Fungsi Amnion, Korion dan Fungsi Alontois Adalah? Ini Arti & Jawabannya


Untuk ibu hamil, menambah pengetahuan tentang serba serbi kehamilan adalah hal yang wajib untuk diketahui oleh setiap orang. Itulah mengapa banyak calon ibu-ibu, banyak membeli buku soal kehamilan, apalagi calon ibu muda atau pada kehamilan pertamanya.

Sebab tentu bagi sebagian orang hamil pertama kali atau mengandung si jabang bayi dalam perut sangatlah diidam-idamkan oleh pasangan yang telah menikah.

Yang belum menikah, tidak boleh sebab melanggar aturan dan agama yah. Kebayang kan jika pada saat kehamilan, masih memikirkan ini dan itu yang sebenarnya bisa diketahui pada saat mengandung dan telah mempersiapkan diri sebanyak-banyaknya,

Atau bahkan sebelum mengandung dapat mengetahui tentang aktivitas mulai dari jumlah aktivitas yang bisa dilakukan dan aktivitas yang tidak bisa dilakukan saat mengandung.



Jika masih ada yang menganggap bahwa pembelajaran soal kehamilan adalah hal yang mudah dan menganggap enteng, maka pastikan diri kamu adalah laki-laki. Sebab jika ada perempuan atau wanita yang berpikir seperti itu, maka jujur ubahlah pendapatmu dan mulailah berbenah. Sebab pada nantinya, setiap wanita dan perempuan akan menghadapi yang namanya kehamilan dan menjadi ibu.



Sejalan dengan hal itu, pengetahuan soal janin dan komponen penting yang terdapat dalam rahim ibu patut untuk diketahui seperti Amnion, Karion dan Alantois. Pertanyaannya kemudian apasih yang dimaksud dengan amnion, karion dan alantois serta seperti apa fungsi amnion, korion dan alantois itu?.



Apa itu Amnion, Korion dan Alantois?

Adapun penjelasan mengenai pertanyaan dari ketiga objek pembahasan pada kali ini yakni amnion, korion dan alantois tersebut dapat dilihat dibawah ini:

1. Pengertian Amnion Adalah?

Secara umum yang dimaksud dengan amnion adalah cairan yang terdapat dalam imbrio ibu hamil yang berisi air, garam dan sejumlah zat penting yang berguna bagi calon bayi yang ada dalam rahim yang berbentuk seperti kantung. Secara sederhana Amnion biasa disebut dengan air ketuban. Tentu istilah air ketuban sudah tidak asing ditelinga, apalagi sering disebutkan disinetron. Nah jika air ketubannya pecah, bisa dikatakan bahwa ibu tersebut akan segera melahirkan.

Fungsi Amnion Adalah?

Fungsi amnion adalah melindungi janin terhadap trauma dari luar, memberikan janin ruang gerak, dan menjaga keseimbangan suhu dan lingkungan serta saat persalinan akan melicinkan jalan lahir dengan cairan steril agar bayi tidak terinfeksi.

2. Pengertian Korion Adalah?

Sedangkan arti dari Korion adalah membran telur pada embrio yang membentuk vili korion berisi pembuluh darah. Letak korion mengelilingi janin saat masih terbentuk sebab dirinya adalah berupa selaput. Untuk mamalia, korion terletak di kantung ketuban. Korion terbentuk dari trofoblast yang diliputi oleh mesoderm. Korion tumbuh pesat pada hari ke-9 dan 20 serta berdiferensiasi.

Korion mengeluarkan cairan enzim yang mencairkan sel-sel desidua dan pembuluh darah, mengeluarkan cabang-cabang pada seluruh permukaannya dan sekitar desidua menjadi villi choriallis. Ada yang disebut Korion Frondusum yang melekat pada desidua basalid dan tumbuh subur. Sedangkan ada juga disebut Korion Leave yakni korion yang melekat pada desidua kapsularis berisi pembuluh darah yang sedikit dan kurang makanan sehingga akan berkurang dan menghilang.

Fungsi Korion Adalah?

Fungsi penting korion adalah menyerap ion dari cangkang kapur dan mendistribusikan untuk pembentukan rangka (tulang) embrio melalui pembuluh-pembuluh darah alantois.

3. Pengertian Alantois Adalah?

Alantois adalah salah satu dari empat membran utama yang mengelilingi embrio yang terletak di posterior embrio. Alantois berasal dari pelipatan ke luar perut belakang emrio. Alantois merupakan kantung yang memanjang ke dalam selom ekstraembrionik. Alantois terus mengembang dan menekan korion ke membran vitelin yakni lapisan dalam cangkang sel telur.

Dengan bekerjasama dengan korion, alantois berfungsi dalam membentuk organ respirasi yang melayani embrio.

Fungsi Alantois Adalah?

Fungsi dari alantois sebenarnya sangatlah sederhana yakni berfungsi sebagai kantung pembuangan untuk asam urat seperti limbah bernitrogen yang tidak larut dari embrio. Selain itu alantois juga berfungsi untuk memberi oksigen ke embrio.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Fungsi Amnion, Korion dan Fungsi Alontois Adalah? Ini Arti & Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *