Fungsi Retikulum Endoplasma Adalah? Ini Jawaban & Pengertiannya


Membahas mengenai Retikulum Endoplasma tidak terlepas dari pada pembahasan Sel. Olehnya itu tahukah anda apa itu Sel?. Dalam sejarahnya, Sel pertama kali ditemukan oleh Robert Hook pada tahun 1665.

Saat itu, berawal dari pengataman sayatan gabus dengan mikroskop sederhana. Mathias Schleiden dan Thomas Schwann mempelajari bagian-bagian tumbuhan dan hewan. Kedua ilmuwan tersebut mengamati bahwa tumbuhan dan hewan tersusun atas sel.

Dalam pengamatannya, disimpulkan bahwa sel adalah unit terkecil penyusun organisme atau sel adalah bagian terkecil makhluk hidupn melihat adanya ruangan kecil yang berderet. Ruangan kecil itu disebut dengan sel.

Pada tahun 1839, setiap sel yang hidup mempunyai membran dan cairan yang disebut sitoplasma. Selain memilIki membran dan sitoplasma, setiap sel memiliki Inti (nukleus) atau bahan inti. Berdasarkan ada tidaknya membran yang melindungi bahan inti, sel dapat dibedakan menjadi dua, yaitu prokariot dan eukariot.



Sedangkan apabila melihat dari banyaknya sel penyusun tubuh, organisme dibagi menjadi 2 kelompok yaitu uniseluler dan multiseluler. Dalam struktur sel, terbagi atas 2 yaitu membran sel dan protoplasma. Dalam protoplasma ini terdapat banyak organel-organel sel beserta fungsinya.



Adapun Organel yang terdapat di dalam sel diketahui terdapat membran sel, sitoplasma, inti sel, mitokondria, ribosom, retikulum endoplasma (RE), badan golgi, lisosom, sentriol, vakuola, plastida, dan dinding sel.



Sejalan dengna hal itu, pada kali ini penulis akan membahas mengenai salah satu organel sel dalam hal ini adalah retikulum endoplasma. Apasih yang dimaksud dengan retikulum endoplasma itu dan seperti apa fungsi dari retikulum endoplasma?.

Apa Pengertian Retikulum Endoplasma (RE) Adalah?

Yang dimaksud dengan pengertian Retikulum Endoplasma atau disebut endoplasmic reticula adalah organel yang ditemukan pada semua sel eukariotik yang membentuk labirin membran.

Perlu diketahui bersama bahwa Retikulum Endoplasma atau disingkat RE adalah labirin membran yang banyak sehingga itulah mengapa RE banyak terdapat dan bisa dikatakan separuh lebih dari total membran dalam sel-seleukariotik.

Atau bisa juga secara sederhana reticulum yang diartikan sebagai “jaringan kecil” ini merupakan perluasan selubung nukleus dari jaringan saluran bermembran dan vesikel yang saling terhubung.

Diketahui juga bahwa retikulum endoplasma terbagi atas dua yaitu retikulum endoplasma kasar dan retikulum endoplasma halus. Adapun yang dimaksud dengan kedua jenis tersebut adalah:

1. Retikulum Endoplasma Kasar

Retikulum ini permukaannya banyak ditempeli ribosom yang mensintetis protein dengan tujuan tertentu bisa di organel tertentu atau di membran. Protein yang terbentuk akan ke lumen yang mengalami pelipatan dan dimodifikasi dengan tambahan karbohidrat untuk membentuk glikoprotein. Lalu dipindahkan ke dalam vesikel kecil dan bergabung dengan organel sel yang berperan lebih lanjut dalam modifikasi dan distribusi.

2. Retikulum Endoplasma Halus

RE ini permukaannya tidak mempunyai ribosom sehingga hanya berfungsi dalam sintesis lipid komponen membran sel. Dalam jenis sel tertentu, misalnya sel hati, membran retikulum endoplasma halus mengandung enzim yang mengubah obat-obatan, racun, dan produk sampingan beracun dari metabolisme sel menjadi senyawa-senyawa yang kurang beracun atau lebih mudah dikeluarkan tubuh.

Fungsi Retikulum Endoplasma Adalah?

Adapun fungsi dari retikulum endoplasma diketahui terbagi atas 5 fungsi yaitu:

    1. Tempat menyimpan kalsium yang akan menuju ke sitosol apabila terjadi kontraksi
    2. Memodifikasi protein yang disintesis oleh ribosom disalurkan ke kompleks golgi dan akhirnya dikeluarkan dari sel,
    3. Mensintesis lemak dan kolesterol di RE Kasar
    4. Menetralkan racun (detoksifikasi) misalnya RE di dalam sel-sel hati
    5. Alat transportasi molekul-molekul dari bagian sel yang satu ke bagian sel yang lain

Demikianlah informasi mengenai Fungsi Retikulum Endoplasma Adalah? Ini Jawaban & Pengertiannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *