Fungsi Utama Surat Pribadi Adalah? Ini Arti & 4 Fungsinya


Fungsi Utama Surat Pribadi Adalah – Setiap orang menyadari kalau interaksi dan segala macam kegiatan berawal dari bahasa. Tanpa bahasa maka segala hal didunia ini akan lumpuh. Itulah fungsi penting dari bahasa sebagai alat komunikasi, baik itu secara lisan maupun tulisan. Berbicara soal tulisan dalam hal ini menulis adalah juga pembelajaran yang penting untuk diajarkan apalagi untuk anak-anak yang duduk di bangku Sekolah Dasar. Sebab dalam menulis terdapat keterampilan yang penting dan keterampilan ini adalah dasar dari segala aktivitas yang kelak akan dilakukan.

Menulis bisa dikatakan tidak mudah sebab keterampilan ini bisa terjadi dari hasil mendengar, berbicara, dan membaca. Oleh karenanya, mengapa menulis didefinisikan sebagai aktivitas pengungkapan ide, gagasan, pengalaman seseorang yang melahirkan pikiran, perasaan,yang harus ditingkatkan untuk mengukur sejauh mana seseorang dapat mempergunakan bahasa dalam bentuk tulisan sehingga tulisan tersebut dapat dipahami oleh pembaca.

Catatan penting dari Purwo bahwa menulis bukan sekedar panjangnya tapi lebih kepada kejelasan isi tulisan serta pemilihan kata yang tepat. Apalagi ketika dalam menulis surat. Dalam penulisan surat juga dibutuhkan kemampuan yang tinggi, sebab tulis menulis surat juga mempunyai fungsi utama dalam kehidupan ini. Penulisan surat membutuhkan penyusunan kalimat yang baik, benar dan juga logis. Dalam penulisan surat terdapat jenis-jenis surat atau bentuk-bentuk didalamnya seperti surat resmi, surat dinas dan surat pribadi.

Pengertian Surat Pribadi Adalah?

Berbicara soal surat pribadi adalah surat yang berisi tentang persoalan pribadi yang dikirimkan kepada seseorang, kelompok dan organisasi. Dalam penulisan surat pribadi hal yang perlu diketahui bersama adalah ciri khas utama dari surat pribadi ini lebih kepada penulisan dan bahasa yang lebih komunikatif.



Merujuk definisi dari para ahli dalam hal ini Finoza dan Semi. Menurut Finoza (2009:11) arti surat pribadi adalah surat dari perseorangan kepada orang lain atau kepada organisasi. Dalam surat pribadi ini, langsung menuliskan dirinya dengan kata saya atau kata ganti orang pertama. Selain dari pada itu, surat ini tidak boleh diwakilkan oleh orang lain.



Sedangkan menurut Semi, (2008:87) bahwa pengertian “Surat pribadi ialah surat-surat yang isinya menyangkut masalah pribadi yang dikirimkan antara orang yang mempunyai hubungan pribadi seperti anggota keluarga, tetangga, orang sekampung, teman sepermainan, kawan satu kelas atau satu sekolah, rekan satu organisasi, dan hubungan cinta antara, seorang pria dengan wanita.”



Jenis-Jenis Surat Pribadi Adalah 

Perlu diketahui bersama bahwa dalam surat pribadi tidak melulu juga dengan bahasa sederhana atau bahasa komunikatif seperti biasanya dalam kehidupan sehari-hari, melainkan terkadang juga bisa digunakan bahasa yang sedikit kaku. Hal itu karena dalam surat pribadi terdiri atas 2 macam yaitu surat pribadi yang bersifat perorangan dan surat pribadi yang bersifat resmi. Adapun penjelasan dari kedua macam surat tersebut adalah:

  1. Surat pribadi yang bersifat perorangan adalah surat yang ditulis oleh seseorang yang ditujukan kepada teman, saudara, atau orangtua.
  2. Sedangkan surat pribadi yang bersifat resmi adalah surat yang ditulis oleh seseorang yang ditujukan kepada suatu organisasi atau kantor. Penulisannya sedikit lebih bersifat kaku.

Fungsi Surat Pribadi Adalah 

Selain dari pada jenis dari surat pribadi, juga terdapat fungsi utama surat pribadi. Sebagaimana topik pada kali ini yakni fungsi utama surat pribadi, penulis sedikitnya memaparkan 4 fungsi utama surat pribadi seperti dibawah ini:

    1. Untuk mengekspresikan perasaan karena surat pribadi banyak untuk keperluan personal.
    2. Menjadi wakil penulis karena dengan melalui surat maka hal tak bisa disampaikan secara lisan bisa disampaikan dengan tulisan dan lebih leluasa.
    3. Sarana penyampaian ide dan gagasan sebagaimana fungsi umum dalam menulis apalagi bisa secara bebas karena inilah sifat surat pribadi.
    4. Mengembangkan kemampuan bahasa dalam menulis karena tidak sedikit orang jika berbicara ia mampu namun dalam menulis ia lemah.

Petunjuk Menulis Surat Pribadi Adalah?

Dalam menulis surat pribadi terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan bersama-sama walaupun disebut-sebut bahwa surat pribadi ini penulisannya bersifat komunikatif. Hal itu sebagaimana diterangkan oleh Warsidi dan Farika (2009:34). Menurutnya terdapat 3 point yang harus diperhatikan yaitu:

    1. Bentuk dan isi surat bergantung kepada siapa surat itu ditujukan,
    2. Bahasa surat tidak harus resmi, tetapi tetap sopan,
    3. Bagian surat terdiri atas tanggal surat, tujuan, salam pembuka, isi surat, penutup surat, salam penutup, tanda tangan pembuat surat, nama pembuat surat.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Fungsi Utama Surat Pribadi Adalah? Ini Arti & 4 Fungsinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *