Fungsi Pengemasan Dalam Suatu Produk Adalah? Ini 6 Fungsinya


Fungsi Pengemasan – Di era modern saat ini, ada banyak produk yang mempunyai kemasan cantik, indah dan penuh tanda tanya. Dari hal itu sehingga tidak jarang seseorang terpengaruh untuk membeli produk tersebut, seperti produk makanan, pangan dan pertanian dll. Contohnya saja kemasan dari makanan MCD, atau kemasan dari minuman seperti ultramilk, susu beruang, atau yang sekarang trending adalah kemasan milkshake. Berbagai upaya itu sah-sah saja dilakukan dan memang setiap perusahaan produk makanan, minuman, pangan dan pertanian saling berlomba-lomba agar melalui kemasannya produk mereka akan laku.

Kalau hanya melakukan pengemasan yang asal mengemas tanpa memikirkan warna, bentuk dan desain serta keunikan dalam kemasannya, maka yakin dan percaya produk yang mereka jual tidak akan laku dipasaran. Sebab fungsi dari kemasan salah satunya adalah untuk menarik pembeli sebanyak-banyak yakni promosional sesuai dengan ungkapan Simamora (2007). Selain berfungsi sebagai promosional, juga menurut Simamora bahwa pengemasan berfungsi untuk protektif atau untuk menjaga produk agar tetap aman, aman dari iklim, transportasi dan saat distribusi yang bisa berdampak pada produk. Sehingga dengan pengemasan yang baik, maka produk yang dibeli oleh konsumen tidak akan cacat dan rusak. Dengan kemasan yang baik, maka kualitas produk makanan dan minuman bisa terjaga.

Bahkan, jika hanya mengemas biasa-biasa saja, maka produk yang diproduksi tidak akan diterima oleh pasar dan bahkan legalitas atau ijin untuk menjual barang tersebut tidak akan dikeluarkan oleh pemerintah. Sebab melalui dari pengalaman penulis sendiri mendampingi teman untuk mendaftarkan produknya, dari cita rasa dan kandungan didalamnya telah mendapatkan persetujuan dari pemerintah, namun karena kemasan yang tidak baik dimana produk tersebut akan berubah dan rusak apabila terkena berbagai gangguan, sehingga kemasan produk itu diganti dengan yang lebih berkualitas.

Pengertian Pengemasan Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Pengemasan adalah pembungkusan, pewadahan atau pengepakan dan pengawetan produk untuk mencegah terjadinya kerusakan pada bahan yang dikemas atau dibungkus. Walaupun diketahui bersama, bahwa setiap yang ada di alam ini juga memiliki kemasan tersendiri seperti jagung dengan kelobotnya, buah-buahan dengan kulitnya, kelapa dengan sabut dan tempurung dll, dan bahkan manusia juga memakai kemasan yakni kulit dan rambut agar tidak mudah terserang penyakit, dan terlihat anggun dan menarik.



Saat ini industri kemasan semakin maju seiring dengan pesatnya kemajuan ilmu dan teknologi. Ruang lingkup bidang pengemasan juga semakin kompleks dengan varian model dan bentuk yang semakin menarik dan canggih. Bahan-bahan pengemasan juga demikian, ada yang dari bahan kertas, plastik, gelas, logam, dan fiber.



Fungsi dari pengemasan sangatlah penting, karena bukti berkualitasnya produk tersebut salah satunya dari kemasannya, karena kualitas produk tersebut tidak akan berubah membuat gizi dari produk itu masih tetap terjaga. Berbeda halnya dengan pengemasan yang terdiri dari bahan seperti papan kayu, karung goni, kain, kulit kayu, daun-daunan dan pelepah dan bahkan sampai barang-barang bekas seperti koran dan plastik bekas yang tidak etis dan hiegenis juga digunakan sebagai bahan pengemas produk.



Fungsi Pengemasan Dalam Suatu Produk Adalah? Ini 6 Fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)
Fungsi Pengemasan Dalam Suatu Produk Adalah? Ini 6 Fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)

 

Fungsi Pengemasan Adalah?

Pengemasan mempunyai fungsi utama seperti untuk mewadahi dan melindungi produk dari kerusakan sehingga dapat lebih mudah diangkut dan dipasarkan. Namun selain dari pada itu, pengemasan juga mempunyai fungsi-fungsi yang lebih terperinci.

Melalui dari fungsi pengemasan, semoga bisa membuka pikiran setiap orang untuk lebih memperhatikan tentang pentingnya pengemasan dalam suatu produk, produk apapun itu. Adapun fungsi pengemasan itu tersebut adalah:

    1. Melindungi dan mengawetkan produk agar terlindung dari sinar ultraviolet, panas, benturan, oksigen, mikroba dll.
    2. Membuat produk agar lebih terlihat menarik
    3. Sebagai sarana informasi dan iklan bagi para pembeli.
    4. Meningkatkan efisiensi baik dari segi penghitungan produk, pengiriman dan juga penyimpanan.
    5. Untuk memberikan kenyamanan bagi para konsumen.
    6. Sebagai pembeda dengan produk lain.

Mengapa Kemasan Memiliki peran Penting Dalam Pemasaran Suatu Produk? 

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa peran penting kemasan dalam pemasaran suatu produk karena kemasan mempengaruhi minat konsumen agar tertarik dan menjadi faktor penting bahwa produk tersebut hiegenis dan berkualitas baik dari segi bahan, proses dan legalitas dari pembuat produk tersebut. Itulah mengapa kemasan mempunyai peran penting dalam pemasaran suatu produk.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Fungsi Pengemasan Dalam Suatu Produk Adalah? Ini 6 Fungsinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *