Fungsi Tulang Jari Kaki Manusia Adalah? Ini 7 Fungsinya


Fungsi Tulang Jari Kaki – Dalam tubuh manusia, setiap bagian yang terbesar hingga terkecil mempunyai beragam fungsi yang saling menguatkan satu sama lain. Fungsi tersebut menopang satu sama lain agar tubuh manusia dapat berjalan sebagaimana sistem yang telah ditetapkan baik itu sistem pernapasan, peredaran darah, pencernaan, ekskresi atau pengeluaran, sistem gerak, semuanya saling menopang satu sama lain sehingga manusia dapat dikatakan hidup.

Bahkan pada bagian-bagian terkecil sekalipun seperti fungsi pada tulang jari kaki. Tulang jari kaki adalah susunan tulang yang terletak di kaki dan terhubung dengan planter atau telapak kaki. Fungsi dari telapak kaki ini sendiri adalah sebagai tumpuan sehingga tubuh bisa seimbang dan berdiri tegak atau melakukan aktivitas sehari-hari.

Tanpa hal ini, maka seseorang tidak bisa berjalan ke sekolah, melakukan olahraga sepak bola atau berbagai hal yang menggunakan fungsi kaki. Tanpa ada telapak kaki beserta dengan jari kaki. Perlu diketahui bersama bahwa setiap tulang-tulang yang terdapat pada kaki manusia pada dasarnya saling terkait satu sama lain dan bekerja sama untuk menopang tubuh.

Jika demikian, maka terdapat fungsi tulang jari kaki dan seperti apakah fungsi dari tulang jari kaki itu sehingga dapat membantu telapak kaki dan kaki serta aktivitas manusia secara keseluruhan?.



Sebelum menyebutkan satu persatu mengenai apa saja fungsi dari tulang jari kaki, hal mendasar yang harus diperhatikan adalah tulang-tulang yang menyusun jari kaki sekalipun hanya bagian terkecil tetapi secara keseluruhan menjadi penentu optimalnya kinerja tubuh manusia. Dengan adanya tulang tersebut, manusia dapat bergerak secara optimal dan akan dapat melakukan seluruh aktivitas seperti sedia kala.



Hallux adalah sebutan untuk bagian utama pada jari kaki yang merupakan salah satu jari kaki yang mempunyai ukuran yang lebih besar apabila dibandingkan dengan jari kaki umumnya. Dalam bahasa sederhana Hallux disebut dengan istilah Jempol kaki atau Ibu jari kaki. Dari ukuran dan posisi jari kaki ini bukan sembarang tempat dan bukan tanpa sebab berada pada kondisi tersebut, lantaran ibu jari kaki ini adalah bagian yang susunannya disebut paling proksimal.



Setelah itu, untuk jari kaki yang kedua adalah jari kaki yang mempunyai ukuran lebih panjang yang biasa disebut dengan jari telunjuk kaki. Yang ketiga adalah bagian jari kaki yang berukuran pendek dibandingkan jari kaki sebelumnya dan dikenal dengan sebutan jari tengah kaki. Kemudian pada bagian jari kaki yang keempat yakni merupakan salah satu tulang yang berukuran lebih pendek dari jari tengah kaki dan disebut juga jari kaki cincin atau yang biasa disebut jari manis kaki.

Fungsi Tulang Jari Kaki Adalah?

Kemudian bagian yang selanjutnya ialah Jari kaki yang kelima dimana pada bagian ini ukuran sangat kecil dari pada bagian-bagian yang sudah kita jelaskan diatas dan biasa dikenal dengan sebutan jari kelingking kaki,yang letaknya berada dibagian terluar atau disebut (distal). Dari setiap jari kaki ini saling terkait satu sama lain dengan masing-masing yang saling bergerak dalam membentuk fungsi-fungsi seperti:

    1. Sebagai sistem alat gerak yang pasif
    2. Memproduksi sel darah pada sum-sum tulang
    3. Sebagai penimbun zat mineral seperti kalsium dan fosfat
    4. Melindungi organ tubuh
    5. Sebagai tempat melekatnya jaringan otot
    6. Sebagai penyokong tubuh
    7. Berfungsi untuk menegakkan tubuh

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Fungsi Tulang Jari Kaki Manusia Adalah? Ini 7 Fungsinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *