kimia maupun biologis/mikrobiologis. Produk yang dikemas diharapkan bisa bertahan dari cuaca dan tetap menarik. Begitupula kemasan mampu melindungi produk saat perjalanan. Maka dari itu dibutuhkan bahan kemasan dan desain kemasan sesuai dengan komoditas yang akan dikemas dan tujuan yang diinginkannya.

Selain alasan itu, kemasan juga dapat melaksanakan program pemasaran yang membuat produk lebih efektif dan mencegah pertukaran dengan produk lainnya atau pesaingnya sehingga dapat dibedakan. Serta alasan mengapa produk harus dikemas adalah dapat meningkatkan laba perusahaan dengan yang sangat menarik diharapkan dapat memikat dan menarik perhatian konsumen.

Contoh Soal

Salah satu alasan utama dalam melakukan pengemasan adalah …..

    1. Produk yang dikemas dapat lebih awet
    2. Produk yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi
    3. Kemasan memenuhi syarat keamanan dan kemanfaatan
    4. Kemasan juga dapat berfungsi sebagai media komunikasi suatu citra tertentu
    5. Supaya tidak aman

Jawaban: C. Kemasan memenuhi syarat keamanan dan kemanfaatan

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul [jawaban] Salah Satu Alasan Utama Dalam Melakukan Pengemasan Adalah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *