Fenomena Alam Yang Disebabkan Oleh Revolusi Bumi Adalah? Ini Peristiwanya


Akibat Revolusi Bumi – Planet kita adalah planet yang menempati urutan ketiga dari delapan planet yang mempunyai kehidupan di tata surya yakni adalah Bumi. Bumi adalah plaet yang terpadat dan terbesar kelimat dari delapan plaet yang ada di tata surya serta terbentuk sekitar 4,54 miliar tahun yang lalu, dan kehidupan muncul di permukaannya pada miliar tahun pertama.

Ada banyak kehidupan yang bisa tumbuh subur di bumi seperti hewan, tumbuhan dan manusia. Dalam bumi terdapat banyak peradaban yang pernah muncul dan membangun perkembangan bumi menjadi sampai sekarang.

Itu karena Bumi memiliki ciri khas tersendiri atau keunikan yang menjadi keunggulan dan perbedaan dengan planet lainnya dimana bumi mempunyai atmosfer. Bumi terbungkus oleh lapisan atmosfer,dan permukaan Bumi tertutup oleh 71% lapisan air dan 29% terdiri dari daratan.

Dalam atmosfer bumi terdapat unsur zat yang ada di lapisan bumi seperti Zat lemas 78%, Oksigen 21%, Orgon 0,9%, dan unsur lainya seperti karbon dioksida, dan ozon yang jumlahnya sangat sedikit.

Pada perkembangan selanjutnya, atmosfer berubah dan kondisi fisik dasar lainnya membuat terjadinya perkembangbiakan organisme dan terjadi pembentukan lapizan Ozon. Secara bersamaan membuat terjadinya fenomena dimana medan magnet Bumi mengalangi radiasi surya berbahaya dan memungkinkan makhluk hidup mikroskopis untuk berkembang biak dengan aman di daratan.

Pada dasarnya, orbit bumi membuat kehidupan bisa terus ada di bumi, hal itu karena bumi berinteraksi dengan grativitasi dengan objek yang ada di luar angkasa khususnya Matahari. Matahari sebagai pusat tata surya telah menjadi proses dalam membuat kehidupan atau fenonema alam yang terjadi di bumi.

Hal itu karena jarak antara planet Bumi ke Matahari, yaitu 149.6 juta kilometer atau 1 AU (Astronomical Unit). Ketika mengelilingi Matahari dalam satu orbit, Bumi berputar pada sumbunya sebanyak 366,26 kali, yang menciptakan 365,26 hari matahari atau satu tahun sideris.

Akibat Revolusi Bumi Adalah?

Proses ini dinamakan dengan revolusi bumi yang mendekati dan menjauh matahari sesuai dengan apa yang ada dalam Hukum Keppler. Revolusi Bumi adalah peristiwa bergeraknya sebuah benda mengelilingi titik pusat gerak benda tertentu akibat adanya grafitasi.

Pergerakan Bumi beredar mengeliling Matahari lintasannya tidak berbentuk lingkaran, melainkan agak lonjong. Revolusi Bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari, bumi mengelilingi Matahari atau revolusi kadang disebut gerak edar atau gerak orbit.

Dalam revolusi bumi terdapat peristiwa atau fenomena alam yang setiap harinyaa dirasakan dan bermanfaat bagi manusia. Adapun macam-macam peristiwa atau fenonema alam yang disebabkan oleh revolusi bumi adalah:

1. Fenomena Perbedaan Lama Siang dan Malam

Kombinasi antara revolusi bumi serta kemiringan sumbu bumi yang tidak tegak lurus terhadap bidang ekliptika melainkan miring dengan arah yang sama membentuk sudut 23,50 terhadap matahari, sudut ini diukur dari garis imajiner yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan yang disebut dengan sumbu rotasi.

Dalam sumbu yang terjadi tersebut membuat terjadi fenomena alam yang disebabkan oleh revolusi bumi yang diamati berulang setiap tahunnya dimana terdapat perbedaan lama siang dan malam.

2. Fenomena Gerak Semu Tahunan Matahari

Pergeseran posisi matahari ke arah belahan bumi utara (22 Desember021 Juni) dan pergeseran posisi matahari dari belahan bumi utara ke belahan bumi selatan (21 Juni–21 Desember ) disebut gerak semu harian matahari. Disebut demikian karena sebenarnya matahari tidak bergerak. Gerak itu akibat revolusi bumi dengan sumbu rotasi yang miring.

3. Fenomena Kalender Masehi

Diketahui bahwa lama waktu setiap tahunnya adalah 365 hari yang melihat dari hal itu terdapat kelebihan 1/4 hari setiap tahunnya sehingga setahun diperpanjang 1 hari menjadi 366 hari pada setiap empat tahun yang satu hari itu ada pada bulan februari yang untuk tahun bertambah itu disebut tahun kabisat yang habis di bagi empat. Contohnya adalah 1984,2000, dan seterusnya.

4. Fenomena Perubahan Musim

Belahan bumi utara dan selatan mengalami empat musim. Empat musim itu adalah musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin seperti untuk musim semi pada bumi belahan utara terjadi pada tanggal 21 maret sampai 21 juni, sedangkan untuk musim semi bagian bumi selatan terjadi pada tangggal 23 September sampai 22 Desember.

5. Peristiwa Perubahan Kenampakan Rasi Bintang

Rasi bintang adalah susunan bintang-bintang yang tampak dari bumi membentuk pola-pola tertentu. Bintang-bintang membentuk sebuah rasi sebenarnya tidak berada pada lokasi yang berdekatan. Karena letak bintang-bintang itu sangat jauh, maka saat diamati dari bumi seolah-olah tampak berdekatan.

Saat bumi ada disebelah timur matahari, bintang-bintang hanya terlihat di sebelah timur matahari. Apabila bumi ada di sebelah utara matahari, bintang-bintang yang berada di sebelah utara matahari yang dapat terlihat. Akibat adanya revolusi bumi, bintang-bintang yang nampak dari bumi selalu berubah.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Fenomena Alam Yang Disebabkan Oleh Revolusi bumi Adalah? Ini Peristiwanya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

fenomenaalamyangdisebabkanolehrevolusibumiadalahperistiwacontohnya
fenomena alam yang disebabkan oleh revolusibumi adalah peristiwa contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *