[Jawaban] Mengapa Interaksi Sosial Dikatakan Sebagai Kunci Dari Semua Kehidupan Sosial


Manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh Tuhan dengan multidimensi dan begitu kompleks. Hal itu karena manusia adalah makhluk ekonomi, makhluk budaya dan juga makhluk sosial. Manusia selalu ingin untuk bisa bekerjasama dengan interaksi sosial. Interaksi tersebut tidak hanya terjadi karena adanya dorongan ekonomis, biologis dan juga emosional serta yang mengikat dirinya, melainkan juga fitrah yang tidak bisa terbantahkan pada dirinya.

Dengan interaksi yang terjadi maka akan timbul hubungan timbal balik yang bisa tercapainya sebuah tantangan hidup yang kompleks dan membutuhkan aturan hukum yang dapat mengikat semuanya. Dalam ilmu Sosiologi interaksi selalu terikat dengan istilah sosial. Hal itu karena bentuk umum dari proses sosial adalah interaksi sosial yang juga bisa disebut dengan proses sosial.

Maka dari itu, interaksi sosial menjadi kunci utama atau syarat utama terjadinya aktivitas-aktivitas sosial yang dalam aktivitas sosial itu sebagai kunci utama dalam kehidupan sosial ini. Maka dari itulah, mengapa interaksi sosial diartikan sebagai hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antara orang perorangan dengan kelompok manusia.

Terjadinya interaksi sosial tidak bisa hanya dengan satu orang saja, melainkan juga terdapat dua orang yang bertemu maka distilah akan terjadi interaksi sosial itu, dimana pada saat bertemunya mereka akan saling menegur, berjabat tangan, saling berbicara bahkan mungkin berkelahi, aktivitas semacam itu merupakan bentuk atau pola interaksi sosial.



Interaksi sosial tidak hanya mengatur hubungan antar dua orang saja atau antar individu saja, melainkan antar individu dengan kelompok, serta kelompok dengan kelompok juga. Tanpa adanya interaksi sosial maka tidak akan mungkin ada kehidupan sosial. Sebab interaksi sosial adalah kunci dari semua kehidupan sosial itu berawal.



Namun walaupun bertemu dua individu, namun jika tak memenuhi dua syarat terjadinya interaksi sosial maka tak akan terwujud. Adapun dua syarat terjadinya interaksi sosial itu adalah kontak sosial dan komunikasi.



Apabila merujuk salah satu pandangan yang disampaikan oleh para ahli dalam hal ini Astrid S. Susanto yang menyampaikan bahwa yang dimaksud dengan interaksi sosial adalah hubungan antar manusia yang menghasilkan hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembentukan struktur sosial.

Hasil interaksi sangat ditentukan oleh nilai dan arti serta interpretasi yang diberikan oleh pihak-pihak yang terlibat dalam interaksi ini. Seperti halnya dengan yang dikatakan oleh Bonner, bahwa yang dimaksud dengan interaksi sosial adalah suatu hubungan antara dua individu atau lebih yang saling mempengaruhi, mengubah atau memperbaiki kelakuan individu yang lain atau sebaliknya.

Interaksi sosial merupakan dasar proses sosial yang terjadi karena adanya hubungan-hubungan sosial yang dinamis mencakup hubungan antar individu, antar kelompok atau antara individu dan kelompok. Interaksi sosial merupakan suatu hubungan sosial yang dinamis antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.

Interaksi sosial terbagi atas dua betuk yaitu assosiatif dan disosiatif, untuk asosiasi yakni kerja sama, akomodasi, asimilasi dan akulturasi. Sedangkan untuk disosiatif adalah persaingan, kontroversi, konflik.

Mengapa Interaksi Sosial Dikatakan Sebagai Kunci Dari Semua Kehidupan Sosial

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa adapun jawaban pada topik utama pada kali ini yakni Mengapa interaksi sosial dikatakan sebagai kunci dari semua kehidupan sosial adalah:

Karena interaksi sosial dapat membentuk hubungan antar individu, antar kelompok, dan antar individu dengan kelompok yang mendukung terjadinya aktivitas sosial maka tak akan mungkin tercipta suatu kehidupan bersama pada umat manusia jika tidak diawali dengan interaksi sosial.

 

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Mengapa Interaksi Sosial Dikatakan Sebagai Kunci Dari Semua Kehidupan Sosial. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *