Fungsi Bronkiolus Pada Sistem Pernapasan Manusia


Fungsi Bronkiolus Adalah – Dalam sistem pernapasan manusia terdapat susunan organ yang kompleks dengan fungsi dan peran masing-masing. Namun, disetiap peran dan fungsi organ tersebut, membuat keterkaitan masing-masing.

Salah satunya organ dalam sistem pernapasan manusia adalah bronkiolus. Lantas demikian, apasih itu fungsi dari bronkiolus?

Untuk memahami bronkiolus lebih mudah, terlebih dahulu ketahui bahwa udara setelah masuk melalui hidung akan melalui banyak organ di pernapasan atas. Setelah melewatinya, udara akan turun ke bawah hingga ke paru-paru.

Organ yang menjadi jalur udara dan menghubungkan saluran pernapasan atas dan bawah, disebut dengan trakea. Trakea atau batang tenggorokan memiliki bentuk yang mirip dengan huruf ‘Y’ terbalik.



Percabangan trakea disebut dengan bronkus dan jumlahnya ada 2, masing-masing masuk ke paru-paru kiri dan kanan. Selain itu bronkus mempunyai percabangan kecil. Dari percabangan itulah apa yang dimaksud dan dikenal dengan bronkiolus.



Selain itu, dalam bronkiolus mempunyai struktur atau susunan tersendiri. Nampaknya, manusia mempunyai berbagai rahasia dan keunikan yang membuat setiap orang tidak ada habisnya untuk menggalinya.



Walaupun sebagai organ terkecil, tetap saja bronkiolus mempunyai struktur yang terdiri atas 3 jenis dengan ukurannya yang berbeda-beda seperti bronkiolus lobular, terminal, respiratori, lobular dan termina.

Setiap struktur atau bagian-bagian bronkiolus dalam sistem pernapasan manusia ini bekerja sama dalam menjalankan fungsinya untuk sistem pernapasan manusia atau hewan. Adapun fungsi bronkiolus tersebut adalah:

Fungsi Bronkiolus Pada Sistem Pernapasan Manusia (Foto: Artikelsiana.com)
Fungsi Bronkiolus Pada Sistem Pernapasan Manusia (Foto: Artikelsiana.com)

Fungsi Bronkiolus Dalam Sistem Pernapasan

Berdasarkan dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan bronkiolus adalah cabang dari bronkus yang bertugas sebagai jalur udara utama di paru-paru. Karena sebagai jalur utama, maka fungsi dari bronkiolus adalah:

  1. Bronkiolus berfungsi membuat udara yang dihirup bisa menyebar merata ke paru-paru.
  2. Mengatur jumlah banyaknya udara yang masuk ke alveolus melalui sistem buka tutup sehingga itulah mengapa bronkiolus mempunyai jaringan otot halus.
  3. Fungsi dari Bronkiolus adalah dengan menyalurkan udara dari bronkus ke alveoli karena bronkiolus adalah saluran atau ujung dari bronkus. Sehingga udara ke paru-paru harus melewati bronkiolus. Dapat dikatakan bronkiolus adalah batas antara alveoli di dalam paru-paru manusia dengan bronkus yang menjadi percabangan dari trakea.
  4. Bronkiolus berfungsi dalam mengontrol jumlah udara yang didistribusikan melalui paru-paru sehingga seberapa banyak pun yang dihirup atau bernafas dalam-dalam, belum tentu semua udara masuk ke tubuh, karena di kontrol oleh Bronkiolus.
Fungsi Bronkiolus (Foto: Artikelsiana.com)
Fungsi Bronkiolus (Foto: Artikelsiana.com)

Penyakit Akibat Gangguan Fungsi Bronkiolus

Bronkiolus juga mempunyai gangguan sama dengan organ atau bagian paru-paru lainnya akibat fungsi yang tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Gangguan itu bisa berupa penyempitan saluran napas atau disebut bronkokonstriksi akibat gangguan dari jaringan otot halus yang berkontraksi terlalu kencang atau menyempit secara permanen.

Selain itu, gangguan pada bronkiolus yang disebut bronkiolitis. Gangguan ini biasa terjadi anak berusia 3-6 bulan akibat virus seperti influenza.

Lalu untuk gangguan penyakit yang terkenal adalah asma, akibat dari alergi yang masuk ke bronkiolus membuat jaringan otot halus menyempit untuk mencegah alergi namun mengakibatkan sesak napas.

Serta yang terakhir adalah Bronkiolitis obliterans adalah penyakit langka yang menyerang orang dewasa akibat bronkiolus terluka, sehingga membuat orang yang mengalaminya kesulitan bernapas.

Demikianlah informasi mengenai Fungsi Bronkiolus Pada Sistem Pernapasan Manusia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *