Fungsi Hormon Kalsitonin Adalah? Ini Jawabannya


Fungsi Hormon Kalsitonin – Sistem endokrin atau pengaturan fisiologi tubuh dengan hormon-hormon yang berfungsi mengatur kadar gula dalam darah, pembebasan energi lewat metabolisme, dan produksi air susu pada perempuan yang hamil.

Endokrin adalah sebuah kelenjar yang tersebar di tempat tertentu di tubuh untuk menghasilkan hormon. Biasanya, kelenjar ini disebut dengan kelenjar buntu karena tidak memiliki saluran khusus untuk menghasilkan hormon. Hormon merupakan senyawa organik yang diproduksi dalam tubuh oleh sel-sel tertentu dan dibebaskan oleh kelenjar endokrin. Walaupun jumlahnya kecil tapi fungsinya berpengaruh besar dalam memelihara tubuh.

Dalam sistem ini terdiri atas berbagai macam kelenjar seperti yang familiar adalah kelenjar tiroid atau kelenjar gondok dan paratiroid atau kelenjar anak gondok yang berada di daerah leher denga fungsi mengatur keseimbangan kadar kalsium serta laju metabolisme yang terdapat dalam tubuh. Dalam kelenjar tiroid yang berada di daerah leher bagian bawah jakun ini menghasilkan 2 hormon yaitu tiroksin dan kalsitonin. Berbicara soal salah satu jenis hormon ini yakni Kalsitonin adalah

Apa Yang Dimaksud Hormon Kalsitonin?

Secara umum yang dimaksud dengan Pengertian Hormon Kalsitonin adalah hormon polipeptida linear sepanjang 32 asam amino yang dihasilkan pada manusia khususnya oleh sel-sel parafollikular (juga dikenal sebagai sel-C) di kelenjar tiroid, dan dalam banyak hewan lain di dalam badan ultimofaringeal. Kalsitonin beraksi untuk mengurangi kalsium darah (Ca2+), menentang efek hormon paratiroid (PTH).



Hormon ini menghambat degradasi tulang oleh osteoklas (sel-sel yang menghancurkan matriks ekstraseluler) dan merangsang penyerapan kalsium dan fosfat oleh tulang. Kalsitonin telah ditemukan pada ikan, reptil, burung, dan mamalia.



Jika kalsium darah terlalu tinggi, maka yang terjadi adalah kelenjar tiroid akan merespon dengan mensekresi hormon yang disebut dengan kalsitonin. Efeknya adalah antagonis dengan hormon paratiroid dimana hal itu bisa menghambat aktivitas osteoklas dengan cara menstimulasi osteoblast untuk membentuk jaringan tulang.



Hormon Kalsitonin yang dihasilkan sel-sel parafolikuler dari kelenjar tiroid yang bekerja mengurangi kadar kalsium plasma sehingga yang terjadi dimana dapat menghambat reabsorbsi tulang. Hormon kalsitonin ini berperan dalam metabolisme kalsium dan fosfor.

Cara kerjanya berlawanan dengan apa yang menjadi cara kerja dari paratiroid. Untuk cara kerja kalsitonin adalah dengan cara menurunkan penyerapan kalsium pada usus, menurunkan aktivitas osteoklas pada tulang, menurunkan reabsorbsi kalsium dan fosfat pada tubulus ginjal.

Fungsi Hormon Kalsitonin Adalah?

Adapun fungsi hormon kalsitonin adalah..

  1. mengatur keseimbangan kadar kalsium yang terdapat dalam darah sehingga apa yang terjadi adalah dapat mencegah kalsium keluar dari tulang.
  2. Selain dari pada itu, fungsi hormon kalsitonin adalah menjaga kenormalan kadar vitamin D dalam darah serta mengatur dan meningkatkan penyerapan kembali kalsium dari magnesium ginjal sehingga ekskresi kalsium meningkat melalui urin.
  3. Hormon Kalsitonin juga berfungsi untuk mencegah penyerapan kembali fosfat oleh ginjal.
  4. Fungsi hormon kalsitonin menekan aktivitas sel dalam tulang yang disebut osteoklas. Osteoklas melarutkan jaringan tulang yang digantikan oleh jaringan baru yang dibentuk oleh sel yang disebut osteob

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Fungsi Hormon Kalsitonin Adalah? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *