Apa Fungsi Panelis Dalam Debat Adalah? Ini Fungsinya

Fungsi Panelis Dalam Debat Adalah – Biasanya debat adalah ajang yang seru dan menarik untuk disimak lantaran dalam debat terdapat topik, kontestan, konteks, cara strategi, dan bahkan tata cara yang menjadi daya tarik untuk datang menyaksikan debat ini.

Sedangka bagi peserta sendiri, memenangi debat adalah suatu kesyukuran dan kebanggaan besar terhadap kepercayaan diri dalam membangun dan meningkatkan kualitas diri. Dari hal itu, maka tidak sedikit mengapa terdapat pernyataan maupun juga pertanyaan yang terkesan menyerang lawan.

Hal itu dilakukan karena tujuannya adalah untuk mematikan gerak lawan. Biasanya Manuver serangan itu didukung oleh atau dari adanya data dan fakta maupun juga dari asumsi pribadi. Tentunya, dengan memberikan kemenangan debat akan membawa keuntungan seperti mendapatkan pujian dari berbagai kalangan bahkan bisa menambah jumlah pendukung atau simpatisan.

Hal itu karena yang dimaksud dengan debat adalah kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan atau kelompok, dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan.

Biasanya, dalam instutisi legislatif seperti yang ada di parlemen, debat banyak dilakukan khususnya yang ada di negara-negara yang memakai sistem oposisi. Dalam hal ini, debat dipakai untuk menuruti aturan-aturan yang jelas dan hasil dari debat dapat melalui [voting].

Contoh yang lain dari debat yang diselenggarakan secara formal adalah debat antar kandidat legislatif dan debat antar calon presiden/wakil presiden yang umum diselenggarakan atau dilakukan saat menjelang pemilihan umum.

Pengertian Debat Adalah?

Dalam bahasa Inggris, istilah debat adalah “debate”. Istilah ini erat kaitannya dengan sawala yang berasal dari bahasa Kawi. Arti dari kata ini adalah berpegang teguh pada argumen tertentu dalam strategi bertengkar untuk mengalahkan atau memenangkan lidah.

Sedangkan menurut para ahli dalam hal ini Henry Guntur Tarigan yang mengatakan bahwa yang dimaksud dengan debat adalah suatu argumen untuk menentukan baik tidaknya suatu usul tertentu yang didukung oleh satu pihak yang disebut pendukung atau afirmatif, dan ditolak, disangkal oleh pihak lain yang disebut peyangkal atau negatif.

Selain itu, seperti yang disampaikan oleh Dori Wuwu Hendrikus bahwa arti dari debat adalah saling adu argumentasi antar pribadi atau antar kelompok manusia, dengan tujuan mencapai kemenangan untuk satu pihak.

Tujuan dari debat sendiri adalah upaya kedua belah pihak yang mencoba membangun suatu kasus dengan didukung oleh argumen–argumen yang mendukung kasus mereka dimana cara membuat satu argumen yang baik dan benar adalah suatu argumen selalu berdasarkan pada pertanyaan–pertanyaan dasar berupa; Apa (What),Mengapa (Why), Bagaimana (How), dan Kesimpulannya (So What is The conclusion).

Fungsi Panelis Dalam Sebuah Debat Adalah?

Apa Fungsi Panelis Dalam Debat Adalah? Ini Fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Fungsi Panelis Dalam Debat Adalah? Ini Fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)

Adapun fungsi panelis dalam sebuah debat adalah:

Panelis bertindak layaknya seperti peran dari narasumber. Kehadiran mereka berperan penting dalam memberikan klarifikasi data yang diberikan pihak yang menyajikan opini dalam debat.

Debat sendiri adalah sebuah kegiatan adu gagasan. Tindakan ini dilakukan demi menentukan kebenaran dari sebuah gagasan tentang mosi yang diangkat. Maka dari itu, kehadiran panelis dianggap penting sebab bisa membantu menilai perihal kebenaran informasi yang disuguhkan.

Hal itu karena tugas atau fungsi dari seorang panelis dalam debat adalah menyampaikan permasalahan sekaligus beberapa alternatif pemecahannya. Seorang panelis atau narasumber harus siap memberikan jawaban atas pertanyaan dari peserta diskusi.

Hak seorang panelis dalam sebuah diskusi adalah dia berhak untuk menyampaikan pendapat atau pandangannya terhadap suatu masalah yang sedang di bahas.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Fungsi Panelis Dalam Debat Adalah? Ini Fungsinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *