Apa Fungsi Test Pen Yang Sebenarnya? Ini Fungsi & Penjelasannya


Fungsi Testpen Adalah – Sebenarnya testpen adalah alat yang terdiri atas 2 kata yaitu test yang berarti uji dan pen adalah pulpen. Sehingga alat ini adalah berbentuk pulpen. Secara umum, pengertian Testpen adalah alat yang di pakai yang berfungsi untuk mengecek atau mengetahui ada tidaknya suatu tegangan listrik.

Dalam penggunaan testpen dikatakan erat kaitannya dengan alat yang dipakai seorang teknisi listrik, namun sebenarnya testpen adalah alat yang perlu disediakan disetiap rumah sebab berfungsi dan berguna dalam menghindari bahaya listrik atau dapat tersetrum.

Dengan adanya testpen, seseorang dapat dengan mudah untuk memeriksa peralatan listrik yang kurang baik dan lembab, tanpa memanggil para teknisi, hanya dengan mengetahui hal-hal dasar dalam penggunaan testpen siapapun dapat mengetahuinya.

Seperti saat ada peralatan listrik yang terkelupas atau terputus, dapat dengan menggunakan testpen. Dengan testpen juga seseorang bisa mengetahui mana kabel yang barus diganti atau tidak, sehingga tidak membuat seseorang menjadi rugi atau mubassir.



Rangkaian Tespen berbentuk obeng yang mempunyai mata minus (-) berukuran kecil pada bagian ujungnya yang disebut dengan test probe. Melalui bagian inilah, yang bersentuhan dengan benda yang diuji.Tespen juga memiliki jepitan seperti pulpen sebelumnya dan di dalamnya terdapat led yang mampu menyala sebagai indikator tegangan listrik.



Jadi pada dasarnya, yang dimaksud Test Pen secara sederhana adalah alat ukur yang dipakai mengetahui dan mengecek apakah sebuah penghantar listrik itu mempunyai tegangan listrik atau tidak. Yang dimaksud dengan penghantar listrik adalah Kabel listrik, Kawat listrik maupun Stop Kontak listrik.



Cara Menggunakan Test Pen Adalah?

Cara Penggunaan Test Pen boleh dikatakan sangat sederhana dan mudah. Hanya dengan beberapa langkah, kita dapat mengetahui apakah sebuah Stop Kontak listrik atau Kabel Listrik yang bersangkutan dialiri listrik atau tidak.

Tujuan pengetesan ini untuk menghindari sengatan listrik yang berbahaya bagi kesehatan dan bahkan terjadinya kematian.

Pengertian Test Pen (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Test Pen (Foto: Artikelsiana.com)

Sehingga mengetahui cara menggunakan alat test pen adalah hal yang penting. Adapun tata cara dalam memakai alat ini sangatlah sederhana dan mudah.

  1. Pertama hanya dengan mengambil test pen dan pegang test Pen itu dengan ujung-ujung jari tangan.
  2. Letakan ujung jari telunjuk pada bagian atas Test Pen (ujung jari telunjuk harus tersentuh pada bagian besi di atas Test Pen tersebut).
  3. Tempelkan bagian ujung Test Pen (bagian bawah yang biasa berbentuk Minus Obeng) ke sumber listrik yang akan diuji.
  4. Perhatikan Lampu Indikatornya. Jika Lampu Indikator Menyala maka Kabel listrik atau penghantar listrik itu sedang dialiri arus listrik atau bisa dikatakan terdapat Tegangan.
  5. Namun apabila Lampu Indikator tidak Hidup atau off, maka kabel listrik tidak terdapat tegangan atau tidak dialiri listrik.

Perlu diketahui bersama bahwa dalam test pen terdapat tulisan yang tertera 100-500V yang artinya adalah tegangan minimal yang bisa diukur hanyalah 100Vac dan tegangan maksimal yang bisa diukur dari test pen adalah 500Vac.

Sehingga apabila terdapat test pen atau ada tegangan yang ingin diukur melalui test pent, ketahui dulu berapa volt yang tertera.

Fungsi Test Pen Adalah?

Apa Fungsi Test Pen Yang Sebenarnya? Ini Fungsi & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Fungsi Test Pen Yang Sebenarnya? Ini Fungsi & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Berdasarkan penjelasan diatas, maka fungsi test pen sebagaimana topik pada kali ini yang berjudul Apa Fungsi Test Pen Yang Sebenarnya? Ini Fungsi & Penjelasannya yang jawabannya adalah:

Fungsi Tespen yaitu untuk mengetahui ada tidaknya tegangan listrik pada suatu benda, mesin dan sebuah rangakain listrik ada daya listrik atau tidak, fungsi lainnya yaitu untuk membuka skrub dari komponen alat listrik.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Fungsi Test Pen Yang Sebenarnya? Ini Fungsi & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *