[Jawaban] Raja Purnawarman Yang Terkenal Berasal Dari Kerajaan?


Masa lampau sewaktu Indonesia berstatus nusantara, terdapat banyak kerajaan yang ada saat itu. Berbagai kerajaan tersebut mempunyai tokoh dan juga raja yang dikenal sebagai raja yang memiliki kisah yang membuat kejayaan bagi masyarakat dan wilayahnya. Selain itu, ada juga tokoh yang dikenal angguh dan menjadi biang keladi akan kehancuran suatu kerajaan.

Selain dari pada itu, ada juga tokoh yang terkenal karena kisah cintanya dan ada juga raja yang terkenal karena kepintaran dalam mengatur wilayahnya serta ada juga raja yang dikenal mahir dalam berperang hingga wilayahnya yang sangat luas.

Berbagai cerita-cerita itu tersimpan dalam peninggalan-peninggalan mereka baik dalam candi dan juga prasasti ataupun kitab lainnya. Salah satu tokoh yang teramat terkenal adalah Raja Purnawarman. Siapa sih itu raja purnawarman sampai dikenal sebagai raja yang terkenal.

Siapa itu Raja Purnawarman?

Perlu diketahui bersama bahwa rajaya purnawarman adalah raja besar yang ada dikerajaan tarumanegara yang memerintah pada abad V dan menjadi raja ke-3 pada tahun 317-356 Saka (395-434 M). Raja Kerajaan Tarumanegara ini dilahirkan tanggal 8 bagian gelap bulan Palguna tahun 294 Saka (16 Maret 372 Masehi).



Pada masa kepemimpinannya, Raja Purnawarman yang terkenal ini menguasai wilayah Jawa Barat sebelum dilakukan oleh Raja-raja Kerajaan Sunda Galuh seperti Maharaja Sanjaya Harisdarma atau Sanjaya, Rakai Mataram, keturunan Galuh, Kawali yang memerintah di Bumi Mataram atau Kerajaan Medang dengan gelar (Rahyang ta rumuhun ri Medang ri Poh Pitu), Jawa Tengah.



Sosok Raja Purnawarman terkenal ini menganggap bahwa dirinya mirip dengan Dewa Wisnu. Selain itu, Raja Purnawarman ini diketahui merupakan putra dari Raja Darmayawarmanguru. Dua tahun sebelum ayahnya wafat, ia diwisuda sebagai raja Tarumanagara ketiga, pada tanggal 13 bagian terang bulan Caitra tahun 317 Saka (12 Maret 395 Masehi) sampai tahun 356 Saka (395 434 Masehi). Ayahnya, Rajaresi Darmayawarman, mengundurkan diri dari tahta kerajaan, untuk hidup di pertapaan menempuh manurajasunya (bertapa setelah turun tahta sampai ajal tiba). Ayahnya, Rajaresi Darmayawarman dipusarakan di tepi kali Gomati.



Raja Purnawarman Yang Terkenal Berasal Dari Kerajaan?

[Jawaban] Raja Purnawarman Yang Terkenal Berasal Dari Kerajaan?  (Foto: Artikelsiana.com)
[Jawaban] Raja Purnawarman Yang Terkenal Berasal Dari Kerajaan? (Foto: Artikelsiana.com)
Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka jawaban dari pertanyaan bahwa raja purnawarman yang terkenal berasal dari kerajaan Tarumanegara. 

Sekilas Tentang Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara terletak tidak jauh dari pantai utara Jawa Barat. Berdasarkan prasasti, diperkirakan berada di antara Sungai Citarum dan Sungai Cisadane. Berdasarkan Prasati Tuju, Purbaaraka memperkirakan pusat Kerajaan Tarumanegara berada di daerah Bekasi. Pada abad ke-5 M, Raja Tarumanegara baru menemukan titik kejayaannya yang pada saat itu dipimpin oleh Raja Purnawarman.

Pada aspek agama, Kerajaan Tarumanegara memeluk agama Hindu. Saat itu, masih kurang yang beragama Budha dan saat itu masih kurang orang yang mempertahankan agama nenek moyang (animisme).

Menurut berita dari Fa Hien, di Tolomo (taruma) terdapat tiga agama, yaitu agama Hindu, Agama Buddha, dan kepercayaan animisme dimana pada saat itu Raja memeluk agama Hindu yang dibuktikan dari Prasasti Ciaruten ada tapak kaki yang diibaratkan sebagai tapak kaki Dewa Wisnu.

Untuk mata pencaharian kerajaan tarumanegara, kebanyakan rakyat hidup dari pertanian yang menjelaskan mengapa Raja Purnawarman telah memerintahkan untuk menggali Sungai Gomati yang panjangnya sekitar 11-12 Km. Selama 21 hari saluran itu dikerjakan dan alhasil dinikmati baik sebagai irigasi dan juga mencegah banjir. Selesai pengerjaan disambut dengan acara besar-besaran. Raja juga memerintahkan penggalian Sungai Candrabhaga.

Dengan usaha itu, pertanian makin berkembang. Rakyat hidup dengan makmur, aman, dan tentram. Hal itu juga menunjukkan bahwa raja sangat memerhatikan rakyatnya. Selain bidang pertanian, perdagangan di Tarumanegara juga mengalami perkembangan. Tarumanegara juga telah mengadakan hubungan dengan Cina dan India.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul [Jawaban] Raja Purnawarman Yang Terkenal Berasal Dari Kerajaan?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *