Apa Fungsi & Tujuan Gerakan Pramuka? Ini Arti & Penjelasannya


Tujuan Gerakan Pramuka Adalah – Membahas tentang pramuka ada banyak hal yang bisa dikupas bersama seperti dari sejarah gerakannya di dunia, di Indonesia dan dari asas, fungsi, tujuan dan prinsip dasar kepramukaan. Itulah mengapa gerakan pramuka sampai saat ini masih banyak yang berminat untuk ikut dan terlibat langsung dalam struktur serta kerja-kerja kepramukaan ditengah serba modern.

Pramuka yang terngiang dalam pikiran setiap orang adalah berkemah dan seputar tentang kode atau sandi-sandi yang sangat banyak dalam pramuka dan yang paling terkenal dan sulit untuk dipelajari adalah sandi morse. Walaupun punya banyak kesulitan, akan tetapi sandi morse ini diketahui terdiri dari alfabet atau sinyal yang disepakati bersama dan ciptakan oleh Samuel F.B. Morse dan Alfred Vail pada tahun 1835.

Kepopuleran gerakan ini sampai terdapat 200 negara dan wilayah yang menggeluti gerakan pramuka dan diantara hal itu terdapat kurang lebih 40 juta anggota Pramuka. Dalam pramuka juga terdiri atas anak muda dan orang dewasa, lakilaki dan perempuan. Selain itu 500 juta orang pernah menjadi pramuka termasuk orang-orang yang pernah terkenal di bidangnya.

Beruntung dengan adanya gerakan yang dibentuk atau didirikan Lord Baden Powel yang apabila ditanya kapan berdirinya gerakan pramuka di dunia ini berawal saat pendiri pramuka Baden Powel melaksanakan perkemahan pertamanya bersama 22 anak laki-laki pada tanggal 25 Juli 1907 di Pulau Brownsea, Inggris selama 8 hari.



Dan segala sesuatu yang terjadi saat itu menjadi dampak yang besar bagi sejarah Pramuka Dunia. Sedangkan apabila berbicara soal di Indonesia, dalam sejarahnya terbentuk pertama kali pada 26 Mei 1961 yang pendirinya adalah Sultan Hamengkubuwana IX. Sultan Hamengkubuwana IX ini juga tercatat sebagai bapak pandu Indonesia.



Selain itu dalam pramuka terdapat sifat yang melekat dalam setiap anggota pramuka yang termuat dalam resolusi Konferensi Kepanduan Sedunia tahun 1924 di Kopenhagen, Denmark. Dalam konferensi tersebut terdiri 3 sifat atau ciri khas dari anggota pramuka yaitu nasional, internasional dan universal. Arti nasional adalah organisasi kepanduan di suatu negara harus sesuai dengan keadaan, kebutuhan, dan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.



Selain itu arti sifat internasional adalah organisasi kepanduan di dunia ini membina dan mengembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan antar sesama pandu dan sesama manusia. Sedangkan arti universal adalah kepanduan ada dimana saja dan bangsa mana saja yang memegang prinsip dasar dan metode kepanduan.

Tidak hanya sifat anggota pramuka yang khas, untuk tujuan dan fungsi dari gerakan pramuka juga demikian. Sejalan dengan hal itu, penulis juga membahas mengenai fungsi dan tujuan gerakan pramuka. Adapun penjelasannya adalah:

Tujuan Gerakan Pramuka Adalah? 

Gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia dengan tujuan agar:

    1. Anggotanya menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya.
    2. Anggotanya menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya.
    3. Anggotanya menjadi manusia yang kuat dan sehat fisiknya.
    4. Anggotanya menjadi manusia yang menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia; sehingga menjadi angota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelanggarakan pembangunan bangsa dan negara.

Tujuan tersebut merupakan cita-cita Gerakan Pramuka. Karena itu semua kegiatan yang dilakukan oleh semua unsur dalam Gerakan Pramuka harus mengarah pada pencapaian tujuan tersebut.

Fungsi Gerakan Pramuka

Dalam mencapai tujuan pramuka tersebut, maka terdapat gerakan atau program yang harus dilakukan. Berkenaan dengan hal itu, pada pasal 3 UU No.12 Tahun 2010, setidaknya terdapat 4 fungsi yang bisa dilakukan dalam mencapai tujuan pramuka seperti diatas. Adapun fungsi gerakan pramuka itu adalah:

    1. Pendidikan dan pelatihan pramuka.
    2. Pengembangan pramuka.
    3. Pengabdian masyarakat dan orang tua; dan
    4. Permainan yang berorientasi pada pendidikan.
Fungsi pramuka dan tujuan pramuka (foto: artikelsiana.com)
Fungsi pramuka dan tujuan pramuka (foto: artikelsiana.com)

 

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Fungsi dan Tujuan Gerakan Pramuka? Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *