Fungsi Iringan Musik Pada Pementasan Tari Adalah? Ini 5 Fungsinya

Fungsi Iringan Musik Pada Pementasan Tari  – Kesenian yang ada di masyarakat tidak hanya dipakai semata-mata hanya untuk hiburan saja, akan tetapi kesenian juga berfungsi akan edukasi, agama, dan ajaran kebaikan, dan kesusilaan. Selain itu, keseniaan juga bisa menjadi penanda tentang tinggi rendahnya peradaban suku bangsa yang melahirkan kesenian tersebut.

Salah satunya adalah Indonesia. Dengan keberagamaan yang dimiliki serta jumlah suku dan sejarah yang panjang, membuat negara ini memiliki keseniaan yang khas yang tidak dimiliki oleh negara lain di belahan bumi manapun.

Negara kita adalah negara kaya akan budaya yang mengakar dari setiap daerah serta mempunyai latar belakang sejarah tersendiri. Sedangkan perkembangan dan pertumbuhan kesenian tradisional tidak terlepas dari perkembangan dan pertumbuhan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Sebagai salah satu unsur kebudayaan yang ada di Indonesia, kesenian tidak lepas dari musik yang dimana setiap daerah yang ada di Indonesia mempunyai musik tradisional. Keindahan seni musik membuat ada yang mengatakan bahwa dunia tanpa adanya musik maka akan membuat gersang.

Maka dari itu, tidak ada seorang pun yang akan melewatkan untuk mendengarkan musik, sebab menurut Campbell (1997) bahwa musik bisa mengembalikan suasana hati dan bisa mempengaruhi terhadap perasaan depresi dan stress. Seni musik yang berhubungan dengan bunyi maupun suara yang sudah tertentu frekuensinya, ternyata dapat juga bersifat sebagai terapeutik dan digunakan untuk menyembuhkan penyakit fisik maupun mental.

Ssecara umum fungsi musik dalam masyarakat Indonesia antara lain sebagai sarana upacara kebudayaan, hiburan, ekpresi diri, ekonomi, komunikasi, dan pengiring tari. Selain itu ada yang mengatakan bahwa fungsi musik dalam masyarakat terdiri atas beberapa fungsi yaitu fungsi ekpresi emosional, penikmat estetis, hiburan, komunikasi, respon sosial, pelestarian kebudayaan, pemersatu bangsa, promosi dagang, representasi simbol.

Musik yang menyenangkan dan mudah dimainkan memiliki dampak pada para pemainnya dan juga bagi pendengarnya, dan hal itu dapat dicerna pada apa yang dinamakan psikoakustik. Maka dari itu ada yang mengatakan bahwa musik bisa berfungsi dalam mendekatkan manusia dengan kehidupan. Sebab, setiap manusia yang memiliki indra pasti akan senang mendengarkan musik apalagi ditambah dengan gerakan tari. Apasih itu Tari?

Secara umum, apa yang dimaksud dengan tari adalah suatu aktifitas atau kegiatan yang melakukan bentuk gerak yang indah, lahir dari tubuh, berirama dan berjiwa sesuai dengan maksud dan tujuan tari. Selain itu ada yang mengatakan kalau tari adalah aktivitas alami yang berkembang pada pola budaya dan ritual.

Hubungan antara seni musik dan seni tari telah menjadi satu kesatuan. Rasa-rasanya pementasan tari tanpa adanya iringan musik membuat tarian tersebut sunyi, bahkan terkadang hentakan dari penari tak terkesan memberikan suasana apabila tidak diberikan musik yang sesuai, begitupula apabila tarinya adalah bersuasana mengenang, namun tak diberikan iringan musik, maka tari tersebut tidak akan menyentuh perasaan setiap penonton.

Fungsi Iringan Musik Pada Pementasan Tari Adalah?

Berdasarkan hal itu, maka melihat keterkaitan antara iringan musik dan pementasan tari, sedikitnya terdapat 5 fungsi iringan musik pada pementasan tari yang penjelasannya bisa dilihat dibawah ini:

  1. Musik berfungsi sebagai alat pengiring/penunjang tari sehingga tidak banyak menentukan isi tarinya.
  2. Selain itu, musik juga berfungsi dalam memberikan suasana tari yang peran ini sesuai dengan gerakan tarinya, seperti agung, sedih, gembira, tenang, bingung, gaduh dan sebagainya.
  3. Musik sebagai ilustrasi atau pengantar tari berarti peranan musik tidak selalu mengikuti gerak tarinya dan memberikan gambaran serta makna yang terkandung, untuk menekankan pada bagian tertentu dan membantu membuat suasana tertentu sebagaimana yang dikehendaki oleh garapan tarinya.
  4. Membantu menyesuaikan waktu dengan gerakan tari yang memakai irama, sehingga apabila menggunakan musik maka, tempo yang akan dihasilkan sesuai dengan apa yang dilakukan penari begitupula mengingatkan perubahan gerakan penari.
  5. Menambahkan kemeriahan tari karena musik dapat membangkitkan suasana penonton, sebab apabila hanya bergerak saja makan akan membuat tari jadi sunyi, dan bisa membuat penari bersemangat.

Demikianlah informasi mengenai Fungsi Iringan Musik Pada Pementasan Tari Adalah? Ini 5 Fungsinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

fungsi iringan musik pada pementasan tari adalah fungsinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *