[Jawaban] Kepanjangan Dari Bios Adalah: Ini Pengertiannya


Kepanjangan Dari Bios Adalah  – Dalam komputer terdapat komponen penting tidak hanya motherboard, hardiks, dan ram serta prosessor, melainkan juga BIOS. BIOS ini adalah sistem operasi yang kadang disebut dengan istilah Booting. Tugas BIOS adalah menyediakan instruksi pada mikroprosessor yang dengan kehadirannya bisa menyalakan komputer. Selain itu dengan kehadiran BIOS ini juga berisi berbagai perintah atau instruksi yang berguna bagi komputer dan setiap orang.

Instruksi tersebut dikenal dengan istilah POST (Power On Selft Test) yang didalamnya terdapat perintah berupah inisialisasi, identifikasi dan menguji status pengoperasian atas seluruh perangkat sistem contohnya CPU, RAM, VGA Card, Keyboard dan Mouse, Hardisk drive, Optical (CD/DVD) drive dan hardware lainnya pada saat komputer mulai booting.

Selain itu BIOS juga mempunyai beberapa komponen seperti SCSI dan kartu grafis yang bertugas untuk memeriksa dan mengelola peripheral komputer melalui rutinitas tingkat rendah selama proses startup berlangsung. Mikroprosesor yang terdapat dalam BIOS juga bertugas untuk melakukan manajemen clock, hard diks dan pengaturan lainnya.

Pengertian BIOS Adalah?

Secara umum, apa yang dimaksud dengan Pengertian BIOS adalah komponen komputer yang berupa software (perangkat lunak) yang mengontrol sejumlah hardware komputer. BIOS atau Basic Input Output System. Tugas utama BIOS adalah sebagai pengecekan dalam berjalannya sistem operasi terhadap sejumlah hardware.



Kepanjangan dari BIOS Adalah?

Dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kepanjangan dari BIOS adalah “Basic Input Output System”. Jadi BIOS sebenarnya singkatan dari Basic Input Output System. Adapun fungsi, jenis, cara mengakses dan keunggulannya bisa dilihat dibawah ini:



[Jawaban] Kepanjangan Dari Bios Adalah: Ini Pengertiannya (Foto: Artikelsiana.com)
[Jawaban] Kepanjangan Dari Bios Adalah: Ini Pengertiannya (Foto: Artikelsiana.com)

Fungsi utama BIOS adalah mengontrol hardware (perangkat keras) komputer dengan memberikan instruksi atau perintah menginsialisasi dan identifikasi perangkat sistem yang disebut dengan POST (Power On Selft Test). Perangkat sistem yang diintruksikan yaitu RAM, CPU, Hardisk Drive, CD/DVD, VGA Card, Keyboard, dan Mouse serta Hardware pada saat booting.



Dari dulu hingga saat ini telah mengalami banyak perkembangan pesat hingga melahirkan banyak fitur-fitur BIOS seperti AMI BIOS, AWARD BIOS, PHOENIX BIOS, IBM BIOS. AMI Bios adalah BIOS yang dikembangkan oleh Megatrend Amerika pada tahun 2002 sebagai fimrware komputer. AWARD BIOS ialah BIOS yang mempunyai built- in program yang dapat dimodifikasi dasar sistem konfigurasi oleh pemakainya dimana informasi disimpan di CMOS RAM yang dapat menyimpan informasi setup, bahan ketika power dimatikan.

Selanjutnya PHOENIX BIOS adalah BIOS yang mengembangkan dan mendukung perangkat sistem lunak dan sistem inti yang sering dipakai digunakan di Indonesia baik itu komputer pribadi dan perangkat komputer lainnya. Sedangkan arti dari IBM BIOS adalah perusahaan pemproduksi perangkat keras dan perangkat lunak yang berdiri 16 juni 1911 dan beroperasi sejak 1888 yang berpusat di Armonk, New York, Amerika Serikat.

Cara Mengakses BIOS Adalah

Cara mengakses BIOS adalah dengan menekan tombol delete atau F2 pada saat komputer di nyalakan. Kemudian akan terdapat tulisan seperti “Prees F2 to Enter Setup”, maka tekan F2 secara berulang-ulang.

Keunggulan BIOS Adalah

Adapun keunggulan yang dimiliki BIOS saat troubleshooting pada kerusakan komputer adalah:

    1. Melihat spesifiaksi pada setiap perangkat komputer.
    2. Masalah komputer yang mati total dapat diatasi dengan mereset BIOS komputer.
    3. Menginstalasi komputer windows melalui pengaturan firs boot terlebih dahulu.
    4. Mengoptimalkan kinerja komputer yang dikenal overclocking.

Demikianlah informasi mengenai [Jawaban] Kepanjangan Dari Bios Adalah: Ini Pengertiannya. Semoga informasi ini dapat bermafnaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *