Ini Proses Pembentukan Perilaku Manusia dan Ciri-Cirinya


Tahukah kamu bagaimana perilaku dari manusia bisa terbentuk? Tidak herakan menemukan seorang anak yang berubah atau teman yang berubah pada saat bertemu kembali. Hal itu ternyata mempunyai penjelasan ilmiah, tentang proses pembentukan perilaku manusia.

Ternyata diketahui bahwa proses pembentukan perilaku manusia itu tidaklah terjadi secara tiba-tiba begitu saja. Melainkan terdapat tahapan atau faktor yang mempengaruhinya sehingga membuat seseorang bisa berubah. Lantas bagaimana sih proses pembentukan perilaku manusia itu?

Sebelum membahas lebih jauh, tahukah anda apa yang dimaksud dengan perilaku? Menurut KBBI bahwa yang dimaksud dengan perilaku adalah suatu tanggapan atau reaksi individu terhadap rangsangan atau lingkungan.

Sedangkan apabila mengutip dari situs Kementerian Kesehatan, definisi perilaku menurut psikologis adalah jiwa yang dalam hal ini dibagi menjadi 2 yaitu perilaku tertutup dan perilaku terbuka.



Arti dari Perilaku tertutup adalah perilaku yang hanya dapat dimengerti dengan memakai alat bantu atau metode tertentu seperti berpikir, sedih, berkhayal, dan sebagainya. Sedangkan yang dimaksud dengan Perilaku terbuka adalah perilaku yang secara langsung dapat diketahui maknanya.



Perlu diketahui bersama bahwa adapun dasar manusia berperilaku karena adanya dorongan dari dalam dalam hal ini adalah persoalan kebutuhan. Sehingga manusia berperilaku untuk memenuhi kebutuhannya.



Berdasarkan dari penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa arti perilaku adalah kegiatan atau aktivitas manusia yang timbul karena adanya rangsangan, baik yang dapat diamati secara langsung maupun tidak langsung.

Ciri-Ciri Perilaku Manusia Adalah?

Adapun ciri-ciri perilaku manusia diketahui terbagi atas 5 ciri yaitu:

1. Kepekaan sosial

Kemampuan manusia untuk menyesuaikan dengan pasangan, harapan orang lain, dan lingkungan sekitarnya. Contohnya, perilaku seseorang saat menjenguk orang sakit berbeda jika menghadiri sebuah pesta.

2. Kelangsungan perilaku

Suatu perilaku sekarang merupakan sebuah kelanjutan dari perilaku sebelumnya. Terjadinya perilaku karena ada kesinambungan. Perilaku manusia tidak akan pernah berhenti dalam suatu waktu sampai manusia meninggal.

3. Orientasi pada tugas

Setiap perilaku yang dilakukan oleh manusia selalu mempunyai tujuan atau berorientasi pada sebuah pekerjaan.

4. Usaha dan perjuangan

Setiap manusia yang hidup pastinya mempunyai cita-cita yang akan diperjuangkan. Sehingga manusia akan memperjuangkan mimpi dan cita-citanya agar terwujud.

5. Manusia adalah individu yang unik

Setiap manusia mempunyai ciri-ciri, sifat, watak, dan kepribadian yang berbeda-beda, serta menjadikan manusia menjadi pribadi yang unik. Terlebih mempunyai pengalaman dan masa lalunya sendiri-sendiri.

Proses Pembentukan Perilaku Adalah?

Menurut pendapat dari Abraham Maslow, bahwa proses pembentukan perilaku dari manusia dipengaruhi oleh tingkat kebutuhannya atau hierarki kebutuhan dasar dalam hal ini terbagi atas 5 level kebutuhan yaitu:

    • Kebutuhan akan rasa aman, keamanan, stabilitas, keteraturan, dan lain-lain.
    • Kebutuhan sosial, kebutuhan rasa memiliki dan kasih sayang, afeksi, keluarga, relasi, dan sebagainya.
    • Kebutuhan akan aktualisasi diri, kebutuhan untuk pengembangan diri, pemenuhan ideologi, dan lain-lain.
    • Kebutuhan fisiologis, kebutuhan makan, minum, tidur, pakaian, dan lainnya.
    • Kebutuhan akan penghargaan, kebutuhan pencapaian status, tanggung jawab, reputasi, dan lainnya.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Ini Proses Pembentukan Perilaku Manusia dan Ciri-Cirinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *