Fungsi Aorta Pada Jantung Adalah? Ini 2 Fungsinya


Manusia adalah makhluk hidup yang didalamnya terdapat berbagai organ yang berfungsi dengan macam-macam peran, ada paru-paru yang berfungsi untuk bernapas, ada ginjal yang digunakan untuk menyaring, dan ada usus yang digunakan untuk menyerap berbagai makanan.

Dalam setiap orang yang dimiliki manusia sangatlah berguna bagi kebutuhan manusia, apabila terdapat salah satu organ yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka akan menyebabkan kondisi manusia tidak membaik baik itu pria dan maupun wanita. Salah satu organ yang paling penting dimana dikatakan sebagai pembunuh nomor 1 di dunia ini adalah Jantung.

Betapa tidak, penyakit yang biasa menyerang jantung adalah serangan jantung. Serangan Jantung bisa terjadi oleh siapa saja baik itu yang usia muda, tua hingga yang dewasa sekalipun.

Apalagi semangat untuk menjaga jantung dengan mengikuti berbagai kegiatan dalam menyehatkan jantung sering disepelekan. Padahal dengan melakukan aktivitias tersebut, maka tanda-tanda berupa nyeri dada, sesak nafas, dada terasa berat hingga nafas pendek yang merupakan ciri serangan jantung itu dapat pulih atau terhindar.

Apasih Itu Jantung Adalah?

Secara umum, Jantung adalah organ yang terdiri dari otot yang bentuknya kerucut, berongga dengan basisnya di atas puncaknya di bawah. Perlu diketahui bahwa Jantung mempunyai Apex atau disebut puncak ini miring ke sebelah kiri. Tujuannya adalah supaya jantung bisa berfungsi untuk memompa secara efisien otot-otot jantung, rongga atas dan rongga bawah harus berkontraksi secara bergantian.

Itulah mengapa, fungsi jantung adalah untuk memompa darah yang kebanyakan mengandung oksigen ke seluruh tubuh yang berfungsi untuk seluruh sel di tubuh. Jantung akan mulai berdetak saat manusia masih dalam kandungan, dan tidak akan berhenti sampai manusia tersebut meninggal.

Selain itu, dalam bagian-bagian jantung terdiri atas serabut-serabut otot yang secara khusus bekerja secara otomatis dan bersifat secara tetap. Dengan bagian jantung itu, dimana hanya sekali denyutan saja dalam jantung, maka darah kita akan kaya dengan kandungan oksigen yang mengalir ke seluruh tubuh.

Sedangkan darah yang kurang oksigen dialirkan ke paru-paru yang tujuannya untuk melakukan pertukaran gas. Jantung pada orang dewasa memiliki panjang sekitar 12 cm, lebar 8 cm, dan tebal 6 cm. Beratnya sekitar 280-340 gram pada pria, dan 230-280 gram pada wanita.

Jantung terdiri dari 4 rongga, 2 di kanan yaitu atrium kanan dan ventrikel kanan, dan 2 di kiri yaitu atrium kiri dan ventrikel kiri. Selain itu terdapat bagian dalam Jantung yang didalamnya membawa darah yang kaya oksigen, bagian itu disebut dengan Aorta. Apasih itu Aorta?

Pengertian Aorta Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian Aorta adalah arteri terbesar dalam badan manusia. Bersumber dari bilik kiri jantung dan membawa darah beroksigen kepada semua bagian tubuh dalam peredaran sistemik.

Aorta adalah arteri elastis, oleh karenanya maka dapat mengembang. Apabila ventrikel kiri berkontraksi untuk memaksa darah mengalir ke aorta, aorta mengembang. Regangan ini memberikan energi potensial yang akan membantu mempertahankan tekanan darah sewaktu diastole, karena saat itu, aorta akan berkontraksi secara pasif.

Fungsi Aorta Pada Jantung Adalah?

Fungsi aorta sama halnya seperti arteri besar yaitu berfungsi sebagai transit bagi darah dari jantung ke macam-macam organ (karena jari-jarinya besar, arteri tidak banyak terjadi resistensi terhadap aliran darah)

Selain itu aorta pada jantung berfungsi reservoir tekanan untuk menghasilkan gaya pendorong bagi darah ketika jantung dalam keadaan relaksasi. Gaya pendorong bagi aliran darah yang terus-menerus ke organ sewaktu relaksasi jantung ini dihasilkan oleh sifat elastik dinding arteri.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Fungsi Aorta Pada Jantung Adalah? Ini 2 Fungsinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

fungsi aorta pada jantung
fungsi aorta pada jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *