[Jawaban] Muatan Positif Pada Listrik Disebut? Ini Penjelasannya


Muatan Positif Pada Listrik – Dalam benda, terdapat muatan listrik. Demikian itu, karena muatan listrik adalah muatan dasar yang membuat terjadinya gaya pada benda lain apabila berdekatan.

Selain itu, juga memiliki muatan listrik. Biasanya dalam menggambarkan muatan, disimpulkan dengan Q. Simbol ini adalah simbol dari sistem satuan internasional. Simbol ini dikenal dengan Coulumb yang merupakan 6.24 x 1018 muatan dasar.

Q adalah sifat dasar yang dimiliki oleh materi baik proton dan elektron. Diketahui proton adalah muatan positif. Sedangkan elektron bermuatan negatif.

Muatan listrik total suatu atom atau materi ini bisa positif, jika atomnya kekurangan elektron. Sementara atom yang kelebihan elektron akan bermuatan negatif. Besarnya muatan tergantung dari kelebihan atau kekurangan elektron ini,



Oleh karena itu muatan materi/atom merupakan kelipatan dari satuan Q dasar. Dalam atom yang netral, jumlah proton akan sama dengan jumlah elektron yang mengelilinginya (membentuk muatan total yang netral atau tak bermuatan).



Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa jawaban dari pertanyaan yang menjadi topik pada kali ini yakni Muatan Positif Pada Listrik Disebut? adalah:



Proton

Lantas apasih itu yang dimaksud dengan proton?

Apa itu Proton?

Secara umum, pengertian proton adalah jenis partikel yang membentuk struktur atom yang bisa ditemukan di inti atom yang bermuatan positif (+1.6022 x 10-19) Coulomb dan bermassa satu amu atau (1,6726 x 10-24 g)

Proton bisa disingkat dengan huruf (p) kecil. Selain itu etimologi proton sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yang mengartikan “pertama”.

Diketahui pertama kali, nama ini diberikan kepada inti hidrogen yang dilakukan oleh Ernerst Rutherford. Saat ini, Ernerst Rutherford melakukannya pada tahun 1920.

Hal ini berangkat dari tahun-tahun sebelumnya, saat itu Rutherford menemukan bahwa inti hidrogen yang diketahui sebagai inti paling ringan itu bisa diekstraksi dengan memperlihatkan tumbukan atom.

Maka dari itu, proton adalah kandidat untuk menjadi partikel dasar, dan merupakan blok pembangun nitrogen dan seluruh inti atom yang lebih berat lainnya.

Selain itu, bisa dikatakan bahwa proton adalah partikel subatomik yang bersama denga neutron. Fungsi proton ini membantu untuk mengikat inti bersama dan menarik elektron yang bermuatan negatif dan menyimpannya di orbit yang terdapat di sekitar nukleus.

Seperti disebutkan di atas, proton dengan mudah berkontribusi pada massa atom. Proton, bersama dengan neutron, disebut ‘nukleon’. Ada satu atau lebih proton yang ada di setiap atom. Jumlah proton berbeda di setiap atom dan membentuk identitas atom.

Apabila elemen dikelompokkan bersama dalam tabel periodik, jumlah proton dipakai sebagai nomor atom dari elemen itu. Diketahui bahwa Proton tidak mengambil bagian dalam reaksi kimia, dan mereka hanya terkena reaksi nuklir.

[Jawaban] Muatan Positif Pada Listrik Disebut? Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
[Jawaban] Muatan Positif Pada Listrik Disebut? Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul [Jawaban] Muatan Positif Pada Listrik Disebut? Ini Penjelasannya, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *