Fungsi Administrasi Kepegawaian Adalah? Ini Jawaban dan Artinya


Fungsi Administrasi Kepegawaian – Administrasi kepegawaian menjadi suatu seni dalam memilih pegawa-pegawai baru dan mempekerjakan untuk mereka yang telah lama dengan berbagai cara. Tujuannya adalah para pegawai tersebut dapat memberikan hasil yang berkualitas dan berkuantitas serta mampu memberikan pelayanan yang maksimum.

Administrasi kepegawaian sebenarnya tidaklah sesulit itu untuk dimengerti bahwa bagaimana sebenarnya administrasi kepegawaian, sebab administrasi kepegawaian adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan kepegawaian. Lantas demikian, apasih yang dimaksud dengan kepegawaian itu?.

Menurut pendapat dari saksono (1998:12) bahwa yang dimaksud dengan kepegawaian adalah seluruh orang yang dipekerjakan dalam suatu badan tertentu baik di badan pemerintahan maupun swasta. Untuk tugas dan fungsi kepegawaian dalam suatu badan bergantung dari jabatan dan posisi apa yang diembannya. Dalam hal administrasi kepegawaian adalah yang mencatat segala sesuatu yang berhubungan dengan pegawai.

Perlu diketahui bersama bahwa terdapat dimensi atau bidang-bidang dalam kepegawaian yang secara umum adalah perekrutan dan penempatan, pelatihan dan pengembangan, kompensasi, kesehatan dan keselamatan kerja. Hal demikian sebagaimana disebutkan oleh Garry Dessler. Berdasarkan dari hal tersebut lantas seperti apakah yang dimaksud dengan pengertian administrasi kepegawaian itu?



Apa itu Administrasi Kepegawaian?

Secara umum, yang dimaksud dengan administrasi kepegawaian adalah keseluruhan kegiatan yang berkaitan tentang penggunaan pegawai (tenaga kerja) untuk pemeliharaan, pengembangan dalam mencapai tujuan dari organisasi ataupun perusahaan yang sudah ditentukan sebelumnya.



Sedangkan apabila mengutip dari pendapat The Liang Gie yang menyatakan Administrasi kepegawaian adalah segenap aktivitas yang bersangkutan dengan masalah penggunaan tenaga kerja untuk mencapai tujuan tertentu. Masalah pokoknya terutama berkisar pada penerimaan, pengembangan, pemberian balas jasa dan pemberhentian.



Fungsi Administrasi Kepegawaian Adalah

Perlu diketahui bersama bahwa pada dasarnya, administrasi kepegawaian terbagi atas dua fungsi yaitu fungsi operatif dan fungsi manajemen. Fungsi manajerial berkaitan dengan pekerjaan pikiran atau menggunakan pikiran (mental) meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian pegawai. Sedangkan fungsi operatif (teknis), berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dengan fisik yang terdiri atas pengadaan, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan, dan pemensiunan pegawai.

Selain dari pada itu, adapun yang dimaksud dengan fungsi administrasi kepegawaian dalam hal ini terbagi atas 4 fungsi yaitu fungsi perencanaan pegawai, pengorganisasian kepegawaian, pengarahan pegawai, dan pengendalian pegawai. Adapun penjelasan dari keempat fungsi administrasi kepegawaian adalah:

1. Perencanaan Pegawai

Fungsi ini sebagai proses penting penentuan kebutuhan pegawai pada masa yang akan datang sesuai perubahan yang terjadi dan persediaan tenaga kerja yang ada. Fungsi ini membantu pegawai dan organisasi dalam menentukan sumber-sumber yang dibutuhkan dan apa yang bisa dicapai dari sumber itu. Keuntungan yang didapatkan adalah memperbaiki pemanfaatan pegawai, menyesuaikan aktivitas pegawai dan kebutuhan di masa depan secara efisien, meningkatkan efisiensi dalam merekrut pegawai baru serta melengkapi informasi kepegawaian yang bisa membantu organisasi.

2. Pengorganisasian Kepegawaian

Sedangkan fungsi pengorganisasian adalah langkah menetapkan, mengolong-golongkan dan mengatur berbagai hal yang dibutuhkan, penetapan tugas dan wewenang serta mendelegasikan tugas. Dengan ini membuat semua sumber dasar ke dalam pola tertentu sedemikian rupa yang dapat bekerja sama secara berdaya guna dan berhasil guna dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Selain itu, fungsi ini membuat terbentuknya struktur organisasi dan terdapat hubungan antara satu unit dengan lainnya.

3. Pengarahan Pegawai

Fungsi pengarahan pegawai adalah bagaimana agar pegawai dapat bekerja secara efektif dan meningkatkan kepuasan kerjanya melalui aturan tidak baku walaupun terdapat beberapa cara yang biasa dilakukan seperti menjelaskan tentang seperti apa kerja efektif, memberikan penghargaan, berkomunikasi dengan para pegawai, dan menaikkan pangkat dll.

4. Pengendalian Pegawai

Pengawasan sebagai bagian dari pengendalian merupakan proses pengukuran dan penilaian tingkat efektivitas kerja pegawai dan tingkat efisiensi penggunaan sarana kerja dalam memberikan kontribusi pada pencapaian tujuan organisasi. Setiap kegiatan pengawasan memerlukan tolok ukur atau kriteria untuk mengukur tingkat keberhasilan dalam bekerja, yang dalam penilaian kinerja disebut standar pekerjaan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Fungsi Administrasi Kepegawaian Adalah? Ini Jawaban dan Artinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *