Apa Fungsi Lemak Bagi Tubuh Adalah? Ini 10 Fungsinya & Penjelasannya


Fungsi Lemah Bagi Tubuh –¬†Terkadang lemah dalam tubuh sering dianggap mengganggu. Padahal ada banyak fungsi lemak bagi tubuh. Yang membuat lemak menjadi berbahaya ketimbang fungsi lemah karena jumlahnya berlebihan.

Fungsi lemak bagi tubuh sangatlah banyak karena lemak ini berperan sebagai nutrisi yang penting bagi setiap organ. Perlu diketahui bersama bahwa fungsi lemak ini sama dengan nutrisi lainnya yakni protein dan karbohidrat.

Selain itu, fungsi lemah bagi tubuh sangatlah vital karena dengan fungsi lemak sehingga asam lemak omega-3 ada. Tanpa fungsi lemak, maka tubuh tidak dapat memproduksi asam lemak omega-3.

Olehnya itu, agar keberadaan lemak dapat berfungsi baik bagi tubuh diperlukan mengatur porsi makan agar lemak dalam tubuh tidak berlebih dan yang terjadi fungsi lemak bagi tubuh menjadi efektif.



Fungsi lemak bagi tubuh bermanfaat dan berguna itu sebagaimana yang disampaikan oleh Medical News Today. Menurut lembaga ini bahwa lemak sangat penting bagi fungsi tubuh. Ia menjelaskan bahwa lemak sangat berguna sebagai sumber energi,



Selain itu, lemak juga berfungsi pada tubuh sebagai pelindung bagi kerangka dan saraf. Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka bisa dikatakan bahwa tidak selamanya lemak buruk bagi tubuh, melainkan dengan asupan lemak yang baik dan seimbang maka bisa terlihat bagaimana fungsi tubuh itu bisa optimal.



Pentingnya fungsi lemak bagi tubuh juga terlihat bagaimana lemak berfungsi dalam membantu tubuh menyerap vitamin A, D, dan E.

Selain itu berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh dan membantu dalam menyehatkan kulit dan rambut serta membuat tubuh tetap hangat. Selain itu yang terpenting adalah lemak berfungsi untuk melindungi organ tubuh.

Fungsi Lemak Pada Tubuh Adalah?

Selain itu, berdasarkan dari penjelasan diatas dan dari informasi yang dihimpun maka dapat disimpulkan bahwa fungsi lemak pada tubuh adalah:

  1. Lemak berfungsi sebagai sumber cadangan energi yang tersimpan dalam jaringan lemak tubuh dan melepaskan asam lemak yang berfungsi energi bagi tubuh. Dikatakan lemak sumber energi 2 kali lipat produksi energi karbohidrat.
  2. Lemak berfungsi sebagai komponen struktural karena lemak menjadi salah satu pembentuk sel yang ada dalam tubuh yang terbentuk dari berbagai macam lemak, seperti fosfolipid, trigliserida, dan kolesterol.
  3. Lemak berfungsi sebagai pembawa Vitamin berupa vitamin A, D, E, dan K yang dapat larut dalam lemak dan membantu penyerapan vitamin yang sangat penting untuk asupan mikronutrien yang memadai.
  4. Lemak berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh yang disimpan dalam jaringan yang bernama adiposa yang membantu mempertahankan suhu tubuh inti normal.
  5. Berfungsi dalam meningkatkan kesehatan optimal salah satunya asam lemak esensial omega-3 yang membantu relaksasi dan kontraksi dinding arteri, yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke serta meningkatkan fungsi metabolisme dan sistem kekebalan tubuh.
  6. Berfungsi dalam Meningkatkan fungsi Otak dimana terdapat 60 persen otak terdiri dari lemak, sehingga mengapa wanita hamil dianjurkan mengonsumsi asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi untuk meningkatkan perkembangan otak dan mata bayi sejak di dalam kandungan.
  7. Mengurangi iisiko penyakit kardiovaskular sebagaimana dari praktisi kesehatan Emily Murray yang mengatakan bahwa lemak bisa mengurangi kadar lipoprotein A, maka seseorang dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.
  8. Dapat meningkatkan tulang agar kuat dimana lemak berfungsi agar kalsium bisa berasimilasi dengan baik dalam tubuh sehingga terhindar dari osteoporosis
  9. Lemak yang baik berfungsi dalam meningkatkan kesehatan organ hati dari efek samping toksik alkohol dan obat-obatan lainnya, dan mengurangi kerusakan hati yang sudah terjadi.
  10. Yang terakhir adalah berfungsi dalam meningkatkan kesehatan paru-paru karena terdiri dari 100% asam lemak jenuh terdapat dalam lapisan tipis surfaktan paru-paru.
Apa Fungsi Lemak Bagi Tubuh Adalah? Ini 10 Fungsinya & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Fungsi Lemak Bagi Tubuh Adalah? Ini 10 Fungsinya & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Fungsi Lemak Bagi Tubuh Adalah? Ini 10 Fungsinya & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *