Fungsi Utama Sebuah Jembatan Adalah? Ini Arti & Penjelasannya


Fungsi Utama Jembatan Adalah – Seiring dengan bergulirnya pelaksanaan otonomi daerah, maka setiap daerah yang terdapat di wilayah Indonesia dituntut untuk mengembangkan daerahnya masing-masing. Salah satu caranya adalah dengan pembangunan fisik.  Pembangunan fisik adalah cara yang bisa memajukan suatu daerah. Dengan pembangunan tersebut, maka kegiatan akan berjalan lebih cepat dan tanpa hambatan. Selain itu dengan meningkatnya pembangunan fisik maka kebutuhan manusia juga semakin meningkat.

Melalui peningkatan aktivitas masyarakat, maka tidak jarang daerah mempunyai problem baru yang harus diatasi yang dalam bidang transportasi khususnya lalu lintas. Tidak jarang suatu daerah dengan perkembangan yang semakin pesat membuat beberapa daerah mengalami masalah kemacetan seperti ibu kota yang ada di Indonesia dalam hal ini Jakarta, Bandung, Bekasi, Bogor, Padang, Medan dan Makassar.

Maka dari itulah pentingnya pemerintah untuk memasukkan transportasi sebagai bidang prioritas. Transportasi menjadi urat penting dalam setiap bidang baik itu ekonomi, sosial, budaya, politik dan HANKAM. Tingkat pertumbuhan penduduk dan tingkat pertumbuhan ekonomi sangat mempengaruhi pertumbuhan lalu lintas dan peningkatan kebutuhan akan sarana dan prasarana transportasi. Salah satu sarana dan prasarana yang bisa mewujudkan hal itu adalah Jembatan. Apasih itu Jembatan?

Apa itu Jembatan?

Jembatan adalah istilah umum untuk konstruksi yang dibangun sebagai jalur transportasi yang melintasi sungai, danau, rawa, jurang maupun rintangan lainnya. Jembatan adalah peralatan tertua sebab dulu manusia telah membuat Jembatan dari balok kayu besar dan kuat untuk menyeberangi sungai kecil. Kebutuhan akan Jembatan bagi Indonesia adalah hal yang utama.



Keutamaannya dilihat dari geografis Indonesia yang menjadi negara kepulauan dan mempunyai banyak sungai sehingga kebutuhan akan jembatan yang fungsinya utamanya adalah untuk menghubungkan dua wilayah yang terpisah oleh sungai dan laut dapat terpenuhi.



Usaha yang bisa dilakukan untuk memperlancar antar daerah baik itu melalui darat adalah dengan membangun Jembatan dan memperbaiki jembatan yang rusak sehingga dapat menampung arus lalu lintas. Dengan perkembangan teknologi, maka fungsi Jembatan dapat lebih meningkat dalam hal ini untuk membuat aspek perencanaan, peralatan dan material bisa lebih baik agar fungsi hadirnya Jembatan dapat membuat masyarakat lebih nyaman dalam beraktivitas daerah yang terpisah.



Fungsi Sebuah Jembatan Adalah?

Membahas tentang fungsi jembatan diketahui terbagi dua yaitu fungsi utama dan fungsinya luasnya. Adapun fungsi utama sebuah jembatan adalah untuk menghubungkan dua wilayah atau lebih.

Selain itu terdapat beberapa fungsi jembatan secara luas dalam 5 bidang yaitu bidang sosial, ekonomi, fungsi budaya, fungsi politik dan fungsi HANKAM. Adapun penjelasan dari fungsi-fungsi jembatan tersebut adalah:

1. Fungsi Ekonomi

Ditinjau dari segi Ekonomi, fungsi jembatan adalah jarak tempuh antara pusat produksi dengan daerah pemasaran semakin dekat, waktu tempuh relatif singkat dan biaya transportasi yang dikeluarkan semakin kecil. Sehingga adanya penghematan jarak, waktu dan biaya yang dikeluarkan maka kemajuan ekonomi akan lebih mudah tercapai.

2. Fungsi Sosial

Bisa meningkatkan interaksi sosial yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat serta terdapat perasaan bahwa mereka adalah satu kesatuan wilayah karena bisa terhubung secara fisik.

3. Fungsi Politik

Secara politik, Jembatan berfungsi untuk memperlancar roda pemerintahan dan pengawasan dari perkotaan hingga daerah yang terisolir. Selain itu mempercepat aspirasi bisa tersalurkan dan terwujudkan dengan berupa suplay kepada masyarakat seperti sembako dan obat-obatan.

4. Fungsi Budaya

Dengan adanya jembatan maka akan mempermudah interaksi budaya daerah satu dengan daerah lainnya, sehingga akan memperkaya budaya masing-masing daerah.

5. Fungsi HANKAM

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Jembatan sangatlah penting karena meningkatkan keamanan dan pertahanan suatu negara sehingga hal yang tidak di inginkan di daerah terpencil dapat dengan mudah diatasi dengan pengerahan pasukan lebih cepat.

Contoh Soal

1. Fungsi utama sebuah jembatan adalah ….

    1. Untuk menyeberangi sungai
    2. Untuk menghubungkan dua wilayah atau lebih
    3. Untuk lewat manusia dan hewan
    4. Untuk penopang menuju tempat lain
    5. Untuk rekreasi

Jawabannya:

B. Untuk menghubungkan dua wilayah atau lebih

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Fungsi Utama Sebuah Jembatan Adalah? Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *