Indonesia Sebagai Satu Kesatuan Ekonomi Adalah?


Indonesia Sebagai Satu Kesatuan Ekonomi – Indonesia merupakan negara yang bersifat multikultural yang mempunyai berbagai suku, ras, dan agama yang beragam. Selain itu, negara Indonesia disebut sebagai negara kepulauan karena diapit oleh 2 samudra dan 2 benua.

Bahkan Indonesia juga menjadi negara yang menjadi tempat strategi dalam perdagangan dunia. Ini menjadi penyebab mengapa pengaruh asing dapat mudah masuk ke negara Indonesia. Hal itu maka pentingnya seluruh warga untuk mempelajari mengenai apa yang dimaksud dengan wawasan nusantara.

Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia diri dan lingkungannya, dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Selain itu, wawasan nusantara juga merupakan cara pandang dan sikap Indonesia tentang lingkungannya yang bertumpu pada persatuan bangsa untuk mencapai tujuan nasional dan tetap menghargai kebhinekaan.



Realisasi wawasan nusantara dibutuhkan wadah dalam hal ini seluruh wilayah NKRI, dan yang kedua adalah isi yang merupakan cita-cita nasional dalam pemukaan UUD 1945 yang bersifat esensi.



Yang ketiga adalah realisasi aspirasi yang bersumber dari konsensus bersama dan yang terakhir adalah tata laku yang berasal dari hasil interaksi antara wadah dan isi yang mencerminkan jiwa, semangat dan mentalitas yang baik dari bangsa Indonesia.



Dari unsur tersebut tetap mematuhi kaidah atau ketentuan dasar yang ditaati dan dipelihara yang terkadang disebut dengan asas. Diketahui dalam wawasan nusantara terdapat asas kepentingan yang sama, keadilan, kejujuran, solidaritas, kesetiaan dan kerja sama.

Dengan asas tersebut, maka dalam pelaksanan wawasan nusantara diharapkan dapat berfungsi sebagai pedoman, motivasi, dorongan serta rambu dalam menentukan kebijaksanaan, keputusan dan tindakan baik itu ditingkat pusat, daerah dan seluruh rakyat Indonesia.

Dengan demikian, bisa dikatakan walaupun indonesia terdiri atas berbagai suku dan pulau, akan tetapi Indonesia masih tetaplah satu kesatuan yang terbagi atas 4 segi yaitu, politik, pertahanan dan keamanan, ekonomi sosial dan budaya.

Berbicara mengenai hal ini, yang menjadi salah satu topik penulis adalah indonesia sebagai satu kesatuan ekonomi. Adapun yang dimaksud dengan indonesia sebagai satu kesatuan ekonomi adalah:

Indonesia Sebagai Satu Kesatuan Ekonomi Adalah? (Foto: Artikelsiana.com)
Indonesia Sebagai Satu Kesatuan Ekonomi Adalah? (Foto: Artikelsiana.com)

Indonesia Sebagai Satu Kesatuan Ekonomi Adalah?

Dalam mewujudkan wawasan nusantara dalam kehidupan ekonomi akan menciptakan suatu tatanan ekonomi yang dapat menjamin pemenuhan dan meningkatkan kesejahteraan serta kemakmuran rakyat yang adil dan merata.

Selain itu, hal itu juga mencerminkan tanggung jawab dalam mengelola sumber daya alam yang melihat kebutuhan masyarakat setiap daerah secara timbal balik serta kelestarian sumber daya alam itu sendiri. Diketahui Indonesia sebagai satu kesatuan ekonomi merupakan perwujudan wawasan nusantara yang terdiri atas 3 makna yaitu:

  1. Bahwa kekayaan wilayah Nusantara baik potensial maupun efektif adalah modal dan milik bersama bangsa, dan bahwa keperluan hidup sehari-hari harus tersedia merata di seluruh wilayah tanah air.
  2. Tingkat perkembangan ekonomi harus serasi dan seimbang di seluruh daerah, tanpa meninggalkan ciri khas yang dimiliki oleh daerah dalam pengembangan kehidupan ekonominya.
  3. Kehidupan perekonomian di seluruh wilayah Nusantara merupakan satu kesatuan ekonomi yang diselenggarakan sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan dan ditujukan bagi sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Indonesia Sebagai Satu Kesatuan Ekonomi Adalah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *