[Jawaban] Mengapa Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial? Ini Alasannya

Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial – Namanya manusia pasti tidak pernah diam, bahkan dalam diam pun sebenarnya terus bergerak dan berpikir.

Dalam memenuhi kebutuhannya apalagi, manusia butuh dengan yang namanya bergerak. Salah satu istilah gerak yang populer adalah mobilitas.

Mobilitas diartikan sebagai gerakan berpindah-pindah atau kesiapsiagaan untuk bergerak sebagaimana dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Sedangkan apabila mengutik mobilitas secara etimologi, kata mobilitas berasal dari bahasa latin yang berarti ‘mobilis’. Arti dari kata mobilis adalah mudah dipindahkan atau banyak bergerak dari tempat yang satu ke tempat yang lainnya.

Merujuk pada pembahasan kali ini yakni soal mobilitas sosial, maka istilah ini dimaksudkan menekankan pada pelibatan seseorang atau sekelompok warga dalam kelompok sosial.

Ada banyak definisi mobilitas sosial yang disampaikan oleh para ahli, sebagaimana menurut Rasnford yang mengatakan bahwa mobilitas sosial adalah perpindahan status stratifikasi sosial.

Tidak hanya itu, Komblum juga menyampaikan bahwa mobilitas sosial adalah perpindahan individu, keluarga maupun juga kelompok sosial dari lapisan ke lapisan sosial yang lainnya.

Melalui perpindahan yang dipakai ini bisa mempengaruhi status sosial yang bisa naik atau turun, dimana bahkan tetap pada tingkat yang sama akan tetapi dalam pekerjaan bisa berbeda.

Pendapat ini tidak jauh beda dengan yang disampaikan oleh Paul B. Harton dan Chester L Hunt, yang mengatakan bahwa maksud dari mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan dari kelas sosial yang satu ke yang lainnya atau perpindahan gerak dari strata yang satu ke yang lainnya.

Ada banyak lagi definisi mobilitas sosial yang disampaikan para ahli tidak hanya sebagaimana yang disampaikan penulis diatas, dan lebih mendalam lagi membahas soal mobilitas sosial yang patut untuk diketahui bahwa mobilitas sosial terbagi atas 2 bentuk.

Bentuk yang pertama dari mobilitas sosial adalah mobilitas sosial vertikal yang artinya adalah peralihan individu ke suatu kedudukan sosial yang menyebabkan terjadinya perubahan status sosial individu.

Selain dari bentuk mobilitas sosial vertikal, ada juga mobilitas sosial horizontal. Yang dimaksud dengan bentuk ini adalah adanya perpindahan geografis/tempat tinggal atau peralihan individu ke kelompok sosial lainnya yang sederajat.

Dalam terjadinya mobilitas sosial baik itu yang vertikal maupun horizontal ataupun keduanya, terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prosesnya. Faktor tersebut bisa menjadi faktor pendukung dan ada juga faktor yang dapat menghambat mobilitas sosial.

Sebab dengan mampu mengindentifikasi faktor yang dapat mempengaruhi mobilitas sosial apalagi mengetahui faktor penghambat mobilitas sosial maka, dapat berbuah positif.

Karena perlu diketahui bersama bahwa mobilitas sosial di dalam masyarakat terjadi karena berbagai konsekuensi. Begitu pula yang menghambat mobilitas sosial, yang bisa menurun yang karena dilatarbelakangi oleh berbagai hal seperti gangguan kesehatan dan faktor ekonomi.

Berbicara mengenai faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial, apakah betul atau tidak dan sekalipun benar bahwa faktor ekonomi penghambat mobilitas sosial, landasannya dari mana.

Mengapa Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial (Foto: Artikelsiana.com)
Mengapa Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial (Foto: Artikelsiana.com)

Mengapa Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial?

Merujuk dari pendapat Michael S.Bassis bahwa mobilitas sosial adalah perpindahan ke atas atau ke bawah lingkungan sosial ekonomi yang mengubah status sosial seseorang dalam masyarakat.

Disini pendapat salah satu ahli menyebutkan keterlibatan ekonomi. Hubungannya apa dalam menjawab pertanyaan mengapa faktor ekonomi menjadi penghambat mobilitas sosial?

Alasan atau jawabannya secara sederhana adalah kondisi ekonomi bisa menjadi penghambat untuk seseorang mendapatkan pendidikan, pelatihan dan modal untuk mendapatkan pekerjaan dan memulai usaha yang penting untuk mobilitas sosial vertikal.

Begitu juga ketika berbicara mobilitas sosial horizontal, dimana dengan faktor ekonomi yang buruk membuat seseorang sulit untuk bersosialisasi dengan sekitarnya.

Sedangkan apabila faktor ekonominya baik, maka apapun dalam meraih kesuksesan bisa diupayakan dengan memenuhi dan meningkatkan kualitas sebagai syarat dari mencapai kesuksesan itu. Begitupula dalam mendapatkan lingkungan baru dan teman-teman baru.

Demikianlah jawaban mengenai Mengapa Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *