Apa Pengertian Operation System? Ini Arti & Fungsi-Fungsinya


Pengertian Operation System –¬†Operation System atau Sistem Operasi dalam komputer ini adalah perangkat lunak yang mempunyai fungsi dan tugas yang penting dalam kinerja komputer. Sebab tanpa Operation System atau sistem operasi maka sejumlah program atau sofware yang terdapat dalam komputer tidak bisa berjalan.

Inilah fungsi dasar dari operation system yang menjadi landasan bagi perangkat lunak atau Sofware bisa berfungsi. Selain itu, tidak hanya menjadi dasar saja, operation system atau sistem operasi juga menjadi perangkat yang mengatur kinerja hardaware dan sofware. Istilah lain dari kinerja operation system ini dikenal dengan Resource Manager. Operation System mengontrol perangkat seperti hardiks, memori, CPU dan perangkat keras lainnya. Bahkan pentingnya peran Operation System ini menjadi penghubung antara sofware dengan perangkat keras.

Selain itu, Operation System menjadi tempat berkumpulnya berbagai aplikasi atau program yang terdapat dalam satu wadah. Sampai saat ini perkembangan Opeation System sangat berkembang pesat dari tahun ke tahun dengan berbagai pembaharuan seperti yang terkenal adalah Microsoft Windows, LINUX, Mac OS.

Dari ketiga operation system yang terkenal itu menyajikan berbagai fitur-fitur yang menarik yang dimulai dari tampilan pada layar komputer ataupun pada gadget. Seperti untuk dari segi tampilan yang paling disukai adalah Microsoft Windows dan Mac Os karena berbagai sofware dapat berjalan lebih cepat dibandingkan biasanya.



Namun yang paling utama dari semua peran penting dari Operation System adalah keamanan. Apalagi saat ini ditengah era digital membuat segala aktivitas terhubung dengan internet yang diketahui ada banyak bahaya yang bisa didapatkan seperti pencurian data. Dalam problem ini, pemilihan Operation System yang tepat dapat membuat para pengguna untuk lebih tenang untuk mengakses jaringan internet seperti Operation System dari Windows macOS atau Apple ini dan juga dari LINUX. Berdasarkan dari pendapat dan penjelasan ini, lantas apasih yang dimaksud dengan pengertian operation system itu?



Pengertian Operation System Adalah?

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian Operating System (OS) adalah software yang mengatur atau mengontrol kerja hardware dan menjalankan aplikasi didalam suatu sistem komputer. Dulu, Operation System tidak seperti saat ini dengan berbagai fitur menarik seperti penjelasan diatas. Dalam sejarahnya pada 1945-1955 tercatat sebagai generasi pertama Operation System yang berkembangnya sistem komputasi elektronik pengganti mekanik.



Pada fase ini menjadi landasan dari lahirnya generasi kedua pada 1955-1965 dengan munculnya Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian dan bekerja secara berurutan. Namun pada generasi ini belumlah sempurna, barulah pada generasi 1965-1980 terdapat operation system apalagi pada era 1980an yang memulai debut dengan Graphical User Interface.

Apa Pengertian Operation System? Ini Arti & Fungsi-Fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Pengertian Operation System? Ini Arti & Fungsi-Fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)

Sampai pada perkembangan saat ini, Operation System telah bertranformasi menjadi sesuatu yang lebih maju dan fungsi-fungsinya lebih banyak dan lebih baik. Lantas demikian, apasih fungsi-fungsi dari Operation System itu?

Fungsi Operation System Adalah

Fungsi Utamanya adalah penghubung dan pemberi perintah antara hardware dan sofware serta menjadi koordinasi bagi setiap sofware. Selain itu secara terperinci, fungsi-fungsi dari operation system lainnya adalah:

  1. Resource manager, pengelolaan sumber daya dan mengalokasikannya. Contohnya adalah memori, CPU, Disk Drive dan perangkat lainnya.
  2. Optimizer adalah penjadwal masukan (input) oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi dan penggunaan.
  3. Interface, perantara antara pengguna dengan perangkat keras melalui tampilan yang user friendly.
  4. Server berfungsi untuk melayani pengguna komputer.
  5. Coordinator, mengkoordinasi dan menyediakan fasilitas.
  6. Gate Keeper, berfungsi sebagai pengendali hak akses oleh pengguna yang mengendalikan siapa saja yang berhak masuk ke dalam sistem dan mengawasi apa saja yang dilakukannya.
  7. Account berfungsi untuk mengatur waktu CPU, penggunaan memori, pemanggilan I/O, disk storage, dan waktu koneksi terminal.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Operation System? Ini Arti & Fungsi-Fungsinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *