Ini 5 Arti Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran Adalah?


Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran – Kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti ‘tengah’, ‘perantara’, atau ‘pengantar’. Secara lebih khusus, pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis, atau elektronik untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal.

Apasih itu Media Pembelajaran? Secara umum arti dari media pembelajaran adalah alat atau cara atau proses yang dipakai yang bertujuan menyampaikan pesan kepada penerima dalam bidang pendidikan.

Sedangkan menurut Romiszowski bahwa yang dimaksud dengan media adalah as the carriers on messages, from some transmitting soursce (which may be human being or inanimate object), to the receiver of the message (which in our case is the learner). 

Diketahui bahwa pemakaian media dalam pembelajaran atau pembelajaran bermedia adalah proses dalam belajar mengajar untuk membangkitkan keinginan dan minat yang baru. Selain itu bisa dikatakan untuk membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar atau bisa juga membawa pengaruh-pengaruh psikologi kepada siswa.

Memakai media pembelajaran sangat bermanfaat bagi siswa karena bisa membantu dalam meningkatkan pemahaman,. Selain itu dengan memakai media pembelajaran, maka data bisa terlihat menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran serta memadatkan informasi.

Perlu diketahui bersama bahwa pemilihan media pembelajaran tidak seperti dengan memilih buku pegangan dalam belajar sesuatu hal. Perbedaannya sangatlah sederhana sebab, pemilihan buku memperhatikan kebutuhan dan kemampuan siswa yang akan diajar. Sedangkan media pembelajaran jauh dari pada hal itu, karena terdapat kriteria-kriteria memilih media pembelajaran.

Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran Adalah?

Ini 5 Arti Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran Adalah? (Foto: Artikelsiana.com)
Ini 5 Arti Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran Adalah? (Foto: Artikelsiana.com)

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Wilkinson. Menurutnya terdapat 5 kriteria dalam memilih media pembelajaran yaitu tujuan, ketepatgunaan, keadaan siswa, ketersediaan, dan biaya. Adapun penjelasan dari 5 jenis kriteria memilih media pembelajaran adalah:

1. Tujuan 

Tujuan menjadi kriteria dalam memilih media pembelajaran karena dengan tujuan itu maka media pembelajaran akan sesuai dengan apa yang dirumuskan.

2. Ketepatgunaan 

Selain itu, diperlukan kesesuaian dengan apa yang digunakan seperti apabila materi yang dipelajari ternyata bagian-bagian penting dari suatu benda, maka gambar atau bagan dan slide bisa dipakai. Begitupula ketika belajar mengenai gerak, maka apat menggunakan media film atau video sebab penggunaannya tepat sebagai media pembelajaran. Itulah sehingga Wilkinson mengatakan bahwa penggunaan bahan-bahan bervariasi dapat menghasilkan dan meningkatkan pencapaian akademik.

3. Keadaan Siswa 

Media bisa efektif saat dipakai ketika tidak bergantung dari beda interindividual antara siswa. Maksud dari hal ini adalah jika siswa tergolong tipe auditif/visual maka siswa yang tergolong auditif maka bisa belajar dengan media visual, dan siswa yang tergolong visual bisa juga belajar memakai media auditif.

4. Ketersediaan 

Memang tidak dipungkiri bahwa peran dan fungsi media pembelajaran bisa membantu guru dan meningkatkan pembelajaran siswa, namun untuk mencapai tujuan hal itu perlu mempertimbangkan ketersediaan dari media tersebut. Sehingga dalam memilih media pembelajaran adalah juga melihat ketersediaan dari media tersebut.

5. Biaya 

Biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan dan memakai media, sebaiknya berimbang dengan hasil yang akan didapatkan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Ini 5 Arti Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran Adalah? . Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *