Fungsi Organisasi Internasional & Tujuan Organisasi Internasional Adalah?


Fungsi & Tujuan Organisasi Internasional –¬†Secara umum, yang dimaksud dengan organisasi internasional adalah organisasi yang terbentuk dari jalinan kerjasama banyak negara yang tujuannya menciptakan perdamaian dunia.

Masa sekarang ini, ada banyak organisasi internasional, apalagi yang populer bagi setiap orang adalah APEC dan OPEC. Selain itu, ada juga organisasi internasional yang sifatnya pada kesamaan wilayah, seperti ASEAN.

Dalam ASEAN sebagai organisasi internasional mencakup banyak negara-negara di Asia Tenggara. Organisasi ini tidak hanya mengurusi pada penyelesaian masalah antar negara, melainkan juga berfungsi dan bertugas banyak hal.

Apalagi ASEAN juga membahas mengenai keolahragaan yang biasa digelar dan menjadi ajang yang banyak diikuti oleh negara dari organisasi internasional itu. Selain itu, ada juga organisasi yang mencakup kesamaan budaya seperti organisasi internasional Liga Arab.

Organisasi Liga Arab ini menghimpun berbagai negara-negara di timur tengah. Hampir sama dengan ASEAN, organisasi ini juga memiliki peran yang banyak apalagi persoalan yang baru-baru ini dan selalu terjadi adalah antara israel dan Palestina.

Liga Arab beberapa kali turut andil dalam mempengaruhi kebijakan yang ada mengingat pertentangan tersebut berkenaan soal negara Islam yakni Palestina dan Liga Arab kebanyakan memiliki negara anggota Islam.

Selain dari organisasi internasional itu terdapat organisasi internasional yang mengimpun seluruh dan kebanyakan negara yang ada didunia yakni PBB. Organisasi Internasional adalah organisasi yang sangatlah besar, dan didalam PBB terbagi beberapa organisasi internasional lagi yang memiliki fungsi dan peran masing-masing.

Melihat dari luasnya organisasi internasional, penulis akhirnya berkesimpulan bahwa untuk mengetahui organisasi internasional setidaknya dapat dibagi dalam 5 organisasi internasional yaitu organisasi publik, privat, regional, subregional dan yang bersifat universal.

Tujuan Organisasi Internasional Adalah?

Pada dasarnya, tujuan organisasi internasional terbagi atas dua, yakni tujuan umum dan tujuan khusus. Pada tujuan umum adalah membahas tentang apa yang dicapai seluruh anggota organisasi internasional itu. Sedangkan untuk tujuan khusus adalah membahas tentang hal yang spesifik.

1. Tujuan Umum

Mewujudkan dan memelihara perdamaian dunia, juga keamanan internasional dengan berbagai variasi cara yang di pilih oleh organisasi internasional yang berhubungan di antara cara dan upaya yang di sediakan hukum internasional. Kita bisa lihat juga, organisasi regional dan global yang juga bisa bantu kita lebih memahami, lebih banyak hal.

Mengatur serta meningkatkan kesejahteraan dunia maupun negara anggota, melalui berbagai cara yang di pilih dan sesuai dengan ketentuan organisasi yang bersangkutan.

2. Tujuan khusus

Tujuan Organisasi Internasional Menjadikan khusus organisasi internasional sebagai wadah, forum, atau alat untuk mencapai tujuan bersama yang merupakan karakter dari tiap-tiap anggota. Kita juga bisa lihat sejarah perjanjian Internasional yang tak kalah menarik untuk di pelajari.

Fungsi Organisasi Internasional & Tujuan Organisasi Internasional Adalah? (Foto: Artikelsiana.com)
Fungsi Organisasi Internasional & Tujuan Organisasi Internasional Adalah? (Foto: Artikelsiana.com)

Fungsi Organisasi Internasional Adalah?

Sebagaimana telah diterangkan diatas soal tujuan organisasi internasional, untuk mencapai tujuan itu dibutuhkan fungsi yang baik agar tujuan yang diamanatkan diatas tidak salah arah atau menyimpang dari jalur yang telah ditetapkan.

Tidak hanya itu, mencapai tujuan organisasi internasional juga dibutuhkan keselarasan dari anggota-anggota atau struktur yang terdapat dalam organisasi Internasional.

Salah satu caranya adalah dimana setiap anggota organisasi internasional menjalankan fungsi dan tugasnya sebagaimana mestinya.

Sebab organisasi internasional memiliki tugas yang tidak main-main, karena bertugas dalam menjadi sarana kerjasama antarnegara.

Melalui kerjasama yang dibangun tersebut, maka secara langsung maupun tidak langsung akan bermanfaat bagi seluruh anggota dalam organisasi internasional.

Tugas berat menanti organisasi internasional, apalagi ketika terdapat suatu masalah yang mengharuskan organisasi internasional membutuhkan porsi banyak didalamnya untuk bekerja.

Melalui hal inilah, maka organisasi internasional butuh usaha dan kerja keras dalam mencapai tujuannya dengan cara menjalankan fungsinya. Adapun fungsi organisasi internasional secara singkat adalah?

1. Sebagai Artikulasi dan Agregasi

Maksud dari hal ini, dimana organisasi internasional berfungsi sebagai alat bagi negara untuk menjelaskan dan mengagregasikan melalui pembuatan forum diskusi dan negosiasi.

2. Sebagai Norma

Karena punya tugas sebagai aktor, forum dan sebagai alat maka, kontribusi dari organisasi internasional adalah hal yang bersifat normatif. Atau menjalankan segala sesuatu berdasarkan dengan aturan yang ada. Contohnya tidak berat sebelah.

3. Rekrutmen

Organisasi internasional sama dengan organisasi lainnya yang membutuhkan anggota, maka dari itu fungsi organisasi internasional juga berusaha untuk menarik para partisipasan dalam sistem politik internasional.

4. Sosialisasi

Organisasi internasional juga berfungsi dalam mentransfer nilai-nilai kepada seluruh anggota, yang tujuannya dapat mempengaruhi individu atau kelompok dalam setiap negara-negara. Sehingga bisa menjalin kesamaan baik pada penerimaan dan peningkatan kerjasama.

5. Pembuat Peraturan

Karena tidak punya pemerintahan dunia, maka organisasi internasional dalam menguatkan keputusannya terkadang membuat aturan dalam setiap perjanjian yang pada masa lalu memakai perjanjian ad hoc.

6. Pelaksanaan Peraturan

Pada dasarnya, pada pengaplikasian peraturan dipegang oleh negara anggota, kebanyakan fungsi dari organisasi internasional hanya pada tataran dalam mengawasi pelaksanaannya.

7. Pengesahan peraturan

Selain itu, organisasi internasional juga berfungsi untuk mengesahkan aturan. Karena tidak memiliki lembaga kehakiman yang sah, maka organisasi internasional mengajukan hal itu, apabila terdapat kedua negara yang terlibat dan bertikai dalam suatu masalah.

8. Informasi

Organisasi internasional melakukan pencarian, pengumpulan, pengolahan dan penyebaran informasi.

9. Operasional

Ada banyak peran organisasi internasional diberbagai hal termasuk mengurusi pengungsi, dana, perlindungan anak dll.

Demikianlah informasi mengenai Fungsi Organisasi Internasional dan Tujuan Organisasi Internasional. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *