Jangan Sepelekan, Ini 7 Hal Yang Bisa Mengurangi Pahala Puasa Ramadhan Kamu


Bulan penuh berkah ini, setiap umat muslim dianjurkan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan apalagi pada bulan suci ramadhan ini. Hal itu karena pada bulan ini, segala amal yang dilakukan setiap orang akan mendapatkan pahala yang luar biasa besarnya dan berlipat ganda.

Tentu, bagi umat Islam tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini terbuang sia-sia selama sebulan penuh berpuasa, hanya sebulan setiap umat Islam bisa mendapatkannya untuk ditabung diakhirat kelak.

Olehnya itu, perlu waspada dan berhati-hati sebab ada banyak hal yang bisa membatalkan puasamu pada bulan ramadhan ini selain cuma makan dan minum yang disengaja. Tapi tanpa disadari, ternyata hal sekecil ini dan sepele ini memang tidak akan membatalkan puasamu, tapi bisa mengurangi pahala puasa yang justru merugikan dirimu.

Ini 7 Hal Yang Bisa Mengurangi Pahala Puasa Ramadhan Kamu

Lalu jika demikian, lantas apasih hal-hal sepele yang bisa mengurangi puasa dalam bulan suci ramadhan tersebut?. Dibawah ini penulis akan lampirkan 7 hal berikut.



1. Membicarakan Orang Lain

Hati-hati membicarakan orang lain, apalagi untuk cewe yang sudah jadi hal biasa jika mengggosipi orang. Jika itu dilakukan, maka akan membuat kamu akan kehilangan pahala puasa. Dari pada sibuk membicarakan orang lain, mending menyibukkan diri untuk beribadah pada bulan puasa dengan menimbun banyak pahala dari pada menimbun dosa dan gosipin orang.



2. Berkata Bohong

Berkata bohong tentu tidaklah baik apalagi bulan puasa Ramadhan bulan yang suci yang diharuskan menjaga diri. Bahkan berbohong sekecil pun, bisa mengurangi pahala kamu. Olehnya itu, biasakanlah diri untuk berkata sebenarnya dan apa adanya agar hati dan pikiran lebih tenang dan pahala bisa mengalir deras.



3. Bertengkar dengan Orang Lain

Di bulan suci ramadhan ini, seseorang akan melatih diri untuk bisa berlapang dada dan sering memaafkan. Namun jika kamu tidak bisa mengendalikannya dan bahkan bertengkar dengan orang lain, maka pahala yang kamu inginkan tersebut malah akan berkurang, dan pastinya membuang-buang tenaga.

4. Berbicara Kotor dan Kasar

Pada bulan suci ramadhan, bulan dimana setiap umat Islam beprilaku baik dan bertutur kata yang sopan dan lembut tersebut akan membuat pahala umat Islam akan mengalir deras. Namun jika hal itu malah sebaliknya dengan berbicara kasar atau kotor bisa mengurangi pahala puasamu. Sudah seharian menahan lapar, eh nyatanya pahala yang didapat malah berkurang akibat mulut yang susah dijaga.

5. Melihat Lawan Jenis dengan Hawa Nafsu

Mungkin menahan lapar dan haus terlihat berat, tapi ternyata yang lebih sulit ternyata menjaga hawa nafsu. Melihat lawan jenis dengan hawa nafsu tentunya tidak diperbolehkan saat kamu berpuasa karena bisa membuat pahala puasamu berkurang. Bahkan, bisa membuat puasamu batal, berhati-hatilah dan perbanyak istighfar.

6. Berduaan dengan yang Bukan Muhrim

Untuk kamu yang punya pacar, tentunya hal ini menjadi perhatian yang harus kamu hindari. Berduaan dengan lawan jenis yang bukan muhrim itu bisa mengurangi pahala puasa. Kalau biasanya kamu suka pergi berdua atau manja-manjaan sama pacar, maka di bulan puasa ini kamu harus mulai menghindarinya.

Jika kamu ingin bertemu dengan pacar, alangkah baiknya ajak juga teman-temanmu yang lain agar kamu tidak cuma berdua dengannya

7. Iri Melihat Kebahagiaan Orang Lain

Menjaga hati dari segala macam penyakit memang sudah dianjurkan kepada setiap umat muslim. Penyakit hati seperti iri dan dengki itu sangat berbahaya. Jika kamu melihat orang lain bahagia, maka ikutlah bahagia seperti dirinya.

Jangan ada rasa iri apalagi tidak suka dengan kebahagiaan mereka. Kamu bisa menemukan banyak hal untuk disyukuri daripada sekadar iri terhadap orang lain.

Demikianlah inforamsi mengenai topik yang berjudul Jangan Sepelekan, Ini 7 Hal Yang Bisa Mengurangi Pahala Puasa. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *