[Jawaban] Apa Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaan Adalah?


Kemerdekaan Bangsa Indonesia – Sebagai bangsa dengan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang besar, ditambah lagi dengan adat istiadat yang terdapat di setiap daerah, tidak sedikit yang mengatakan Indonesia adalah salah satu negara yang sangat beruntung.

Ditambah lagi dengan kondisi geografis dan astronomis Indonesia yang membuat berbagai macam tumbuhan, hewan serta perikanan yang dapat berkembang pesat. Namun, bagi sebagian orang yang melihat sejarah Indonesia merdeka, tidak sedikit perjuangan bangsa Indonesia dalam memerdekakan negara Ini.

Tidak sedikit kisah-kisah heroik yang mengisi perjalanan bangsa Indonesia untuk merdeka. Tidak sedikit warga yang meninggal dengan alasan-alasan agar bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan itu.

Alasan bangsa Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan itu semakin besar dalam hati rakyat Indonesia kalah itu, menjadi bumbu semangat bagi para masyarakat saat Ini untuk terus melajutkan semangat memperjuangkan kemerdekaan yang suatu waktu terdapat negara yang akan merebut kembali kemerdekaan yang diperjuangkan sejak lama melawan bangsa kolonial saat itu.

Dalam sejarah Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan, tidak sedikit bangsa kolonial yang menjadi lawannya, seperti bangsa Belanda yang banyak memberikan penderitaan kepada rakyat Indonesia yang membuat rakyat Indonesia yang kala itu masih bernama hindia belanda, membulatkan tekat untuk satu alasan yakni kemerdekaan.

Sebab penjajahan bangsa Indonesia dari belanda memakan waktu sampai 350 tahun, dari tahun 1952 hingga 1942. Bukan waktu yang sedikit untuk merasakan penderitaan kala itu.

Dengan kedatangan yang ramah ternyata memberikan siasat yang begitu besar saat kedatangannya pertama kali di Indonesia, apalagi dengan melihat kekayaan Sumber Daya Alam indonesia yang menjadi negara penghasil rempah-rempah terbaik. Melihat keuntungan wilayah Indonesia ini membuat melancarkan strategi adu dombanya dengan membuat kerajaan saat itu saling berperang.

Tujuan saat itu adalah menguasai Indonesia dan merampas hasil tanah Indonesia seperti rempah-rempah. Dengan membawa serikat dagangnya, Belanda mengeruk hasil bumi dengan melakukan kerja secara paksa atau disebut kerja rodi yang membuat tenaga Indonesia terkuras habis.

Kerugian demi kerugian diderita Indonesia selama penjajahan bangsa Belanda sampai-sampai rakyat kecil harus dipaksa untuk memberikan hak tanahnya kepada pemerintahan Belanda dan diperintahkan kepada petani pribumi untuk membayar sewa tanah kepada Belanda yang dilakukan secara terpaksa.

Bahkan keuntungan dari penjualan hasil bumi Indonesia tidak sedikit pun didapatkan oleh rakyat Indonesia. Tidak hanya itu, para pengusaha pribumi juga menjerit takkala, Belanda juga memonopoli perdagangan serta melakukan penyiksaan kepada rakyat Indonesia.

Penderitaan itu terus dilakukan bangsa Belanda sampai-sampai rakyat Indonesia tidak tinggal diam, dan terus melakukan perjuangan dengan perlawanan untuk satu alasan yakni kemerdekaan Indonesia.

Perjuangan demi perjuangan bangsa Indonesia lalu hingga membuat bangsa belanda terdesak. Namun, yang menjajah Indonesia tidak hanya dari Belanda, terdapat bangsa kolonial lainnya yang mempunyai tujuan yang sama yakni merampas hasil bumi Indonesia dalam hal ini bangsa Portugis.

Penjajahan bangsa Portugis ini dilakukan selama 15 tahun lamanya dari tahun 19511 sampai dengan 1526 menjajah Indonesia dengan satu alasan yakni merampas rempah-rempah dari Indonesia serupa dengan bangsa Belanda.

Melihat kedatangan Portugis itu tidak sedikit perlawanan yang dilakukan rakyat Indonesia untuk mengusir bangsa Portugis, walaupun selama penjajahan itu portugis berhasil menguasai sebagian dari Sumatera, Jawa, Banda dan Maluku.

Namun semangat demi semangat yang tak pernah jatuh, membuat bangsa Indonesia tak gentar melawan penjajahan dari Belanda dan Portugis. Perjuangan untuk kemerdekaan bangsa Indonesia terus dilakukan hingga berhasil mengusir bangsa Belanda dan Portugis yang dibantu oleh Jepang.

Melihat bantuan itu, rakyat Indonesia sempat berlasan bahwa memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia semakin mudah sebab mendapat bantuan dari negara Jepang. Akan tetapi, ternyata apa yang menjadi alasan itu ternyata tidaklah benar.

Sebab selama kehadiran Jepang ternyata memberikan penderitaan bagi Rakyat Indonesia yang juga turut menjajah bangsa Indonesia selama 3 tahun lebih lamanya dari tahun 1942 hingga berakhir pada 17 Agustus 1945.

Pada masa penjajahan itu, tidak jauh bedanya dengan gerakan yang dilakukan oleh bangsa Belanda dimana jepang juga menerapkan sistem kerja paksa dan romusha. Bahkan pajak saat itu sangatlah tinggi dan juga turut membatasi aktivitas pers.

Berkat semangat yang tiada habisnya dengan apa yang menjadi alasan bangsa Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan, para golongan muda mendesak golongan tua untuk memerdekakan bangsa Indonesia yang akhirnya bisa terwujud pada 17 Agustus 1945 melalui Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bersama Soekarno dan M. Hatta.

[Jawaban] Apa Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaan Adalah?
[Jawaban] Apa Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaan Adalah?

Apa Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaan?

Melihat bagaimana penderitaan yang dialami Indonesia selama masa penjajahan hingga merebut kemerdekaan melalui usahanya sendiri, maka jelaslah mengapa Indonesia wajib untuk terus mengawal agar kemerdekaan tersebut tetap utuh dan kokoh.

Karena suatu waktu terdapat masa dimana peperangan akan terjadi lagi, olehnya itu dibutuhkan kesiapan yang lebih besar lagi yang wajib dilakukan oleh rakyat Indonesia yang menjadi alasan utama bagi kita semua untuk menjaga kemerdekaan itu.

Sebab ada banyak metode-metode penjajahan baru bisa saja terjadi seperti penjualan aset negara, negara dikuasai walaupun negara Indonesia masih tetap berdiri.

Dalam menangkal hal itu, maka dibutuhkan usaha dan kerja keras yang besar agar masa kelam sejarah itu tidak terjadi lagi dan para generasi selanjutnya dapat menikmati dan melanjutkannya.

Olehnya itu, melihat dari perjalanan sejarah yang panjang dalam informasi yang dihimpun penulis dari berbagai sumber terdapat dasar pemikiran yang bisa menjadi alasan bangsa Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan yang dapat dilihat dibawah ini:

  1. Terbebas dari penderitaan akibat dari penjajahan bangsa belanda, portugis dan jepang.
  2. Berkeinginan agar Indonesia lahir dan tercipta melalui kerja keras dan usaha dari rakyat Indonesia sendiri.
  3. Karena memiliki kesamaan budaya dan adat istiadat, maka melalui hal itu menjadi alasan untuk kemerdekaan bangsa Indonesia
  4. Banyaknya rumah ibadah dan hasil kebudayaan yang hancur membuat para pemuka dan tokoh agama dan daerah bersatu untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
  5. Melalui perjuangan untuk kemerdekaan bangsa Indonesia maka dapat membentuk suatu pemerintahan Negara Republik Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
  6. Memajukan kesejahteraan umum/bersama karena semangat kemerdekaan itu telah menyatu dalam diri setiap rakyat Indonesia
  7. Ingin agar generasi selanjutnya dapat hidup layak agar mampu mencerdaskan kehidupan bangsa.
  8. Karena penderitaan yang dialami tersebut, membuat rakyat Indonesia tergerak untuk turut serta aktif dalam melaksanakan ketertiban dunia yang berlandaskan kemerdekaan, perdamaian abadi dan kedilan sosial.

Demikianlah informasi mengenai Apa Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *