[Jawaban] Kelompok Hewan Yang Beradaptasi Secara Morfologi adalah


Adaptasi Morfologi – Makhluk hidup yang mempunyai kemampuan dalam menyesuaikan dengan lingkungannya disebut dengan Adaptasi. Pada setiap makhluk hidup terdapat adaptasi. Seperti makhluk hidup yang habitatnya ada di air mempunyai karakteristik.

Melalui karakteristik ini yang bisa dijadikan pembeda dengan makhluk hidup yang ada di darat begitupula sebaliknya. Maka dari itu, pada dasarnya setiap makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya. Namun ketika makhluk hidup tersebut berpindah tempat dari lingkungan sebelumnya ke lingkungan yang baru maka dapat membuat hidupnya mengalami gangguan atau kematian.

Contohnya seperti ikan, yang diketahui yang sudah beradaptasi untuk hidup di air, ketika ikan kemudian dipindahkan ke darat maka apa yang terjadi adalah ikan akan mati. Begitu pula, kambing yang beradaptasi di daratan, apabila dipindahkan ke kolam maka akan mati. Selain itu adaptasi adalah ciri yang menurun setiap organisme dan pembentukan adaptasi ini mempunyai jangka waktu yang sangat lama.

Diketahui berdasarkan bentuknya, terdapat 3 macam adaptasi yang diketahui yaitu ada yang disebut dengan adaptasi fisiologi atau fungsi kerja tubuh, adaptasi tingkah laku behavioral dan adaptasi morfologi atau bentuk tubuh.

Sejalan dengan hal itu, salah satu adaptasi yang unik dan khas yang mampu dengan mudah untuk membedakan hewan yang satu dengan yang lainnya adalah adaptasi morfologi. Mengapa demikian, karena arti dari adaptasi morfologi adalah cara makhluk hidup agar dapat menyesuaikan dengan lingkungannya dengan penyesuaian bentuk tubuh.

Selain itu, adaptasi morfologi juga bisa dikatakan bahwa cara penyesuaian bentuk tubuh dan alat yang tubuh organisme terhadap lingkungannya. Dalam penyesuaian bentuk tubuh ini terjadi dalam waktu yang lama.

Bentuk-bentuk adaptasi morfologi pada hewan bisa dilihat dengan bentuk kaki/cakar yang adaptif ynag terdiri atas 3 tipe yaitu perenang, pemanjat, petengger, pejalan, dan pencengkram. Selain itu, bentuk adaptasi morfologi pada hewan yang mudah dikenali yang kedua adalah bentuk paruhnya yang dibedakan menjadi tiga pemakan biji, pemakan daging, pemakan ikan dan penghisap madu.

Contoh  Hewan Adaptasi Morfologi Adalah?

Selain itu, pada mulut serangga, memiliki berbagai macam tipe seperti tipe penggigit, penusuk, penghisap dan penjilat. Sedangkan untuk alat gerak pada bagian depan hewan terbagi atas sirip, sayap dan kaki depan. Selain itu, untuk contoh-contoh kelompok hewan yang masuk dalam adaptasi morfologi adalah:

1. Adaptasi Burung

Burung mempunyai bentuk kaki yang beragam bergantung dari tempat hidupnya dan jenis mangsa yang dimakannya. Menurut informasi yang diketahui bahwa berdasarkan lingkungan dan jenis makanannya, bisa dilihat dari tipe kaki burung itu sendiri.

2. Adaptasi Serangga

Serangga mendapatkan makanannya dengan cara tersendiri yaitu bisa dengan penyesuaian dirinya adalah bentuk mulut yang berbeda-beda sesuai dengan jenis makanannya. Berdasarkan jenis makanan yang dimakannya, jenis mulut serangga dibedakan menjadi empat, yaitu mulut pengisap, mulut penusuk, mulut penjilat, dan mulut penyerap.

3. Adaptasi Unta

Sebagai hewan yang hidup di padang pasir, unta mengalami adaptasi bentuk (morfologi) dengan memiliki tempat penyimpanan air di dalam tubuhnya dan mempunyai punuk sebagai penyimpan lemak. Inilah sehingga unta dapat bertahan hidup tanpa minum air dalam waktu yang lama.

4. Adaptasi Bunglon

Bunglon punya mata yang ototnya tidak bersambungan, sehingga memungkinkan untuk melihat di dua sisi berbeda. Kaki bunglin memiliki cakar yang digunakan untuk mencengkram batang pohon sesuai habitatnya. Kulit bunglon berbentuk sisik yang mirip seperti keluarga kadal, gunanya untuk mendukung mimikri karena mengandung pigmen yang dapat berubah sesuai perintah otak. Lidah yang panjang dan lekat untuk menangkap serangga.

5. Adaptasi Kelelawar

Hewan ini mempunyai adaptasi morfologi pada telinga yang lebar, mempunyai badan yang kecil dan kaki yang ada disekitarnya sayapnya, serta mata yang bulat.

6. Adaptasi Lumba-Lumba

Selain itu, hewan mamalia ini mempunyai adaptasi morfologi seperti bentuk mirip torpedo tanpa sirip belakang dan sirip depannya kecil dan ekor horizontal yang membuatnya dapat bergerak seperti baling-baling perahu. Selain itu, Lumba-lumba dikenal dengan pernapasannya saat berenang di permukaan air, itu karena lubang hidupnya menjadi lubang peniup pada atas kepalanya.

6. Adaptasi Beruang Kutup

Selain itu, ada banyak lagi contoh adaptasi morfologi yang terjadi pada hewan seperti adaptasi beruang kutup yang dimana beruang kutup mempunyai bulu yang tebal yang dipakai untuk melindungi dalam suhu kutub yang dingin. Selain itu beruang kutup juga mempunyai telapak kaki yang besar untuk berjalan jauh.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Kelompok Hewan Yang Beradaptasi Secara Morfologi adalah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

[Jawaban] Kelompok Hewan Yang Beradaptasi Secara Morfologi adalah (Foto: Artikelsiana.com)
[Jawaban] Kelompok Hewan Yang Beradaptasi Secara Morfologi adalah (Foto: Artikelsiana.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *