[Jawaban] Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya?


Manusia sebagai makhluk sosial senantiasa akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Perubahan itu sifatnya mutlak dan tidak bisa dihindarkan bahkan dimanapun anda bersembunyi. Hal itu juga yang menjadi dasar filosofis mengapa masyarakat senantiasa terjadi perubahan sosial budaya.

Berbicara soal masyarakat, yang jika diartikan adalah sekelompok manusia yang terjalin erat karena sistem tertentu, tradisi tertentu, konvensi dan hukum tertentu yang sama, serta mengarah pada kehidupan kolektif.

Perlu diketahui bersama bahwa dalam masyarakat terdapat sistem yang saling menghubungan manusia dengan yang lainnya. Olehnya perubahan yang terjadi dalam masyarakat dipengaruhi oleh aktifitas dari individu ataukah individu akan terpengaruh dari apa yang terjadi dalam masyarakat pada umumnya.

Lantas, dalam masyarakat senantiasa terjadi suatu perubahan dalam kehidupan sosial dan budayanya yang dilatar belakang idari tindakan yang terjadi dalam masyarakat itu sendiri yang terdapat proses yang akan selalu bekerja.



Jika lebih merinci tentang apa yang terdapat dalam masyarakat adalah individu, jaringan hubungan ikatan, ketergantungan, pertukaran yang terjadi akibat hidup bersama tersebut akan saling mempengaruhi. Pengaruh tersebut membuat terjadinya perubahan yang dalam hal ini mempunyai derajat kecepatan dan tempo yang berbeda-beda antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya.



Perubahan dalam kehidupan masyarakat adalah sesuatu hal yang wajar dalam kehidupan sosial. Perubahan itupun bisa adanya perubahan yang kurang mencolok atau tidak menarik dan bisa saja malah sebaliknya, perubahannya memberikan pengaruh yang besar dan menarik banyak orang hingga menjadi faktor utama dalam perubahan setiap individu atau zaman.



Perubahan yang senantiasa terjadi dalam masyarakat tidak terjadi begitu saja, terdapat faktor-faktor yang menyebabkannya bisa terjadi seperti adanya perubahan fisik lingkungan di masyarakat seperti bencana alam, dan perubahan pada kualitas sebuah peradaban seperti pakaian, bahan makanan dan kebiasaan.

Dengan faktor itu terjadi perubahan dalam mata pencaharian, konsumsi dan juga dalam menentukan tempat tinggal seperti terjadinya migrasi. Walaupun saat ini manusia yang berada pada posisi mempengaruhi lingkungan karena telah mampu menyesuaikan diri dan mengubahnya sesuai kebutuhannya.

Akan tetapi perubahan sosial budaya yang senantiasa terjadi pada masyarakat juga terjadi karena faktor demografis atau biologis dimana tingkat populasi yang semakin bertambah karena tingkat kelahiran, kematian dan migrasi ini membuat banyak perubahan yang terjadi baik dalam jenis kelamin, pekerjaan, status sosial dan peran seperti pencari nafkah dan penerima nafkah. Contoh banyaknya jumlah perempuan yang jauh dibandingkan jumlah laki-laki bisa menyebabkan budaya poligami. Juga sebaliknya.

Tak ketinggalan penyebab terjadinya perubahan sosial budaya dalam masyarakat adalah faktor ekonomi dimana dengan kemajuan dalam industrialisasi membuat berbagai elemen juga mengalami evoluasi dan bahkan saat ini telah menyentuh ke ekonomi digital.

Hal itu membuat perubahan dalam produksi, konsumsi dan distribusi yang berpengaruh pada perilaku manusia dimana aktivitasnya lebih banyak pada penggunaan media digital seperti handphone dll.

Apalagi jika ditunjang oleh faktor politik, maka perubahan sosial budaya yang senantiasa terjadi di masyarakat akan semakin signifikan sebab mendapat legalitas ataupun dibatalkan, membuat perubahan yang begitu besar karena mempengaruhi nilai sosial dan budaya setempat seperti mencabut undang-undang lama dan membuat undang-undang baru.

Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan secara menyeluruh bahwa adapun jawaban dari pada topik utama yakni mengapa masyarakat senantiasa mengalami perubahan sosial budaya adalah:

Alasan mengapa masyarakat dan kelompok komunitas senantiasa mengalami perubahan dari sisi sosial budaya adalah karena masyarakat senantiasa mengalami perubahan jumlah penduduk, munculnya penemuan baru, karena pengaruh konflik dan pemberontakan, adanya perubahan lingkungan hidup atau alam, serta yang tak kalah penting adalah karena adanya pengaruh kebudayaan lain.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *