Fungsi Korteks Ginjal dan Struktur Korteks Ginjal Adalah?


Fungsi dan Struktur Korteks Ginjal – Sebagai organ yang berfungsi mengatur keseimbangan cairan tubuh, Ginjal melakukan itu dengan membuang sampah sisa metabolisme dan menyerap zat yang dibutuhkan tubuh.

Fungsi yang dimiliki ginjal ini sangat berperan penting dan bermanfaat bagi tubuh manusia sebab berguna untuk menjaga homeostasis. Ini bisa dijaga sebab bisa berfungsi pada keadaan cairan tertentu.

Walau demikian, ginjal tidak selamanya mampu untuk mengatur keadaan cairan tubuh dalam kondisi normal. Itulah mengapa harus menjaga organ ginjal karena tidak semua hal bisa dilakukan ginjal dan melihat perannya yang sangat berguna. Tidak sedikit orang yang mengalami masalah penyakit dengan ginjal.

Secara singkat penjelasan diatas, fungsi ginjal adalah mengatur komposisi dan volume cairan ekstraselular. Untuk bentuk ginjal mirip dengan kacang. Posisi atau letak ginjal sendiri terdapat di retroperitoneal atau berada diantara dinding dorsal tubuh dan parietal pertonium yang ada di bagian atas dari lumbar, atau tepatnya sekitar T12 ke L3.

Namun tidak usah terlalu khawatir dan was-was terhadap organ yang punya fungsi yang baik bagi tubuh ini karena ginjal mendapat perlindungan dari bagian bawah tulang rusuk.

Untuk segi ukuran ginjal, terbagi-bagi apalagi bagi untuk orang dewasa dimana ada yang memiliki massa sekitar 150 g (5 ons) dan rata-rata panjangnya 12 cm, lebar 6 cm, dan tebal 3 cm.

Apa itu Korteks Ginjal?

Pada dasarnya yang dimaksud dengan korteks ginjal adalah lapisan sekunder ginjal manusia dan sebagian besar mamalia lainnya. Biasanya, korteks ginjal lebih tebal dibandingkan dari kebanyakan jaringan yang terdapat dalam organ, dan dalam banyak hal berfungsi untuk melindungi organ dan tetap terisolasi.

Struktur korteks pada ginjal kebanyakan berisi nefron sebagai unit fungsional dasar dan pembuluh darah. Selain itu dalam korteks terdapat tubulus ginjal. Secara sederhana mendeskripsikan korteks tidak jauh dari tindakan sebagai jangkar bagi banyak lorong-lorong yang berbeda dalam ginjal yang memungkinkan untuk organ berfungsi.

Fungsi ginjal yang tepat sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, yang membuat bagian dari organ ini yang sangat penting. Tanpa itu, sistem dan proses akan jauh lebih rapuh dan berpotensi tidak stabil.

Sehingga apa yang terjadi adalah berupa masalah dengan korteks atau kelemahan yang ada di permukaan dapat menyebabkan sejumlah kondisi medis berpotensi mengancam nyawa.

Struktur Korteks Ginjal Adalah?

Secara histologi struktur ginjal terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian luar atau disebut korteks dan medula atau bagian dalam. Pada korteks ginjal terdapat struktur yang disebut dengan renal column yang menjulur ke medula dan pada medula terdapat piramid medula yaitu merupakan struktur yang menjulur ke korteks ginjal.

Fungsi Korteks Ginjal dan Struktur Korteks Ginjal Adalah?
Fungsi Korteks Ginjal dan Struktur Korteks Ginjal Adalah?

Fungsi Korteks Pada Ginjal Adalah? 

Renal cortex atau korteks sebenarnya merujuk pada bagian terluar yang melapisi ginjal. Pinggiran luar dari korteks dilapisi oleh jaringan lemak yang dikenal sebagai renal kapsul dan jaringan penyambung atau renal fascia. Berdasarkan dari penjelasan diatas, lalu apasih sebenarnya fungsi dari korteks ginjal itu?. Untuk menjawab fungsi korteks ginjal dapat dilihat dibawah ini:

  1. Melindungi bagian dalam ginjal sebab fungsi utama korteks pada ginjal adalah sebagai pelindung komponen dan struktur bagian dalam dari organ ginjal.
  2. Tempat glomerulus dan tubulus yang keduanya merupakan komponen terpenting dalam ginjal dimana Glomerulus berperan menyerap protein dari darah ke dalam komponen ginjal renal corpuscle. Sedangkan tubulus untuk menyaring mineral dan air dari darah sebelum dicampur dengan senyawa urea dan dikeluarkan dalam bentuk air seni.
  3. Menyediakan tempat untuk pembuluh darah ginjal, seperti kapiler glomerulus.
  4. Memproduksi hormon erythropoietin berfungsi untuk pembentukan sel darah merah yang baru dimana inilah fungsi korteks pada ginjal.
  5. Korteks merupakan lokasi dari apa disebut “ultrafiltrasi” sebagai langkah terakhir sebelum urin siap untuk keluar diproses dari tubuh.

Demikianlah informasi mengenai Fungsi Korteks Ginjal dan Struktur Korteks Ginjal Adalah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *