[Jawaban] Jelaskan 6 Manfaat Menaati Norma Bagi Diri Sendiri


Manfaat Menaati Norma Bagi Diri Sendiri –  Sebelum membahas mengenai manfaat norma bagi diri sendiri, tahukah anda apa yang dimaksud dengan penjelasan Norma itu?

Secara umum, pengertian norma adalah acuan perilaku dalam kelompok masyarakat tertentu yang menjadi peraturan sosial.

Norma berisi petunjuk hidup yang didalamnya terdapat perintah dan juga larangan berdasarkan kesepakatan bersama dan bertujuan untuk mengatur setiap perilaku manusia untuk mencapai kedamaian.

Maka dari itulah, fungsi norma tiada lain adalah mengatur kehidupan bersama agar tertip dan teratur. Selain itu, sebagai alat pengendalian sosial yang efektif, tolak ukuran terhadap perbuatan, apakah benar atau salah, sopan atau bahkan tidak sopan pedoman dalam melakukan macam-macam aktivitas kehidupan.



Biasanya norma tidak tertulis melainkan hanya terjadi secara lisan. Ini adalah ciri atau karakteristik norma yang utama. Walaupun demikian, terkadang ciri dari norma juga mengalami perkembanan sejalan dengan perubahan sosial yang terjadi.



Maka dari itu juga, sehingga terdapat berbagai macam norma yang terdapat dalam masyarakat, seperti norma cara, norma kebiasaan, norma tata kelakukan, adat istiadat, norma hukum, norma mode, norma agama, norma kesopanan, norma kesusilaan.



Melihat dari macam-macam norma tersebut, pada dasarnya lahir dan terbentuk untuk kedamaian dalam kehidupan bermasyarakat baik itu diri pribadi, kelompok dan masyarakat secara umumnya. Apabila ditinjau dari manfaat menaati norma bagi diri sendiri sangatlah banyak yang bisa didapatkan.

Sebab norma ini hadir melalui kesepakatan bersama, sehingga apabila terdapat kelompok atau individu yang berani melanggar maka akan menjadi musuh bersama dan ditindak secara bersama.

Kurang contoh apalagi tentang pelanggaran norma yang dilakukan oleh orang-orang tertentu di kehidupan sekitar. Tidak sedikit orang yang mendapat sanksi sosial mendapat cercaan atau cemoohan dari masyarakat.

Dampak dari hal ini memang dianggap enteng karena kebanyakan tidak sampai dijebloskan ke penjara, namun bagi diri justru sangat berpengaruh. Tidak sedikit, orang-orang yang melanggar norma sosial tidak ingin keluar rumah, dan menyendiri.

Manfaat Menaati Norma Bagi Diri Sendiri

Hal itu akan berdampak pada diri pribadi setiap orang apabila tidak menaati norma yang ada dimasyarakat. Namun, apabila menaati norma khususnya diri sendiri, maka manfaatnya justru juga sangatlah besar. Adapun manfaat menaati norma bagi diri sendiri adalah:

[Jawaban] Jelaskan 6 Manfaat Menaati Norma Bagi Diri Sendiri (Foto: Artikelsiana.com)
[Jawaban] Jelaskan 6 Manfaat Menaati Norma Bagi Diri Sendiri (Foto: Artikelsiana.com)

1. Hidup Lebih Tenang

Dengan menaati norma yang ada di masyarakat, maka bagi diri sendiri tidak perlu untuk merasa cemas apabila mendapat teguran bahkan dibenci. Sebab apa yang dilakukan tidaklah buruk dalam pemikiran masyarakat.

2. Mudah Bergaul

Tidak sedikit, orang yang cekcok atau berselisih dengan kehidupan sekitarnya. Namun, apabila pergaulan yang dilakukan dengan menaati norma yang ada di sekitarnya, maka pergaulan hingga berdampak pada perkelahian akan terhindarkan.

3. Menjadikan Diri Ke Arah yang Lebih Baik

Sadar atau tidak sadar, apabila mengikuti norma apalagi bagi diri sendiri justru telah belajar, melatif dan maju dalam mengendalikan tingkah laku.

Sebab terkadang perilaku negatif muncul karena kurangnya pengendalian diri yang berasal dari ego. Sehingga apabila ini mampu diatasi, justru secara tidak langsung akan melatih diri.

4. Jauh dari Masalah Hukum

Tidak sedikit, karena berkelakuan buruk di masyarakat, terdapat orang yang harus terjerat masalah hukum. Namun, bagi orang yang menaati norma, maka akan jauh dari masalah tersebut. Sebab pendapat masyarakat selalu positif.

5. Terhindar Pendapat Miring dari Masyarakat

Apabila suara masyarakat banyak yang berbicara tentang tingkah laku, apalagi tingkah laku buruk, maka berbagai masalah akan datang secara berentetan.

Namun berbeda dengan orang yang menaati norma, justru pendapat yang akan diterima adalah pendapat yang positif yang membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja.

6. Mendapat Kepercayaan Masyarakat

Karena tingkah laku yang baik dan kurangnya atau tidak adanya berita miring, maka hal itu akan membuatkan bagi orang yang menaati norma di masyarakat sebab bisa membentuk kepercayaan sehingga manfaat yang didapatkan apalagi dunia kerja justru semakin terbuka karena terbukanya jaringan dimana-mana.

Demikianlah jawaban mengenai Jelaskan 3 Manfaat Menaati Norma Bagi Diri Sendiri. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *