Apa Fungsi Akar Pada Tumbuhan Adalah? Ini 10 Fungsinya


Fungsi Akar Pada Tumbuhan Adalah – Di zaman yang serba modern saat ini, perkembangan ilmu pengetahuan melaju sangat pesat seiring dengan majunya teknologi yang kita gunakan saat ini. Walaupun demikian, tetap saja dari zaman dahulu sampai sekarang tubuh makhluk hidup tak pernah berubah.

Diketahui bahwa tubuh makhluk hidup tersusun dari jutaan sel yang dimana setiap sel tersebut mempunyai struktur dan fungsi yang sama membentuk dalam membentuk dengan apa disebut jaringan. Melalui jaringan tersebut, amak akan membentuk suatu organ.

Kumpulan bermacam-macam organ membentuk suatu sistem organ. Akhirnya, beberapa macam sistem organ saling melengkapi dan bekerja sama untuk membentuk suatu individu makhluk hidup, begitupula yang terjadi pada tumbuhan.

Tumbuhan tersusun dari berbagai organ seperti akar, batang, daun dan organ reproduksi. Salah satu bagian dari tumbuhan adalah akar. Akar pada tumbuhan memiliki fungsi dan peranan penting bagi tumbuhan.



Akar merupakan bagian tubuh tumbuhan sebelah bawah, biasanya berkembang di bawah permukaan tanah meskipun ada pula akar yang tumbuh di udara (seperti halnya batang ada pula yang tumbuh di bawah permukaan tanah). Ciri khas akar dari segi warnanya adalah keputih-putihan atau kekuning-kuningan. Selain itu, akar biasanya mempunyai bentuk meruncing pada ujungnya.



Dari bentuk akar runcing inilah yang membuat akar dapat berfungsi untuk memudahkan dalam menembus tanah. Secara umum, bagian-bagian akar terdiri atas 3 yaitu inti akar, rambut akar, dan tudung akar. Namun jauh dari pada itu, bagian akar juga ada yang dikenal dengan struktur luar dan struktur dalam.



Yang dimaksud dengan struktur luar akar terdiri atas tudung akar, batang akar, percabangan akar (yang terdapat pada akar dikotil), dan bulu-bulu akar. Sedangkan untuk struktur bagian dalam akar (anatomi akar) terbentuk oleh jaringan epidermis, korteks, endodermis, dan stele (silinder pusat). .

Ada beberapa jenis-jenis akar dan ada pula akar khusus yang hanya terdapat pada beberapa tumbuhan. Diketahui untuk jenis-jenis akar diantaranya adalah akar tunggang, akar serabut, akar isap, akar tunjang, akar lekat, akar gantung, akar napas.

Untuk akar yang biasa diketahui adalah akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut memiliki bentuk seperti serabut yang sesuai dengan namanya dan ukurannya relatif kecil, tumbuh di pangkal batang, dan besarnya hampir sama.

Jenis akar ini dimiliki oleh tumbuhan yang disebut monokotil atau berkeping satu yang contohnya adalah kelapa, rumput, padi, jagung, dan tumbuhan hasil mencangkok.

Selain itu, ada juga yang disebut dengan akar tunggang adalah yang terdapat pada tumbuhan dikotil yang dapat menyimpan makanan. Contoh tumbuhan yang berakar tunggang adalah Putri malu, Durian, Kacang hijau, Kacang tanah, asam jawa dll.

Apa Fungsi Akar Pada Tumbuhan Adalah? Ini 10 Fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Fungsi Akar Pada Tumbuhan Adalah? Ini 10 Fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)

Fungsi Akar Pada Tumbuhan Adalah

Fungi akar pada tumbuhan dapat diuraiakan sebagai berikut:

  1. Menyerap air dan zat hara (mineral)
  2. Berfungsi sebagai produk toko fotosintesis yakni karbohidrat, gula, protein
  3. Berfungsi sebagai pengendalian erosi tanah
  4. Menunjang berdirinya tumbuhan
  5. Sebagai alat pernapasan
  6. Sebagai penyimpan makanan cadangan.
  7. berfungsi sebagai organ reproduktif vegetatif contohnya pada tumbuhan sukun,
  8. Berfungsi sebagai jangkar serta dukungan tanaman
  9. Sebagai organ yang berfungsi menyerap dan mengalirkan air dan mineral

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Fungsi Akar Pada Tumbuhan Adalah? Ini 10 Fungsinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *