Fungsi Kaki Dalam Renang Gaya Bebas Adalah? Ini Gunanya


Fungsi Kaki Dalam Renang Gaya Bebas  – Berenang adalah aktivitas olahraga yang menyenangkan. Olahraga ini tidak memandang umur dan latar belakang seseorang bahkan menurut Kasiyo Dwijowinoto (1979:1) bahwa bayi pun senang diajar untuk berenang. Renang bisa dilakukan di air tawar atau air laut.

Bahkan dalam melakukan renang tidaklah susah, karena hal yang perlu dilakukan menurut Badruzaman (2007:3) adalah dengan mengapungkan dan mengangkat tubuh ke atas permukaan agar bisa bernafas serta bergerak maju ataupun mundur.

Banyak orang memang menganggap kalau aktivitas renang adalah hal yang menyulitkan. Hal itu karena kurangnya pemahaman tentang bagaimana itu berenang. Tak jarang beberapa orang memilih untuk berada pada kolam yang tidak terlalu dalam. Padahal, apabila mengetahui kunci utama dalam berenang, maka mau dari kedalaman apapun itu, seseorang bisa berenang. Tapi ingat, pertimbangkan kekuatan dan nafas.

Walaupun ada berbagai teknik dan trik yang bisa dilakukan dalam mengatasi kelemahan tersebut yaitu dengan melakukan jenis-jenis renang yang punyai kelebihan tersendiri untuk mengatasi kekurangan yang dimiliki setiap orang.



Adapun jenis-jenis gaya renang adalah gaya punggung, renang gaya kupu-kupu, renang gaya dada, dan renang gaya bebas. Setiap jenis gaya tersebut, memiliki metode dan teknik tersendiri. Namun sebanyak apapun mengetahui metode dan tekniknya, juga dibutuhkan latihan yang rutin untuk meningkatkan kemampuan anda.



Sebab terkadang seseorang tahu teorinya, namun tidak dengan praktiknya. Selain itu apabila diperhadapkan pada situasi dan kondisi yang membuat seseorang itu berenang secara terpaksa, maka terkadang gagap atau lupa, yang istilahnya “demam panggung”. Tapi yang lebih aneh, apabila ingin berenang namun teori dan kunci utama dari jenis renang dalam hal ini renang gaya bebas pun tidak ia ketahui. Apasih yang dimaksud dengan renang gaya bebas adalah?



Pengertian Renang Gaya Bebas?

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Renang Gaya Bebas adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sedangkan kedua belah kaki secara bergantian di cambukkan naik turun ke atas dan ke bawah. Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air.

Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Saat mengambil nafas, perenang boleh untuk memilih mau menoleh ke kiri atau ke kanan. Jenis renang ini cocok untuk ingin sampai ke tujuan karena membuat seseorang cepat melaju dengan air. Asalkan, mengetahui teknik-tenik untuk bisa melakukan renang gaya bebas.

Saat melakukan renang gaya bebas, terdapat teknik-teknik yang harus dikuasai sebagai cara agar dapat melakukan renang gaya bebas. Sebab gampang untuk bisa menguasai keterampilan renang gaya bebas. Alasannya renang gaya bebas, dibutuhkan usaha untuk menghasilkan dorongan dan memperkecil tahanan yakni dengan memfungsikan kaki sebagai kunci utama dalam renang gaya bebas. Apasih fungsi kaki saat meluncur dengan renang gaya bebas?

Gerakan dan Posisi Kaki dalam Renang Gaya Bebas

Perlu diketahui bersama bahwa saat melakukan renang gaya bebas, awalan yang dilakukan adalah berposisi gerak meluncur, kaki dan tangan lurus kedepan yang menghadap ke air. Setelah itu tangan digerakkan dengan mengayunkan secara bergantian ke depan.

Setelah itu miringkan sedikit badan dan ayungkan kaki untuk mendorong badan kedepan. Semakin cepat gerakan kaki, maka semakin besar tenaga dorong yang dihasilkan. Setelah itu, gerakan tangan dan gerakan kaki saing bergantian. Jangan lupa untuk mengambil nafas di salah satu arah.

Apa Fungsi Kaki Saat Melakukan Renang Gaya Bebas?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, dan berbagai informasi yang dihimpun penulis bahwa fungsi kaki saat melakukan renang gaya bebas adalah:

    • Untuk mendorong badan kedepan

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Fungsi Kaki Dalam Renang Gaya Bebas Adalah? Ini Gunanya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *