Fungsi Candi Dalam Agama Hindu Adalah? Ini Jawabannya


Walaupun sama-sama menyandang nama Candi, ternyata terdapat perbedaan antara Candi dalam agama Hindu dan Candi dalam agama budha. Perbedaan antara candi budha dan candi Hindu bisa ditinjau dalam fungsinya.

Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan membahas mengenai fungsi candi dalam agama Hindu. Namun sebelum mengulas soal seperti apa itu fungsi candi dalam agama hindu, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan candi itu?

Pengertian Candi Adalah?

Secara umum, istilah Candi berasal dari kata “Candhika Grha” yang artinya rumah dewi candika, yaitu Dewi maut atau Dewi kematian Durga. Maka dari itulah sehingga Candi selalu dihubungkan dengan monumen tempat pendharmaan untuk memuliakan raja yang sudah meninggal.

Candi merupakan bangunan tempat ibadah dari peninggalan masa lampau yang berasal dari agama Hindu-Budha. Istilah candi tidak hanya digunakan oleh masyarakat untuk menyebut tempat ibadah saja, tetapi juga sebagai istana, pemandian/petirtaan, gapura, dan sebagainya.



Dapat disimpulkan, bahwa apa yang dimaksud dengan pengertian Candi adalah monumen peringatan meninggalnya raja atau kerabatnya. Candi merupakan salah satu peninggalan kebudayaan Hindu Budha di Indonesia. Seperti salah satu candi yang terkenal adalah Candi Prambanan. Candi ini merupakan candi peninggalan agama Hindu yang begitu populer.



Berbicara soal sejarah, pada awalnya orang Hindu tidak mempunyai apa yang dikatakan dengan Candi ataupun Kuil. Cara agama Hindu dalam melakukan pemujaan hanya dilakukan melalui api. Menurutnya bahwa api adalah sesuatu yang suci. Akan tetapi, dengan seiring waktu yang berjalan, ada banyak candi-candi yang dibangun untuk pemujaan dewa.



Olehnya itulah sehingga Candi berfungsi sebagai tempat suci (devasthanam) dan Surga di Bumi (thasthalam). Itulah mengapa candi disebut-sebut menjadi tempat penghubung antara manusia dan dewa serta raja maupun tokoh besar dalam agama hindu.

Candi juga menjadi tempat spesial karena walaupun dipercaya bahwa Dewa berada dimana saja, tetapi menurutnya bahwa Candi sebagai pusat perhatian para Dewa saat melakukan penyembahan dan persembahan kepada Dewa agar mereka dari nasib buruk berupa kemalangan, bencana, penyakit, dan memberikan mereka penghidupan.

Struktur Candi Adalah?

Selain itu, Candi juga mempunyai struktur yang berbeda-beda tapi walaupun demikian tetap saja ada struktur yang selalu ada seperti dalam Candi Hindu yakni kubah yang dikenal dengan Shikhara. Kubah Shikhara ini melambangkan dengan kepala Dewa yang mempunyai ruang disebut garbhagriha sebagai tempat suci yang hanya bisa dimasuki pendeta karena berisi berhala Dewa.

Candi juga mempunyai aula yang difungsikan sebagai ruang pemujaan dan tempat berlangsungnya berbagai ritual. Tak hanya itu, beberapa candi mempunyai wadah yang terbentuk secara alami atau yang dibuat oleh manusia. Selain itu, candi juga mempunyai jalan setapak menuju candi untuk berkeliling searah jarum jam sebagai tanda penghormatan kepada Dewa.

Menurut Ancient History Encyclopedia, candi dipenuhi dengan pahatan yang menceritakan petualangan mitologis yang disimbolkan oleh Dewa, pemuja, pemandangan erotis, hewan, pola tumbuhan, dan pola geometris. Candi hindu diperkirakan mulai dibangun sekitar abad 4 masehi saat alat-alat kontruksi belum ditemukan.

Fungsi Candi Dalam Agama Hindu Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa adapun fungsi candi dalam agama hindu adalah:

    1. Berfungsi untuk memuliakan raja atau tokoh tertentu yang sudah wafat.
    2. Berfungsi untuk mengubur pripih, yakni benda-benda peninggalan raja/tokoh.
    3. Penyimpanan arca yang dianggap sebagai perwujudan sang raja yang sudah menyatu dengan dewa.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Fungsi Candi Dalam Agama Hindu Adalah? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *