Fungsi Tulang Telapak Tangan Adalah? Ini Jawabannya


Fungsi Tulang Telapak Tangan  – Tulang yang terdapat dalam tubuh manusia saling menopang satu sama lain dan mempunyai fungsi dan peran yang berguna dalam pergerakan manusia setiap hari. Sehingga apabila ada yang bertanya mengenai tulang apakah yang penting dalam tubuh manusia, maka jawaban yang pantas adalah semua tulang dalam tubuh manusia sangatlah penting.

Sebab melihat dari fungsi dan perannya, setiap bagian-bagian tulang mau yang terbesar hingga terkecil sekalipun mempunyai fungsi masing-masing yang membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari, entah itu berolahraga, mengetik, bersantai, bermain gadget atau mengerjakan tugas apapun itu seperti halnya tulang yang terdapat pada tangan. Perlu diketahui bersama bahwa tangan punya banyak jenis dan bagian-bagian tulang yang begerak yang jika berada pada kondisi normal, maka fungsi dari tulang-tulang yang terdapat di tangan ini semuanya bekerja sama.

Bisa dikatakan bahwa tangan melakukan banyak hal, mulai dari gerak yang halus, cepat, lambat dan kasar. Salah satu tulang yang mempunyai fungsi kompleks adalah tulang telapak tangan. Tulang telapak tangan adalah tulang yang menghubungkan tulang pergelangan tangan yang disebut karpal dan tulang jari, yang disebut falang. Tulang-tulang ini disebut dengan tulang metakarpal.

Tulang Telapak Tangan Adalah Metacarpal

Jadi tulang telapak tangan itu adalah metacarpal yang menghubungkan pergelangan tangan dengan jari. Untuk ciri-ciri atau karakteristik tulang ini yang permukaan palmar sedikit cekung, sedangkan untuk permukaan dorsal adalah sebaliknya dan mempunyai kepala distal berbentuk segitiga.



Baca Juga: 

Fungsi Telapak Tangan Manusia



Dalam susunannya, metacarpal diberikan penomoran seperti metacarpal 1 ialah ibu jari, metacarpal ke-2 adalah jari telunjuk, metacarpal ke-3 adalah jari tengah, metacarpal ke-4 adalah jari manis dan metacarpal ke-5 adalah jari kelingking. Adapun yang dimaksud dengan karakteristik dari macam-macam metacarpal tersebut adalah:



1. Tulang Metacarpal Ibu Jari

Tulang ini adalah tulang pendek dengan gerak mobile yang berada lebih anterior dan diputar pada sudut kanan medial dengan sisi proksimalnya berbentuk pelana dan berartikulasi dengan tulang trapezium dari barisan tulang karpal bagian distal juga dengan distal dengan phalanx proksimal pertama.

Baca Juga:

Fungsi Tulang Jari Kaki Manusia Adalah? Ini 7 Fungsinya

2. Tulang Metacarpal Jari Telunjuk

Tulang dengan basis proksimal berbentuk takik yang menghubungkannya dengan tulang trapezium, tulang trapesium dan tulang kapitasi dari baris karpal distal, serta tulang metacarpal 3 pada aspek lateral. Ini mengartikulasikan distal di kepalanya dengan phalanx proksimal 2.

3. Tulang Metacarpal Jari Tengah

Tulang dengan basis proksimal kompleks karena berartikulasi dengan beberapa tulang tangan, bersama dengan tulang metakarpal 2 di sisi medial dan tulang metakarpal 4 di sisi lateral, di mana ada 2 sisi artikular. Umumnya, dasar dibentuk sebagai proses styloid pada aspek dorsoradial dan aspek artikular yang berkomunikasi dengan tulang kapitasi dari baris karpal distal. Kepala tulang metacarpal 3 secara distal menghubungkannya dengan phalanx proksimal 3.

4. Tulang Metacarpal Jari Manis

Kedua aspeknya bisa untuk mengartikulasikan dengan berbentuk kepala dan bengkok tulang dari baris carpal distal, serta 2 aspek kecil medial dan lateral untuk 3 dan tulang metakarpal 5. Secara jarak jauh ia menghubungkan kepalanya ke dasar falang proksimal keempat.

Baca Juga: 

[Jawaban] Fungsi Tulang Pergelangan Tangan dan Gambarnya

5. Tulang Metacarpal Jari Kelinking

Tulang ini berartikulasi secara proksimal dengan tulang hamate dari baris karpal distal dan secara medial dengan tulang metacarpal keempat. Secara distal kepalanya berartikulasi dengan phalanx proksimal kelima.

Fungsi Tulang Telapak Tangan Adalah?

Pada dasarnya, fungsi dari tulang telapak tangan atau metacarpal adalah sebagai jembatan antara pergelangan tangan dan jari, membentuk kerangka tangan. Bersama carpus, tulang telapak tangan ini berfungsi menyatukan tulang-tulang kecil dan besar di tangan manusia, menstabilkan sisi punggung dan palmar. Itulah mengapa sehingga manusia dapat bergerak dan mempunyai fungsi tangan dengan cepat.

Baca Juga:

[Jawaban] Fungsi Tulang Atas Manusia dan Gambarnya

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Fungsi Tulang Telapak Tangan Adalah? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *