[Jawaban] Dari Manakah Energi Matahari Dihasilkan? Ini Penjelasannya


Dari Manakah Energi Matahari Dihasilkan? – Matahari mempunyai suhu yang sangat panas. Begitu panasnya sampai kadang membuat seseorang berkeringat di bawah teriknya. Walaupun begitu, panas matahari ini bisa berguna bagi manusia.

Sebab energi panas matahari ini bisa membuat pakaian kering saat dijemur sehingga tidak membuat berjamur atau kuman sehingga dapat membuat tubuh manusia tetap sehat. Energi panas matahari yang menyinari bumi adalah kehidupan bagi bumi.

Itu karena apabila tanpa ada matahari maka hujan dan makhluk hidup seperti tumbuhan tak dapat hidup karena butuh cahaya matahari dalam proses fotosintetis. Dengan manfaat energi panas matahari itu, tidak sedikit orang yang bertanya mengenai dari manakah energi matahari dihasilkan atau darimanakah asalnya.

Mempertanyakan tentang dari mana energi matahari dihasilkan tidaklah salah, itu wajar saja sebab pemancaran energi matahari sampai ke bumi telah berlangsung sejak kurang lebih 5.000.000.000 tahun lalu dan berlangsung sampai waktu yang belum diketahui.



Dari hal itu, apakah tidak menarik apabila energi yang telah mensinari matahari dan memberikan manfaat yang begitu besar bagi seluruh makhluk hidup di bumi dan di seluruh planet lainnya itu dipertanyakan asal muasal dari manakah sumber energi matahari itu berasal?.



Matahari tidaklah sendiri, ada banyak energi sinar yang ada di alam semesta karena matahari adalah bintang itu sendiri sehingga para ahli modern mengatakan kalau bintang-bintang yang ada di jagat raya dan dalam galaksi Milky Way yang terdapat 100.000.000 bintang ini ada banyak yang serupa dengan matahari dan mempunyai ukuran yang jauh lebih besar.



Berbicara soal ukuran pusat tata surya, matahari memiliki diameter 1.400.000 kilometer yang berarti 100 kali diameter bumi. Gravitasi matahari lebih kuat dari pada gravitasi di bumi, yaitu 28 kali lebih kuat dari pada gravitasi bumi.

Dari karakteristik itu, kedudukan matahari dengan planet lainnya termasuk bumi adalah pusat tata surya. Sebab mtahari diibaratkan sebagai dapur bagi planet yang ada di dalam tata surya yang tidak hanya menyinari bumi tetapi juga planet lainnya dan dengan gaya gravitasinya sehingga planet berputar pada porosnya.

Dari Manakah Energi Matahari Dihasilkan?

Sudah lama sekali orang-orang bertanya dari mana energi matahari ini berasal atau dari mana energi matahari ini dihasilkan. Apabila pertanyaan tersebut terbesit dalam benak kalian, maka itu adalah hal yang wajar.

Sebab selama ribuan atau ratusan tahun, yang menjelaskan mengenai dari manakah energi matahari dihasilkan hanya bersifat mitos atau dongeng tanpa penjelasan ilmiah.

Pertanyaan tentang dari manakah energi matahari dihasilkan terus berlanjut sampai pertengahan abad ke-19 menemui titik terangnya hingga sampai saat ini terus dilakukan penelitian tentang matahari. Berdasarkan informasi yang sampai saat ini diketahui, ternyata jawaban tentang darimanakah energi matahari dihasilkan adalah?

Jawabannya:

[Jawaban] Dari Manakah Energi Matahari Dihasilkan? Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
[Jawaban] Dari Manakah Energi Matahari Dihasilkan? Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Panas yang tiada habisnya ini ternyata dihasilkan dari reaksi thermonuklir yang berarti energinya dapat berkurang dan pada akhirnya akan habis manakala reaktan yang terlibat dalam reaksi thermonuklir telah habis bereaksi. Energi matahari dihasilkan dari proses penggabungan inti dari gas-gas hidrogen membentuk gas helium yang menimbulkan hasil sampingan berupa energi panas, energi cahaya, dan energi gelombang yang sangat besar.

Sedangkan perbedaan suhu matahari pada bagian inti diprediksi sekitar lebih dari 14.000.000 ºC, sedangkan suhu permukaannya relatif dingin, yaitu sekitar 5.000 – 6.000 ºC. Area permukaan terdapat sunspots yang terlihat gelap dan bersuhu sekitar 4000 ºC, sehingga wajar apabila terlihat lebih gelap jika dilihat dengan “coronagraph”.

Diketahui, bahwa matahari adalah bola besar yang sebagian besarnya terdiri dari gas hidrogen, dengan persentase sekitar 92%, helium 7,8%, dan sisanya terdiri dari nitrogen, karbon, dan oksigen.

Demikianlah jawaban mengenai pertanyaan yang menjadi topik pada kali ini yang berjudul [Jawaban] Dari Manakah Energi Matahari Dihasilkan? Ini Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *