Fungsi Pers Indonesia Pada Masa Pergerakan Nasional Adalah?


Fungsi Pers Indonesia Pada Masa Pergerakan Nasional –¬†Perkembangan pers di Indonesia bermula pada abad ke-18 yang dikenalkan oleh Belanda. Surat kabar pertama waktu itu hanyalah sebagai corong politik pemerintah Belanda. Diantaranya adalah Kort Beiricht Eropa, Bataviase Nouvelles, Vendu Nieuws, dan Bataviasche Koloniale Courant. Pada awal abad ke-20 menjadi tanda tumbuhnya pergerakan nasional di Indonesia. Penyebab tumbuhnya kesadaran itu karena kesadaran untuk maju, sejahtera dan merdeka.

Setelah sejauh lama dijajah oleh bangsa Indonesia dari yang tercera berai, menjadi satu menjadi kelompok yang terus menuju ke arah pencarian identitas dan integrasi nasional. Keterlibatan pers Indonesia secara langsung terjadi sejak abad ke-19. Surat kabar yang diterbitkan pertama kali adalah mingguan Bromartani yang terbit tahun 1855 di Surakarta.

Berbagai usaha dan upaya dilakukan Indonesia melalui tema yang sangat terkenal yaitu pergerakan nasional. Sebab kebijakan-kebijakan yang berkemanusiaan dan dengan kebijakan politik etis yang dikenalkan Belanda tahun 1901 secara tidak langsung membentuk stratifikasi sosial antara golongan elite modern atau priayi baru. Dengan tingkat pendidikan yang tinggi, maka upaya untuk mewujudkan perubahan sosial dan cita-cita perlu diwujudkan.

Golongan itu menjadi agen dari pergerakan nasional. Ada banyak hal yang mereka lakukan mulai dari membentuk organisasi, forum dan diskusi serta bergerak dalam membentuk pers sebagai media komunikasi modern. Melalui hal itu, organisasi pergerakan nasional dan pers menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Sebagai upaya untuk menampung aspirasi dari setiap masyarakat dan memperjuangkan, maka diperlukan wadah yang mampu menggalang dan menyatukan suara tersebut yakni Media Massa (Pers).



Pada masa pergerakan nasional, pers yang bernafaskan perjuangan mulai muncul. Munculnya beberapa organisasi pergerakan pemuda telah membuat keberadaan pers Indonesia menjadi semakin meningkat. Beberapa surat kabar yang beredar adalah Harian Sedio Tomo yang diterbitkan oleh Boedi Oetomo di Jogjakarta tahun 1920, Harian Darmo Kondo yang dipimpin oleh Soedarjo Cokrosiswono, Harian Utusan Hindia yang terbit di Surabaya dan dipimpin oleh H.O.S Tjokroaminoto dan lain-lainnya.



Tidak hanya sampai disana, perkembangan pers juga terus berlanjut hingga masa kemerdekaan dan masa sekarang. Pada masa sebelum kemerdekaan pers atau media massa digunakan sebagai alat propaganda dan perjuangan untuk menumbuhkan jiwa. Tujuan memakai media massa atau pers salah satunya adalah agar setiap orang dapat menjangkau lapisan masyarakat.



Pers menjadi sarana komunikasi dan informasi yang tidak memandang golongan pada saat itu serta menjadi sarana hiburan. Saat masa pergerakan nasional, Pers banyak menyampaikan mengenai sosial kemasyarakatan dan kolonialisme sampai pada perkembangan bidang intelektual dan pergerakan kaum muda. Bahkan pers menjadi alat untuk propaganda oleh militer jepang pada masa pendudukan Jepang di Indonesia.

Oleh sebab itu maka peran serta Pers dalam perjuangan kemerdekaan sangatlah besar, hal tersebut dikarenakan informasi-informasi yang diberikan menyajikan berita-berita
yang berpengaruh pada tumbuhnya jiwa nasionalisme dan semangat juang dalam mencapai Kemerdekaan Republik Indonesia. Berdasarkan dari itu pada kali ini, penulis akan menyampaikan mengenai fungsi-fungsi pers Indonesia pada masa pergerakan nasional adalah:

Fungsi Pers Indonesia Pada Masa Pergerakan Nasional Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas dan dari informasi yang dapat dihimpun penulis, maka peran dan fungsi pers Indonesia pada masa pergerakan nasional adalah?

    1. Menyadarkan masyarakat/bangsa Indonesia bahwa kemerdekaan adalah hak yang harus diperjuangkan
    2. Membangkitkan dan mengembangkan rasa percaya diri, sebagai syarat utama memperoleh kemerdekaan
    3. Membangkitkan dan mengembangkan rasa persatuan
    4. Membuka mata bangsa Indonesia terhadap politik dan praktek kolonial Belanda.
    5. Menyatukan suara-suara masyarakat untuk melawan.
    6. Menginformasikan tentang penjajahan yang dilakukan bangsa penjajah.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Fungsi Pers Indonesia Pada Masa Pergerakan Nasional Adalah?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *