Apa Fungsi Negara Menurut Miriam Budiardjo? Ini 4 Fungsinya

Fungsi Negara Menurut Miriam Budiardjo – Indonesia adalah negara yang terbentuk pada 17 Agustus 1945. Sebagai sebuah negara Indonesia berdiri mempunyai tujuan dan fungsi tertentu, serta sejarah yang dimiliki Indonesia yang mengisi buku sejarah bagaimana perjuangan para pendahulu untuk kemerdekaan Indonesia, untuk mewujudkan status Indonesia sebagai sebuah negara. Lantas demikian, apasih itu yang dimaksud dengan negara?..

Secara etimologi, negara dalam bahasa Inggris disebut State, dalam bahasa belanda dan Jerman adalah Staat dan dalam bahasa Prancis etat. Secara etimologi, arti dari negara adalah organisasi tertinggi di antara satu kelompok masyarakat yang memiliki cita-cita untuk bersatu, hidup dalam suatu kawasan, dan mempunyai pemerintahan yang berdaulat.

Negara adalah suatu organisasi dalam suatu wilayah, yang memiliki kekuasaan tertinggi yang sah dan di taati oleh rakyatnya. Menurut pendapat dari Krasner (1978:10) yang menyatakan bahwa negara adalah sejumlah peran dan institusi yang memiliki dorongan dan tujuan khusus yang berbeda dari kepentingan kelompok tertentu mana pun dalam masyarakat. Sebagai organisasi tertinggi, negara dibentuk semata-mata untuk memperluas kekuasaan, menyelenggarakan ketertiban hukum dan mencapai kesejahteraan umum. Ada banyak pendapat yang menjelaskan mengenai negara dan begitu pula teori-teori negara, seperti yang paling terkenal di Indonesia adalah pendapat dari Miriam Budiardjo.

Miriam Budiardjo adalah seorang perempuan yang lahir di Kediri 20 November 1923 yang berstatus sebagai pakar politik dan penulis buku Pengantar Ilmu Politik yang merupakan buku wajib bagi mahasiswa. Dirinya adalah seorang dosen, aktivis perempuan, aktivis HAM dan pejuang kemerdekaan yang terlibat dalam kelompok “pemuda sjahrir”. Dalam karir, Miriam Budiardjo ia adalah dosen Fisip UI dan bergelar Master of Arts di bidang ilmu politik dari Georgetown University, Amerika Serikat (1955). Selain itu sempat kuliah Harvard University walaupun tak selesai.

Melalui pengabdiannya dalam bidang Ilmu Politik, dirinya dianugrahi Doktor Kehormatan (Dokor Honoris Causa) dalam ilmu politik dari UI pada tahun 1997. Sebagai pengamat ilmu politik, Miriam sering mengoreksi kekuasaan dengan cara yang sopan namun tetap kritis. Seperti saat kritikannya berbunyi, “Menyambut baik kesediaan Bapak (Soeharto) untuk mengundurkan diri dari jabatan presiden.,”

Pada tahun 2007 pada tanggal 8 Januari, Miriam Budiardjo harus menghembuskan nyawa. Dirinya tutup usia pada usia 83 tahun di Rumah Sakit karena penyakit pernapasan dan gagal ginjal. Guru besar Ilmu Politik Universitas Indonesia ini disemayamkan di rumah duka Jalan Proklamasi 37, Menteng, Jakarta Pusat.

Walaupun dirinya telah wafat, namun tidak dengan ide, gagasan dan teorinya selama ini. Tidak sedikit sumbangan ide, gagasan dan teori yang disampaikan oleh Miriam Budiardjo seperti definisi negara yang menurut Miriam Budiardjo bahwa negara adalah negara merupakan integritas dari kekuasaan politik, ia adalah organisasi pokok dari kekuasaan politik.

Untuk memahami definisi negara, Miriam Budiardjo kemudian merumuskan sifat-sifat dan unsur negara. Menurut Miriam Budiardjo bahwa sifat negara adalah sifat memaksa, monopoli, sifat mencakup semua. Sedangkan unsur negara menurut Miriam Budiardjo adalah wilayah, penduduk, pemerintah, dan kedaulatan.

Apa Fungsi Negara Menurut Miriam Budiardjo? Ini 4 Fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Fungsi Negara Menurut Miriam Budiardjo? Ini 4 Fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)

Fungsi Negara Menurut Miriam Budiardjo

Selain itu, Miriam Budiardjo juga menyampaikan mengenai seperti apakah fungsi negara itu yang dikutip dalam Priyanto (2008). Menurut Miriam Budiardjo bahwa terdapat 4 fungsi negara yaitu fungsi penertiban, fungsi kesejahteraan dan kemakmuran, fungsi pertahanan dan fungsi keadilan. Adapun penjelasan dari fungsi-fungsi negara menurut Miriam Budiardjo adalah:

  1. Fungsi penertiban (law and order). Untuk mencapai tujuan bersama dan mencegah bentrokan-bentrokan dalam masyarakat, maka negara harus melaksanakan penertiban atau bertindak sebagai stabilisator.
  2. Fungsi kesejahteraan dan kemakmuran. Untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran rakyat di- perlukan campur tangan dan peran aktif dari negara.
  3. Fungsi Pertahanan, yaitu untuk menjaga kemung- kinan serangan dari luar, sehingga negara harus diperlengkapi dengan alat-alat pertahanan.
  4. Fungsi keadilan, yang dilaksanakan melalui badan- badan pengadilan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Fungsi Negara Menurut Miriam Budiardjo? Ini 4 Fungsinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *