Apa Fungsi Manajemen Menurut George R. Terry? Ini 4 Fungsinya


Fungsi Manajemen Menurut George R. Terry – Secara umum, pengertian manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan terhadap usaha-usaha para anggota organisasi dan pengunaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya. Kegiatan manajemen terdiri dari kegiatan memimpin, mengatur, mengelola, mengendalikan, dan mengembangkan.

Manajemen sangatlah penting bagi kehidupan ini, dengan manajemen banyak perusahaan yang kini sukses dengan ribuan dan ratusan perusahaan di seluruh dunia. Dengan manajamen maka kehidupan seseorang akan teratur walaupun dengan jumlah kegiatan yang padat.

Beruntung dengan gagasan para ahli seperti Stoner, henry fayol, ricky w griffin, marri parker follet, handoko dan yang terakhir adalah george terry. Berbicara soal George Terry atau disingkat G.R. Terry ini adalah seorang pencetus manajemen modern. Teorinya dikenal dimana-mana.

Lahir di Amerika serikat tahun 1909 ini menyandang gelar professor di Ball State University, dirinya melahirkan buku legendarisnya berjudul “Principles of Management” pada tahun 1960 silam. Tahun 1961, dirinya mendapatkan gelar presiden ke 14 di Akademi Manajemen begitu juga dengan bukunya Principles of Management. Walaupun George Terry yang tutup usia pada 1979, namun tidak dengan karya-karyanya.



Ia membuat teori-teori manajemen yang pengaruh dari teori manajemennya masih ada hingga saat ini khususnya pengertian manajemen, fungsi manajemen dan asas-asas manajemen. Adapun ketiga hal tersebut dapat dilihat dibawah ini:



Pengertian Manajemen Menurut G.R Terry Adalah

Dalam Hasibuan, 2014:2, bahwa menurut G.R Terry yang dimaksud dengan Pengertian Manajemen adalah suatu proses khas yang terdiri atas tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pergerakan dan pengendalian untuk menentukan serta mencapai tujuan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya”. Selain itu dalam Sukarna (2011:46), George Terry menyebutkan terdapat 5 asas dalam manajemen yaitu:



  1. The objective atau tujuan,
  2. Departementation atau pembagian kerja,
  3. Assign the personel atau penempatan tenaga kerja,
  4. Authority and Responsibility atau wewenang dan tanggung jawab dan
  5. Delegation of authority atau pelimpahan wewenang.
Pengertian Manajemen Menurut George Terry Adalah (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Manajemen Menurut George Terry Adalah (Foto: Artikelsiana.com)

Fungsi Manajemen Menurut G.R Terry

Tidak hanya definisi dan asas manajemen, juga pada fungsi-fungsi manajamen itu sendiri. Fungsi manajemen menurut G.R. Terry ini banyak dikutip oleh orang-orang baik itu dari buku-buku pelajaran, artikel, jurnal, makalah, skripsi dan tesis yang apabila dalam penelitian manajemen, pasti fungsi manajemen menurut G.R. Terry selalu ada. Dalam bukunya Principles of Management, George Terry membagi fungsi dasar manajemen ke dalam 4 bagian yaitu Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (Pelaksanaan) dan Controlling (Pengawasan) yang dimana 4 fungsi manajemen tersebut disingkat dengan POAC. Adapun penjelasan dari fungsi-fungsi manajemen menurut G.R Terry ini adalah:

1. Fungsi Planning (Perencanaan)

Menurut G.R Terry, fungsi manajemen Planning adalah “Planning is the selecting and relating of facts and the making and using of assumptions regarding the future in the visualization and formulation to proposed of proposed activation believed necesarry to accieve desired result”.

Adapun artinya “Perencanaan adalah pemilih fakta dan penghubungan fakta-fakta sertapembuatan dan penggunaan perkiraan-perkiraan atau asumsi-asumsi untuk masa yang akan datang dengan jalan menggambarkan dan merumuskan kegiatan-kegiatan yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan”.

2. Fungsi Organizing (Pengorganisasian)

Menurut George R. Terry bahwa fungsi manajemen dalam hal ini organizing berarti penentuan, pengelompokkan, dan penyusunanmacam-macam kegiatan yang dipeelukan untuk mencapai tujuan, penempatan orang-orang (pegawai), terhadap kegiatan-kegiatan ini, penyediaan faktor-faktor physik yang cocok bagi keperluan kerja dan penunjukkan hubungan wewenang, yang dilimpahkan terhadap setiap orang dalam hubungannya dengan pelaksanaan setiap kegiatan yang diharapkan.”

Bahasa inggrinya adalah “Organizing is the determining, grouping and arranging of the variousactivities needed necessary for the attainment of the objectives, the assigning of the people to thesen activities, the providing of suitable physical factors of enviroment and the indicating of the relative authority delegated to each respectives activity.”

3. Fungsi Actuating (Pelaksanaan/Penggerakan)

Menurut George R. Terry bahwa arti Actuating dalam fungsi manajemen adalah membangkitkan dan mendorong semua anggota kelompok agar supaya berkehendak dan berusaha dengan keras untuk mencapai tujuan dengan ikhlas serta serasi dengan perencanaan dan usaha-usaha pengorganisasian dari pihak pimpinan”.

Bahasa inggrinya adalah “Actuating is setting all members of the group to want to achieve and tostrike to achieve the objective willingly and keeping with the managerial planning and organizing efforts”

4. Fungsi Controlling (Pengawasan)

Menurut George R. Terry bahwa fungsi controlling dalam manajemen adalah proses penentuan apa yang harus dicapai yaitu standard, apa yang sedang dilakukan yaitu pelaksanaan, menilai pelaksanaan, dan bila mana perlu melakukan perbaikan-perbaikan, sehingga pelaksanaan sesuai dengan rencana, yaitu selaras dengan standard (ukuran)”

Bahasa inggrisnya adalah “Controlling can be defined as the process of determining what is toaccomplished, that is the standard, what is being accomplished. That is the performance, evaluating the performance, and if the necessary applyingcorrective measure so that performance takes place according to plans, that is conformity with the standard”.

Apa Fungsi Manajemen Menurut George R. Terry? Ini 4 Fungsinya
Apa Fungsi Manajemen Menurut George R. Terry? Ini 4 Fungsinya

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Fungsi Manajemen Menurut George R. Terry? Ini 4 Fungsinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *