[Jawaban] Limbah Lunak Organik Biasanya Berasal Dari? Ini Arti & Penjelasannya


Limbah Lunak Organik Biasanya Berasal Dari? Ini Arti & Penjelasannya  РKata limbah sudah terdengar adalah berbahaya, hal itu karena persepsi lingkungan yang membuat limbah terkesan harus dijauhi. Padahal, hal yang membuat limbah berbahaya ini karena dibiarkan menumpuk, salah urus dan tidak dilakukan pengolahan secara tepat dan cepat.

Ini terjadi karena kesadaran manusia yang kurang untuk memanfaatkan limbah, sehingga tidak sedikit di sudut perkotaan terdapat limbah yang pada nantinya membahayakan bagi makhluk hidup, tidak hanya manusia tetapi juga hewan dan tumbuhan dll.

Limbah merupakan sampah cair dari lingkungan masyarakat dan terutama terdiri dari air yang telah digunakan dengan hampir 0,1% berupa benda-benda padat yang terdiri dari zat organik dan anorganik.

Apasih itu zat organik dan anorganik? yang dimaksud dengan zat organik adalah hasil aktivitas dari makhluk hidup yang bersifat biologis, yang mudah mengalami pembusukan.



Sedangkan yang dimaksud dengan pengertian zat anorganik adalah zat yang sulit untuk mengalami pembusukan atau penguraian oleh bakteri.



Senyawa organik merupakan hasil aktivitas dari mahkluk hidup sementara senyawa anorganik diciptakan baik oleh proses alami yang tidak berkaitan dengan bentuk hidup apa pun atau hasil dari percobaan manusia di lab.



Berdasarkan dari kedua jenis zatnya, itulah sehingga ada yang dikenal dengan limbah organik dan limbah anorganik. Sejalan dengan pembahasan kali ini, apasih yang dimaksud dengan pengertian limbah organik?

Secara umum, pengertian limbah organik adalah sampah yang dapat mengalami pelapukan (dekomposisi) dan terurai menjadi bahan lebih kecil dan tidak berbau. Diketahui limbah lunak organik terkadang di manfaatkan sebagai kompos.

[Jawaban] Limbah Lunak Organik Biasanya Berasal Dari? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
[Jawaban] Limbah Lunak Organik Biasanya Berasal Dari? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Karena dalam kompos menggunakan bahan organik seperti daun-daunan, jerami, alang-alang, sampah, rumput, dan bahan lain yang sejenis yang proses pelapukannya pada waktu tertentu dapat dipercepat dengan adanya bantuan manusia.

Menemukan limbah organik lunak sangatlah mudah, karena bisa ditemukan di tempat sampah pasar khususnya pasar tradisional yang menjual ikan, buah, dan sejenisnya. Melihat pada keuntungan antara limbah organik atau anargonik, limbah organik lebih baik karena bisa diuraikan oleh bakteri dan mudah ditangani oleh manusia.

Pengertian Limbah Organik Lunak Adalah?

Sedangkan lebih spesifik ada yang dikenal dengan limbah lunak organik. Apasih pengertian limbah lunak organik? Limbah lunak organik adalah limbah yang berasal dari zat organik yang terdiri atas tumbuh-tumbuhan.

[Jawaban] Limbah Lunak Organik Biasanya Berasal Dari? Ini Arti & Penjelasannya  (Foto: Artikelsiana.com)
[Jawaban] Limbah Lunak Organik Biasanya Berasal Dari? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Contoh-contoh limbah organik lunak adalah daun-daunan, kulit buah, kulit sayuran, batang tumbuhan atau hasil olahan tumbuhan seperti kertas.

Selain itu, limbah lunak organik juga dikatakan sebagai limbah lunak basah. Istilah ini dipakai karena limbah lunak organik mempunyai kandungan air yang tinggi, dan mudah membusuk apabila tidak dikelola secara langsung.

Limbah lunak organik yang dapat dijadikan karya kerajinan antara lain kulit jagung, kulit bawang, kulit kacang, kulit buah/bijibijian, jerami, kertas, dan pelepah pisang Contoh Soal.

Soal

Limbah luak organik biasanya berasal dari …

a.Tumbuh-tumbuhan
b.Kulit binatang
c.Kayu
d.Logam

Jawabannya: A. Tumbuhan

Demikianlah jawaban mengenai topik yang berjudul [Jawaban] Limbah Lunak Organik Biasanya Berasal Dari? Ini Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *