Inilah Jenis Suara Manusia: Sopran, Alto, Tenor, Baritone & Bass


Suara yang dikeluarkan manusia adalah sarana utama untuk berkomunikasi dengan sesamanya. Melalui suara, manusia dapat berinteraksi dengan leluasa dibandingkan dengan menulis atau bahasa isyarat. Pada dasarnya, suara yang dihasilkan setiap orang memiliki keunikan tersendiri dan bahkan beberapa orang diantaranya mampu menirukan suara orang lain yang hampir mirip.

Selain itu, suara juga mampu menjadi pembeda dan pengenal apabila seseorang sudah lupa atau matanya tidak bisa melihat objek tersebut. Hanya dengan suaranya, orang tersebut mampu mengetahui sumber suara. Hal itulah mengapa penulis mengatakan bahwa terdapat kekhasan suara yang dimiliki setiap orang.

Dapat pula kita saksikan dimana banyaknya suara-suara indah yang mengisi dunia musik saat ini. Dengan suaranya, orang tersebut masuk dalam berbagai acara dan mengisi setiap penampilan musik sebagai vokalis/penyanyi atau mc.

Tentu bagi suara yang menurut pendengar bagus, lalu bagi mereka yang mempunyai suara yang cembreng atau jelek maka tak akan laku. Namun bagi mereka yang mempunyai suara bagus maka bisa saja akan menjadi penyanyi apabila dilatih dengan baik.



Hal itu karena jenis suara manusia memang tidaklah sama dan berbeda-beda. Sejalan dengan jenis suara manusia pada kali ini penulis akan memaparkan jenis suara manusia berdasarkan perempuan dan juga laki-laki, melalui materi ini setiap orang dapat memahami dan menilai jenis suara anda sendiri.



Inilah Jenis Suara Manusia: Sopran, Alto, Tenor, Baritone & Bass (Foto: Artikelsiana.com)
Inilah Jenis Suara Manusia: Sopran, Alto, Tenor, Baritone & Bass (Foto: Artikelsiana.com)

Jenis Suara Manusia

Setiap orang mempunyai sisi keunikannya tersendiri, termasuk dari segi vokal. Tahukah kamu jika di dunia ada tujuh jenis jangkauan suara manusia? Jenis suara dapat dikatakan mengacu pada nada tertinggi dan terendah yang bisa dicapai. Baik pada saat sedang berbicara, berteriak ataupun bernyanyi.



Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Encyclopaedia Britannica, berikut penjelasannya:

Jenis Suara Perempuan

Inilah Jenis Suara Manusia: Sopran, Alto, Tenor, Baritone & Bass (Foto: Artikelsiana.com)
Inilah Jenis Suara Manusia: Sopran, Alto, Tenor, Baritone & Bass (Foto: Artikelsiana.com)

Pembagian dalam suara perempuan terbagi atas 3 yaitu sopran, mezzo-sopran, dan alto. Adapun penjelasan mengenai ketiga jenis suara manusia ini adalah:

1. Sopran atau soprano

Sopran adalah jenis suara tertinggi bagi perempuan dewasa karena dapat menjangkau nada C4 sampai nada G5. Sopran atau soprano diklasifikasi menurut warna lokal, timre, rentang suara dan ketangkasan suara. Umumnya, untuk dramatic soprano mempunyai karakter suara yang bertenaga. Lyric soprano mempunyai suara lebih ringan. Lalu untuk coloratura soprano punya jangkauan yang tinggi dan ketangkasan suara yang ekstrim seperti penyanyi Mariah Carey.

2. Mezzo-sopran

Jenis suara yang dimiliki oleh Beyonce ini berkarakter sedang dalam artian tidak terlalu tinggi ataupun rendah sehingga suara ini menjangkau suara A3-A5. Jenis suara ini termasuk nada bawah A, nada tengah C dan nada F kedua, nada atas G serta nada C tengah.

3. Alto atau contralto

Jenis suara dimiliki oleh Adele ini merupakan suara perempuan dewasa yang rendah yang menjangkau nada F-D2.

Jenis Suara Laki-Laki

Inilah Jenis Suara Manusia: Sopran, Alto, Tenor, Baritone & Bass (Foto: Artikelsiana.com)
Inilah Jenis Suara Manusia: Sopran, Alto, Tenor, Baritone & Bass (Foto: Artikelsiana.com)

Pembagian dalam suara laki-laki terbagi atas 4 yaitu tenor, contra tenor, bariton dan bas. Adapun penjelasan mengenai keempat jenis suara manusia ini adalah:

1. Tenor

Penyanyi berjenis suara ini adalah Freedie Mercury, Vokalis Queen yang berkarakter suara tinggi untuk pria yang menjangkau nada B-G1. Suara ini terbagi atas dramatic tenor, lyric tenor, dan heroic tenor yang dibedakan berdasarkan ketangkasan suara, warna suara, serta berat suara.

2. Contra Tenor

Tipe suara ini adalah suara yang lebih tinggi dan jangkauan nada yang luas yang membuat suara penyanyi laki-laki ini terdengar perempuan sebut saja penyanyi seperti Alfred Deller dan Andreas Scholl.

3. Bariton atau baritone

Jenis suara yang dimiliki David Bowie ini berkarakter tidak terlalu tinggi dan rendah atau sedang dengan jangkauan nada A-F1. Bariton dikelompokkan sesuai jangkauan nada, kualitas serta warna dari suara itu. Istilah ini muncul jelang akhir abad ke-15 dalam musik barat usai seorang komposer berusaha mengeksplor sonoritas polifonik.

4. Bass

Jenis suara ini adalah suara pria dewasa dengan jangkauan nada E sampai nada C1. Suara ini menjadi pondasi harmoni apalagi untuk bass profundo yang berkarakter rendah namun kaya. Sedangkan basso cantante mempunyai suara yang lebih ringan. Contoh penyanyi yang memiliki suara ini adalah Barry White dan Louis Armstrong.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Inilah Jenis Suara Manusia: Sopran, Alto, Tenor, Baritone & Bass. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *