Ini 10 Fungsi Daun Kelor Untuk Kesehatan Adalah


Fungsi Daun Kelor – Daun kelor memang sudah sering digunakan dalam ritual ataupun ramuan tradisional. Namun, secara ilmiah, manfaat daun kelor ternyata juga sudah banyak diteliti.

Daun yang juga disebut dengan moringa ini dipercaya dapat membantu menjaga kadar gula darah, serta memiliki kandungan antioksidan tinggi. Selain itu, kandungan nutrisi daun kelor pun ternyata tak kalah baiknya.

Sebagai komponen yang kerap digunakan dalam obat-obatan tradisional, manfaat daun kelor untuk kesehatan ternyata bukan mitos. Beberapa penelitian menyebutkan, daun yang satu ini bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Pembicaraan itu tidaklah salah karena daun kelor memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh. Selain itu, sudah sejak lama dari cerita masyarakat bahwa daun ini punya khasiat bagi kesehatan dan juga termasuk bagi kecantikan tubuh.



Hal itu karena daun kelor mengandung cukup banyak vitamin C untuk konsumsi harian dan dengan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Apabila terdapat 20 gram daun kelor yang telah dipotong,



Maka kandungan nutrisi daun kelor untuk tubuh terdapat 2 gram protein, Magnesium: 8%, Vitamin C: 12%, Zat besi 11%, Vitamin B6 19%, Riboflavin (vitamin B2) 11%, Vitamin A 9%.



Tidak hanya itu, daun kelor juga kaya akan kandungan antioksidan. Sehingga dengan kandungan ini, daun kelor berguna dan berfungsi dalam melindungi tubuh dari radikal bebas.

Perlu diketahui bersama bahwa apabila terdapat radikal bebas yang tinggi, bisa membuat risiko berbagai penyakit seperti diabetes melitus tipe 2, hingga penyakit jantung.

Ini 10 Fungsi Daun Kelor Untuk Kesehatan Adalah (Foto: Artikelsiana.com)
Ini 10 Fungsi Daun Kelor Untuk Kesehatan Adalah (Foto: Artikelsiana.com)

Sehingga dengan mengkonsumsi daun keluar secara rutin, maka manfaat dan khasiat yang diberikannya akan berfungsi bagi tubuh. Selain itu berdasarkan dari Medical News Today, daun kelor atau the drumstick tree mengandung senyawa yang bersifat antijamur, antivirus, antidepresan, serta anti-inflamasi. Tumbuhan yang berasal dari India ini sudah banyak ditemui di Afrika, Amerika Selatan, hingga Asia, termasuk Indonesia.

Selain itu, organisasi kesehatan dunia yakni WHO juga mengatakan bahwa daun kelor sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan bayi dalam masa pertumbuhan.

Hal itu karena manfaat dari kandungan daun kelor dimana untuk kandungan potasiumnya sendiri tiga kali lebih besar dari pada pisang, kalsium daun kelor empat kali lebih besar dibandingkan susu, dan untuk vitamin C tujuh kali lebih besar dibandingkan jeruk dan vitamin A daun kelor empat kali lebih besar dibandingkan wortel.

Fungsi dan Manfaat Daun Kelor Adalah?

Hal itulah mengapa WHO menobatkan bahwa pohon kelor sebagai miracle free dan karena begitu uniknya daun kelor, membuat ada banyak artikel dan laporan yang berusaha mengungkapkan rahasia dari daun kelor dalam mengatasi berbagai penyakit dan masalah kekurangan gizi.

Berdasarkan dari penjelasan diatas dan dari kandungan mengenai daun kelor, maka manfaat yang dapat dirasakan dengan mengonsumsi daun kelor adalah:

  1. Mengobati Kanker melalui ekstrak daun kelor sebab mengandung senyawa niazimicin yang berfungsi menekan perkembangan sel kanker dan beta-sitosterol yang mengobati pembesaran prostat dan membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat dan usus besar.
  2. Menyehatkan mata karena daun keloar kaya akan kandungan vitamin A dengan mencegah pelebaran pembuluh retina, mencegah penebalan membran kapiler, dan menghambat disfungsi retina.
  3. Menurunkan kadar gula melalui pemberian obat glibenclamide yang berasal dari ekstrak daun kelor.
  4. Antioksidan yang berguna menangkal radikal bebas sehingga berguna dala mengatasi penyakit jantung dan diabetes tipe 2 dan dari kandungan Quercetin dan Asam klorogenik.
  5. Menurunkan Kolesterol sebagai fungsi dari daun kelor banyak mengatakan hasil studi demikian selain karena merupakan makanan nabati juga karena kandungan daun kelor.
  6. Dengan mengonsumsi daun kelor membuat gizi untuk Ibu menyusui tetap terjaga dan juga daun keloar juga bertindak sebagai galaktagog, yaitu zat alami untuk mendukung kelancaran laktasi.
  7. Sebagai Anti-Penuaan dari kandungan antioksidan yang tinggi dan dari kandungan vitamin A serta banyaknya kandungan hormon sitokinin melimpah yang disebut zeatin dan dihyrozeatins.
  8. Menyehatkan Pencernaan sehingga dapat membantu anda bagi yang mengalami sakit mag, dan apalagi apabila daun kelor di ekstrak dapat membantu gangguan lambung seperti sembelit, gastritis, dan kolitis ulserativa.
  9. Menjaga fungsi otak melalui kandungan vitamin C dan E yang bisa memerangi stres oksidatif yang terkait dengan Alzheimer karean daun kelor meningkatkan dopamin dan serotonin (hormon bahagia).
  10. Mengobati Cacingan sudah lama menjadi manfaat dari daun kelor yang bisa dilakukan dengan cara merebus, menyaring dan air rebusan di minum setiap malam.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Ini 10 Fungsi Daun Kelor Untuk Kesehatan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *