Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol? Ini Juga Arti & Prinsipnya


Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol Adalah – Dalam kehidupan ini, setiap orang selalu bergerak atau beraktivitas. Dalam beraktifitas tersebut terkadang diperhadapkan pada suatu pilihan tentang hal yang mana harus di perioritaskan dan apa yang harus di kesampingkan. Demikian ini sah-sah saja untuk dilakukan setiap orang. Sebab apabila tidak di atur sedemikian rupa, maka akan membebani manusia dalam bergerak, menguras energi fisik dan pikiran serta membuat berbagai kegiatan akan terhambat.

Dari penjelasan diatas, pada dasarnya kita sedang melakukan aktivitas yang dikenal dengan Manajemen. Manajemen adalah kata yang berasal dari bahasa Prancis dulu yakni “menagement” yang artinya adalah seni melaksanakan dan mengatur. Untuk bahasa Inggris, manajemen berasal dari kata manage yang dalam arti Kamus Oxford adalah memimpin atau membuat keputusan di dalam suatu organisasi.

Perlu diketahui bersama bahwa dengan adanya manajemen segala aktivitas yang kita lakukan sesuai dengan ilustrasi diatas dapat teratur karena fungsi manajemen menyentuh apapun dalam aktivitas manusia bahkan menyentuh pada pola pikir manusia itu sendiri. Dengan bermanajemen, maka kegiatan manusia akan menjadi efektif dan efisien. Apalagi soal manajemen keuangan yang apabila tidak digunakan, maka akan membuat keuangan menjadi bengkak dan hutang. Tentu bagi ibu tangga, persoalan manajemen keuangan adalah hal yang terpenting. Seperti yang mana harus dibeli terlebih dahulu, mana yang sekunder dan mana yang ditempat paling belakang dll.

Selain itu ada juga yang dikenal dengan manajemen waktu. Bagi sebagian orang apalagi yang pernah belajar di bangku SMA, tentu pernah mendengar istilah manajemen waktu. Manajemen ini berfungsi untuk bagaimana seseorang dalam melakukan kegiatan tidak bertabrakan dengan apa yang akan dilakukan sebelumnya dan selanjutnya. Namun yang perlu kita ketahui bersama bahwa, hal itu tidak akan bisa terjadi apabila pemahaman tentang manajemen masih kurang dan bahkan hanya mengetahui tentang kata dari manajemen itu.



Tapi terdapat hal yang penting yang harus diketahui bahwa terdapat berbagai pandangan soal manajemen baik itu dari definisi, fungsi, strategi dan taktik manajemen. Seperti definisi menurut  James A.F. Stoner yang mendefinisikan manajemen sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, dan penggunaan sumber daya lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.  Tidak hanya itu, terdapat fungsi manajemen dan prinsip manajemen yang disampaikan oleh Henry Fayol.



Kontribusi Henry Fayol dan Manajemen Adalah

Henri Fayol mempunyai kontribusi besar dalam teori manajemen apalagi pada struktur yang dibutuhkan organisasi untuk mencapai efisiensi. Dari hal itu, Henry Fayol dikenal sebagai pendiri pemerintahan modern. Sebagai ahli yang lahir pada 29 Juli 1841 di Konstantinopel, Henri Fayol bersekolah di Liceo de Lyon dan pada usia 19 tahun, Henry Fayol lulus sebagai insyur di Sekolah Pertambangan Nasional di Saint Etienne.



Pada tahun 1866, dirinya menjadi manajer perusahaan di Commentry-Fourchambault Company bukti bahwa dirinya berpengaruh dan pada tahun 1888 dirinya menjabat sebagai direktur. Sempat diderai kerugian, perusahaan ini bangkit menjadi perusahaan raksasa melalui tangan Henry Fayol. Dalam kesuksesan itu, ia meramu manajemen dan tata usaha melalui pengalaman organisasi pertambangan. Henry Fayol menyatukan berbagai prinsip-prinsip organisasi dan manajemen dalam metode kerja, ukuran dan penyederhanaan untuk mengamankan efisiensi.

Berkat hal itu Henry Fayol menjadi sesosok ahli manajemen yang teorinya masih dipakai hingga saat ini seperti fungsi manajemen dan prinsip-prinsip manajemen. Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan membahas mengenai fungsi manajemen dan prinsip-prinsip manajemen seperti yang tertulis dibawah ini:

Prinsip Manajemen Menurut Henry Fayol 

Adapun prinsip manajemen menurut apa yang disampaikan oleh Henry Fayol yang merupakan seorang pencetus teori manajemen berkebangsaan Prancis melampirkan 14 prinsip manajemen. Adapun prinsip-prinsip manajemen menurutnya adalah:

    • Pembagian kerja (division of work).
    • Wewenang dan tanggung jawab (authority and responsibility).
    • Disiplin (discipline).
    • Kesatuan perintah (unity of command).
    • Kesatuan pengarahan (unity of direction).
    • Mengutamakan kepentingan organisasi.
    • Penggajian pegawai.
    • Pemusatan (centralization).
    • Hierarki (tingkatan).
    • Ketertiban (order).
    • Keadilan dan kejujuran
    • Stabilitas kondisi karyawan.
    • Prakarsa (inisiative).
    • Semangat kesatuan.
Prinsip Manajemen Menurut Henry Fayol (Foto: Artikelsiana.com)
Prinsip Manajemen Menurut Henry Fayol (Foto: Artikelsiana.com)

Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol 

Selain prinsip manajemen, Henry Fayol juga mempunyai teori tersendiri tentang fungsi manajemen. Menurut Henry Fayol, ia membagi fungsi manajemen ke dalam 5 fungsi yaitu: Perencanaan (planning), Pengorganisasian (organizing), Pengarahan (commanding), Pengkoordinasian (coordinating), Pengendalian (controlling). Adapun penjelasan dari 5 fungsi manajemen menurut Henry Fayol adalah:

1. Perencanaan (planning)

Perencanaan (planning) ialah fungsi dasar (fundamental) manajemen, karena pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengendalian pun harus terlebih dahulu direncanakan.

2. Pengorganisasian (organizing)

Pengorganisasian yakni penentuan pekerjaan yang terlebih dahulu dilakukan, pengelompokan, dan pembagian kerja kepada setiap karyawan dan juga melakukan penetapan departemen-departemen (subsistem) dan penentuan hubungan-hubungan.

3. Pengarahan (commanding)

Fungsi pengarahan (commanding) merupakan fungsi yang dapat diterapkan setelah rencana, organisasi, dan karyawan ada. Jika fungsi ini diterapkan maka proses manajemen dalam merealisasi tujuan bisa dimulai.

4. Pengkoordinasian (coordinating)

Setelah dilakukan pendelegasian wewenang dan pembagian pekerjaan kepada parakaryawan oleh manajer, langkah selanjutnya adalah pengkoordinasian.

5. Pengendalian (controlling)

Fungsi pengendalian (controlling) adalah fungsi terakhir dari proses manajemen. Fungsi ini sangat menentukan pelaksanaan proses manajemen, karena itu harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.

 

Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol (Foto: Artikelsiana.com)
Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol (Foto: Artikelsiana.com)

 

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol? Ini Juga Arti & Prinsipnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman, 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *