Apa Fungsi Tulang Pendengaran? Ini Fungsi & Bagian-Bagian Telinga

Fungsi Tulang Pendengaran Telinga – Beruntung dengan adanya telinga, manusia bisa dapat mendengar percakapan, bunyi, suara, dan bunyi. Bayangkan apabila telinga tidak ada, atau telinga tidak berfungsi sebagaimana mestinya,

Betapa hambarnya hidup ini apabila telinga tidak bisa berfungsi sebab untuk apa mulut diciptakan untuk berbicara lantas tidak terdapat organ yang bisa menerima suara dari percakapan itu.

Sungguh sempurna pencipta dan manusia yang terdiri dari berbagai organ yang memiliki fungsi masing-masing yang saling berkaitan seperti halnya telinga.

Berbicara soal telinga, tahukah seperti apa yang terdapat dalam telinga? Anatomi telinga atau bagian-bagian telinga ini memiliki fungsi tersendiri agar fungsi utama telinga yaitu untuk mendengar melalui apa yang dikumpulkan dan memproses suara menjadi sinyal hingga sampai ke otak.

Selain itu, ternyata telinga juga berfungsi untuk menjaga tubuh tetap seimbang. Sehingga orang tersebut tidak terjatuh saat mengambil barang dari lantai, atau saat jongkok.

Bagian-Bagian Telinga Adalah? 

Dari fungsi-fungsi telinga itu diketahui dibantu dari bagian-bagian yang diketahui terdapat 3 bagian yaitu bagian luar, bagian tengah dan bagian dalam. Adapun penjelasan dari setiap bagian tersebut adalah:

1. Telinga Bagian Luar

Untuk bagian luar telinga yang bisa disaksikan secara fisik terdapat pinna dan lubang telinga. Pinna adalah Anatomi telinga bagian luar terdiri dari bagian telinga yang nampak secara fisik, yaitu pinna dan lubang telinga.

Pinna adalah daun telinga yang dapat terlihat dari luar yang menyerupai corong yang mengumpulkan gelombang suara dari sekitar dan meneruskannya ke dalam lubang telinga.

2. Telinga Bagian Tengah

Anatomi telinga bagian tengah terdiri dari lorong yang berisi udara di mana terdapat tiga tulang.  Adapun penjelasan tulang pendengaran dengan fungsinya adalah:

a. Tulang Martil (Malleus)

Yang dimaksud dengan bagian tulang pendengaran dalam hal ini tulang martil atau malleus adalah tulang berbentuk martil yang kecil serta menyusun tulang pendengaran pada telinga tengah yang terletak gendang telinga yang ada di dalam permukaan dalam dan ujung lainnya terletak di tulang landasan.

b. Tulang Landasan (Incus)

Arti dari tulang landasan atau incus adalah tulang berbentuk seperti landasan yang menghubungkan tulang martil dan tulang sanggurdi. Tulang ini berfungsi menghantarkan getaran suara dari gendang telinga ke tulang landasan.

c. Tulang Sanggurdi (Stapes)

Yang dimaksud dengan tulang sanggurdi atau stapes adalah tulang kecil yang paling ringan di tubuh manusia yang mirip sanggurdi kuda yang menjadi tulang pendengaran terakhir pada telinga tengah.

Tulang ini berfungsi menerima getaran suara dari tulang landasan dan diantar ke membran di telinga dalam melalui tingkap oval.

3. Telinga Bagian Dalam

Untuk bagian telinga dalam terdapat koklea, yang menjadi organ pendengaran yang sesungguhnya berbentuk seperti siput dan diisi oleh 2 jenis cairan, yaitu endolymph dan perilymph.

Area sekitar bagian ini, terdapat sel rambut halus. Fungsi dari sel itu adalah mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik di saraf pendengaran. Selain untuk mendengar, fungsi keseimbangan juga dijalankan di telinga bagian dalam.

Apa Fungsi Tulang Pendengaran? Ini Fungsi & Bagian-Bagian Telinga (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Fungsi Tulang Pendengaran? Ini Fungsi & Bagian-Bagian Telinga (Foto: Artikelsiana.com)

Fungsi Tulang Pendengaran Adalah 

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa fungsi tulang pendengaran yang utamanya adalah

Fungsi sebagai pengirim getaran suara dari gendang telinga melalui rongga telinga tengah ke jendela oval.

Bagaimana Proses Suara Bisa Terdengar?

Fungsi tulang pendengaran bisa terjadi karena dalam prosesnya, suara masuk ke telinga berbentuk getaran yang merambat ke saluran telinga hingga ke gendang telinga. Dengan rangkaian getaran gendang telinga itu pun dikirim menuju ke telinga bagian tengah yang diproses oleh Martil, Incus, dan Stapes.

Ketiga tulang itu meningkatkan kekuatan getaran suara dan menghantarkannya ke telinga bagian dalam untuk meneruskan energi dari gelombang suara ke cairan yang ada dalam bagian dalam yang terdapat koklea.

Pada bagian itu, terdapat sel rambut yang berfungsi sebagai sensor untuk mengubah getaran menjadi sinyal listrik yang ditransmisikan melalui saraf pendengaran menuju otak. Begitulah proses Anda dapat mendengar suara.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Fungsi Tulang Pendengaran? Ini Fungsi & Bagian-Bagian Telinga. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *