[Jawaban] Berikan 2 Alasan Biogas dapat Dijadikan Energi Alternatif?


Sumber Energi Alternatif – Energi adalah permasalahan dunia saat ini. Bayangkan apabila hidup tanpa energi. Semua transportasi tentu tidak dapat berjalan dan industri tidak bisa hidup. Ada banyak ruang-ruang yang kosong dalam kehidupan setiap manusia.

Sebab energi secara sederhana berarti bahan bakar yang berguna untuk menggerakkan mesin, memanaskan, menerangi rumah dan menjalankan kendaraan kita. Disekitar kita, bisa dikatakan terus menggunakan energi dalam jumlah besar.

Namun yang menjadi permasalahannya adalah persediaan dari energi tersebut. Sebab tidak semua energi yang dipakai, bisa bertahan lama seperti bahan bakar fosil sebagai sumber utama didunia ini.

Jenis diatas, masuk sebagai bentuk dari energi yang tidak terbarukan dimana sebagian besar energi yang dipakai berasal dari batu bara, minyak bumi, dan gas. Keseluruhan energi ini butuh waktu jutaan tahun untuk membentuknya kembali.

Maka berdasarkan penjelasan ini bisa dikatakan dan disimpulkan bahwa suatu saat energi yang tidak terbarukan ini akan habis. Pendapat ini sudah diprediksi para ahli yang mengatakan akan bertahan selama 100 tahun ke depan.

Apalagi dengan tingkat konsumsi yang tinggi setiap harinya, akan semakin mempercepat waktu itu. Salah satu negara dengan 1,4 juta barel bmm setiap harinya adalah Indonesia yang telah mengalami ketergantungan.

Hal ini belum dihitung dengan penggunaan batu bara dan gas. Namun yang pasti semua hal itu akan habis. Maka untuk menjawab tantangan zaman kedepannya bagi Indonesia, ada diperlukan solusi untuk mengatasi dan mencegah krisis energi ini dimasa akan datang.

Salah satunya adalah dengan penggunaan energi alternatif atau energi yang yang dapat diperbarui apalagi Indonesia punyai banyak sumber-sumber energi alternatif contohnya biogas, biomasa, biodiesel, panas bumi, energi matahari, angin, dan gelombang pasang surut.

Apa itu Biogas?

Salah satu energi alternatif yang mudah untuk dipakai adalah biogas ditambah lagi dengan harganya murah membuat sumber energi alternatif ini bisa menjadi pilihan utama.

Apalagi dalam produksi energi alternatif dari biogas ini sangatlah mudah sebab bisa dipakai dari dari air limbah rumah tangga, kotoran cair dari peternakan hewan, sampah organik pasar, dan industri makanan.

Tidak hanya itu, dalam memakai energi alternatif biogas ini dapat bermanfaat baik karena mengurangi bau tidak sedap, mencegah penyebaran penyakit yang berasal dari limbah, mengurangi dampak emisi rumah kaca, menghasilkan panas dan daya, serta hasil sampingan berupa pupuk padat dan cair.

Dengan pemanfaatan biogas sebagai sumber energi di Indonesia sangat cocok apalagi Indonesia adalah mayoritas masyarakat yang bergerak dalam bidang peternakan dan pertanian.

Dalam proses memgnghasilkan biogas dari adannya aktifitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik seperti kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), sampah hayati yang bisa didaurulang (biodegradable) dalam kondisi anaerobik.

Jika mengukur kualitas biogas tidak main-main sebab nilai kalori dari 1 meter kubik biogas sekitar 6000 watt jam setara dengan setengah liter minyak diesel. Maka dari itu, biogas adalah bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan sebagai pengganti minyak tanah, LPG, butana, batubara, maupun bahan-bahan lain yang berasal dari fosil.

[Jawaban] Berikan 2 Alasan Biogas dapat Dijadikan Energi Alternatif?
[Jawaban] Berikan 2 Alasan Biogas dapat Dijadikan Energi Alternatif?

Dua Alasan Biogas dapat Dijadikan Energi Alternatif

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa alasan biogas dapat digunakan sebagai energi alternatif karena:

1. Biogas Mengandung Sejumlah Energi

Alasan pertama mengapa biogas dapat dijadikan energi alternatif adalah karena biogas mengandung sejumlah besar energi. Setiap 1 meter kubik biogas setara dengan setengah liter solar. Energi tersebut berasal dari kandungan utama biogas, yaitu metana dan karbon dioksida. Biogas bisa dijadikan sebagai bahan bakar kendaraan atau bisa juga dikonversi menjadi listrik.

2. Biogas Dapat Diperbaharui

Alasan kedua yang membuat biogas dapat dijadikan energi alternatif adalah sifatnya yang dapat diperbaharui. Jadi, sumber energi ini bisa digunakan sampai kapan pun. Kita hanya perlu menjaga ketersedian hewan yang akan diambil kotorannya, seperti sapi, ayam, kambing, dan lain-lain. Kotoran ini akan diproses oleh reaktor untuk menghasilkan biogas.

Demikianlah jawaban mengenai pertanyaan berupa Berikan 2 Alasan Biogas dapat Dijadikan Energi Alternatif?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima ksih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *