Hubungan Antara Kelangkaan Dengan Permintaan dan Penawaran


Apa yang dimaksud dengan Kelangkaan ialah sebagai sesuatu persoalan ekonomi yang paling mendasar. Hal ini terjadi karena sifat dasar dari manusia, karena manusia memiliki keinginan yang tidak terbatas, sedangkan untuk sumber daya yang kesediaannya terbatas.

Selain itu, adanya kelangkaan ini bisa juga terjadi karena banyak orang yang mempunyai barang dan jasa yang pada sistem pengolahan dari sumber daya yang dikelola.

Terbatasnya sumber daya mendorong manusia melakukan seluruh usaha untuk bisa kelangkaan itu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dengan keterbatasan sumber daya yang terjadi, mendorong manusia untuk bisa melakukan usaha yang dimana dari kelangkaan itu tetap bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Faktor penyebab kelangkaan yang telah bisa terjadi karena ada penawaran dan permintaan terhadap barang dan jasa.

Penawaran terhadap barang dan jasa bisa melimpah manakalah terjadi pada daerah yang kelebihan hasil produksi. Kelebihan penawaran ini membuat harga barang pada daerah itu mempunyai harga yang murah.

Apabila ada daerah yang kekurangan sumber daya bisa menyebabkan terjadinya kelebihan permintaan yang membuat harga barang di suatu daerah yang kekurangan menjadikannya mahal.

Untuk mengatasi kelebihan penawaran ini maka suatu daerah membutuhkan kelebihan sumber daya dan kekurangan pada daerah yang kurang sumber daya dengan cara melakukan distribusi barang dan jasa. Pada saat ini melakukan kegiatan distribusi dapat dilakukan diantaranya melalui pasar.

Apa lagi fungsi pasar adalah tempat promosi, distribusi, dan menentukan harga. Maka ditempat inilah terjadi transaksi jual beli yang maksud dari hal ini maka pasar untuk mendistribusikan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen.

Hubungan antara pasar dan distribusi bisa ditinjau dari peran pasar saat mengirim barang dan jasa. Peranan hubungan pasar dengan distribusi antara lain;

Hubungan Antara Kelangkaan Dengan Permintaan dan Penawaran
Hubungan Antara Kelangkaan Dengan Permintaan dan Penawaran
  1. Mempermudah konsumen dalam mendapatkan barang konsumen.
  2. Membentuk terciptanya harga barang yang stabil karena proses penyaluran yang stabil.
  3. Produsen akan mempertahankan keuntungan dan penjualan produk. Keuntungan untuk produsen dengan adanya pasar dan distribusi akan membuat penjualan bertahan dengan stabil. Penjualan ini akan mempengaruhi keuntungan yang didapatkan
  4. Ketersediaan sumber daya merupakan hal penting dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat secara merata dengan harga terjangkau. Kelangkaan yang mendorong manusia melakukan kegiatan ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa dan kemudian mendistribusikan kepada masyarakat demi tercapainya kesejahteraan hidup manusia.

Jelaskan Hubungan Antara Kelangkaan Dengan Permintaan dan Penawaran

Kelangkaan suatu barang akan menyebabkan permintaan akan semakin naik, sedangkan jumlah penawarannya akan semakin rendah. Hal ini akan berdampak pada harga barang yang akan semakin mahal.

Demikianlah informasi mengenai Hubungan Antara Kelangkaan Dengan Permintaan dan Penawaran. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *